19 Mei 2007

Gedung Candra Naya Tak Terurus Lagi

Sungguh memilukan melihat kondisi gedung kuno Candra Naya di Jalan Gajah Mada, Jakarta. Atapnya pecah di sana-sini. Temboknya kotor dan berlumut. Kayu-kayunya lapuk terkena gerusan waktu. Ruangan dalamnya jelas menunjukkan bangunan itu tak terurus lagi. Padahal, Candra Naya merupakan bangunan cagar budaya yang dilindungi undang-undang. Penetapannya didasarkan SK Gubernur DKI Jakarta tahun 1972, lalu diperkuat SK Mendikbud tahun 1988. Terakhir, dipertegas lagi oleh Undang-undang Benda Cagar Budaya Nasional (UUBCB) tahun 1992.Gedung kuno Candra Naya dimasukkan sebagai benda cagar budaya karena memiliki arsitektur China yang khas. Saat bangunan-bangunan berarsitektur China lainnya dirobohkan untuk pembangunan jalan tol dan pertokoan di daerah Pasar Pagi serta pembangunan hotel dan pusat perbelanjaan di wilayah Senen, Gedung Candra Naya tetap dipertahankan keberadaannya.Hingga akhir 1992 Candra Naya masih digunakan untuk kegiatan sekolah. Namun, sejak 1993 mulai datang kemelut ketika keturunan Khouw, pemilik Candra Naya, meminta kembali gedung tersebut. Tak lama setelah itu pembangunan gedung bertingkat untuk apartemen dan pusat perbelanjaan di sisi kanan kiri Gedung Candra Naya mulai dilaksanakan. Rupanya seluruh tanah dan bangunan di kompleks Candra Naya akan dijual, sebagai perluasan kedua gedung tadi. Namun, proyek pembangunan tersebut terhenti karena adanya krisis moneter 1997.Pernah ada rencana gedung itu akan dipindahkan ke Taman Mini. Namun, upaya pelecehan sejarah ini mendapat tentangan keras dari kalangan arsitek, sejarawan, arkeolog, dan budayawan. Banyak anggota DPRD juga tidak menyetujui rencana pemindahan gedung. Termasuk Gubernur Sutiyoso, yang berjanji akan mempertahankan gedung tua itu karena merupakan aset budaya Jakarta yang bernilai historis.
Feng ShuiCandra Naya dibangun pada abad ke-18. Pemilik pertama gedung itu adalah seorang saudagar asal Tegal, Khouw Tjun. Seterusnya keluarga Khouw menguasai gedung itu.Banyak peristiwa bersejarah berlangsung di gedung tersebut. Pada 1946 berdiri Perhimpunan Sinar Baru (Sin Ming Hui) yang bergerak di bidang sosial. Masa berikutnya berdiri gedung sekolah, lembaga fotografi, dan klub bridge. Lembaga Fotografi Candra Naya dikenal luas sebagai tempat pendidikan yang menghasilkan fotografer-fotografer ternama Indonesia saat ini. Sedangkan klub bridgenya banyak menelurkan pemain berkaliber nasional.Candra Naya juga berperan dalam sejarah pendidikan. Pada awalnya pendirian Universitas Tarumanagara dibicarakan di sini, termasuk RS Sumber Waras. Tahun 1960-an hingga 1970-an Candra Naya pernah menjadi tempat penyelenggaraan pesta-pesta pernikahan yang bonafide. Sebelum menjamurnya gedung-gedung resepsi khusus, Candra Naya tidak pernah sepi dari pesanan para pengantin.Sejak populernya ilmu feng shui di Indonesia, keberadaan Gedung Candra Naya rupanya juga tak lepas dari aspek-aspek itu. Pada awalnya ahli feng shui yang disewa oleh sang pengusaha melihat bahwa gedung itu membawa sial atau kerugian (Akino W Azzaro, Kompas Cyber Media). Dia kemudian merekomendasikan agar untuk mengamankan dan meningkatkan nilai investasi, Gedung Candra Naya harus disingkirkan sesegera mungkin. Tak dipungkiri kalau analisis sang ahli feng shui berdasarkan pola energi lama sesuai dengan periode pendirian Candra Naya. Dari hasil kalkulasinya, kemungkinan besar pola energi lama yang dibawa Gedung Candra Naya dianggap kurang fit dengan pola energi yang berkuasa saat ini. Padahal, kata Akino yang juga ahli feng shui, pola energi lama Gedung Candra Naya sudah berubah saat kedua sayap kanan dan kiri bangunan induk dirobohkan. Gedung Candra Naya pun sudah dikosongkan sejak 1997. DanaSebagai benda cagar budaya yang berada di wilayah Jakarta, tanggung jawab pemeliharaan tentu berada di bawah Dinas Museum dan Pemugaran DKI Jakarta. Namun, apakah instansi itu memiliki dana pemeliharaan yang cukup?Sebenarnya pemeliharaan Candra Naya boleh saja dilakukan pihak swasta, misalnya bekerja sama dengan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. Setelah itu difungsikan sebagai museum atau tempat-tempat pameran seni/kebudayaan. Tapi siapa yang mau mengeluarkan biaya perbaikan dan investasi karena nilai komersialnya tidak ada atau terlalu kecil.Kini Candra Naya ibarat rumah kumuh yang berdiri di antara gedung pencakar langit. Mudah-mudahan di Indonesia ada �Heritage Fund� yang membiayai pelestarian bangunan-bangunan kuno.
Oleh : Djulianto Susantio
Penulis adalah arkeolog, tinggal di Jakarta

18 Mei 2007

Download Islami

Al Quran Digital

Freeware Al Quran Digital yang berisi ayat-ayat dalam huruf Arab, terjemahan dari Departemen Agama RI, dan indeks berdasarkan topik. Asbabun nuzul atau sebab-sebab turunnya suatu ayat dalam surat Al Baqarah dan surat-surat di juz 30 juga tersedia. Selain itu, Al Quran ini akan sangat memudahkan kita dalam mencari kata-kata tertentu didalam terjemahan. Semoga software ini dapat meningkatkan kecintaan dan pemahaman kita terhadap kitab suci Al Quran dan menjadi pendamping disaat asyik bekerja di depan komputer.
AlQuranDigital21.exe - 9.53 Mb
Download

Doa Harian Ramadhan

Mudah-mudahan bisa di amalkan oleh kita semua, selama Bulan Suci Ramadhan ini :)
DoaRamadhan.pdf - 161 KB
Download

Software Pengingat Waktu Sholat ( versi 3.06 )

Program ini bertujuan memberi peringatan kepada pengguna komputer bahwa waktu sholat telah tiba atau sebentar lagi tiba. Sehingga pengguna bisa bersegera untuk mempersiapkan diri untuk menunaikan Sholat. Softwarenya dilengkapi Bahasa Sundanya juga lho
Shollu_3.06.zip - 923 KB
Download

Sifat Rasulullah
Anda ingin tahu sifat rasul kita & dan ingin mencontohnya ? silahkan download file ini ya ....

sifat-rasulullah-1.pps - 434 KB
Download

Bikin Sebel

Kalo gak mau dibikin sebel jangan download file ini ya, tapi lucu juga sih kalo di download hehehe....
Bikin Sebel.exe - 310 KB
Download

Burung Beo

Ingin denger burung beo lagi nyanyi... cobain aja download file ini :)
bird.zip - 734 KB
Download

Dialog Islam - Kristen

Oleh : Ahmaed Deedat
THECHOICE.HLP - 363 KB
Download

Managemen Qalbu

Kumpulan Tausiyah AA Gym
MQolbu.hlp - 500 KB
Download

Kisah para Nabi dan Tokoh-tokoh Islam

Kisah para Nabi.hlp - 405 KB
Download

Kisah Hidup Nabi Muhammad SAW

Muhammad SAW.HLP - 663 KB
Download

Kisah Sepotong Kue

Kisah Sepotong Kue.pps - 178 KB
Download

Kelebihan Surah Al Ikhlas

Kelebihan Surah Al Ikhlas.pps - 109 KB
Download

Shalawat ke Atas Nabi SAW

Selawat Keatas Nabi SAW_1.pps - 30 KB
Download

Foto-foto Spektakuler
Allohu Akbar !!!
Spectacu.pps - 529 KB
Download

Bila antar teman kita seperti angsa
Alangkah indahnya....
Bahasa Angsa.pps - 180 KB
Download

Kemuliaan Sholat 5 Waktu

Sholat_1.pps - 128 KB
Download

Ketika Engkau Sembahyang

Sembahyang.pps - 593 KB
Download

Game tebak-tebakan
Lumayan buat ngilangin stress ;)
coconut_curumba.zip - 224 KB
Download

Flash Animasi bunga
Bagus nih buat dikirim ke seseorang yang anda sukai :)
for_you.exe - 582 KB
Download

Nasihat Rosulullah Menyambut Bulan Ramadhan

Hadits_shiyam.pps - 552 KB
Download

Lilin Harapan
Kisah tentang 4 Lilin kehidupan
Lilinhar.pps - 109 KB
Download

Cara Cepat Menyusun Skripsi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), skripsi diartikan sebagai karangan ilmiah yang diwajibkan sebagai bagian dari persyaratan pendidikan akademis. Buat sebagian mahasiswa, skripsi adalah sesuatu yang lumrah. Tetapi buat sebagian mahasiswa yang lain, skripsi bisa jadi momok yang terus menghantui dan menjadi mimpi buruk. Banyak juga yang berujar “lebih baik sakit gigi daripada bikin skripsi”.

Saya juga sering mendapat kiriman pertanyaan tentang bagaimana menyusun skripsi dengan baik dan benar. Ada juga beberapa yang menanyakan masalah teknis tertentu dengan skripsinya. Karena keterbatasan waktu, lebih baik saya jawab saja secara berjamaah di sini. Sekalian supaya bisa disimak oleh audiens yang lain.

Karena target pembacanya cukup luas dan tidak spesifik, maka tulisan ini akan lebih memaparkan tentang konsep dan prinsip dasar. Tulisan ini tidak akan menjelaskan terlalu jauh tentang aspek teknis skripsi/penelitian. Jadi, jangan menanyakan saya soal cara menyiasati internal validity, tips meningkatakan response rate, cara-cara dalam pengujian statistik, bagaimana melakukan interpretasi hasil, dan seterusnya. Itu adalah tugas pembimbing Anda. Bukan tugas saya.

Apa itu Skripsi

Saya yakin (hampir) semua orang sudah tahu apa itu skripsi. Seperti sudah dituliskan di atas, skripsi adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi sebagai bagian untuk mendapatkan gelar sarjana (S1). Skripsi inilah yang juga menjadi salah satu pembeda antara jenjang pendidikan sarjana (S1) dan diploma (D3).

Ada beberapa syarat yang musti dipenuhi sebelum seorang mahasiswa bisa menulis skripsi. Tiap universitas/fakultas memang mempunyai kebijakan tersendiri, tetapi umumnya persyaratan yang harus dipenuhi hampir sama. Misalnya, mahasiswa harus sudah memenuhi sejumlah SKS, tidak boleh ada nilai D atau E, IP Kumulatif semester tersebut minimal 2.00, dan seterusnya. Anda mungkin saat ini belum “berhak” untuk menulis skripsi, akan tetapi tidak ada salahnya untuk mempersiapkan segalanya sejak awal.

Skripsi tersebut akan ditulis dan direvisi hingga mendapat persetujuan dosen pembimbing. Setelah itu, Anda harus mempertahankan skripsi Anda di hadapan penguji dalam ujian skripsi nantinya. Nilai Anda bisa bervariasi, dan terkadang, bisa saja Anda harus mengulang skripsi Anda (tidak lulus).

Skripsi juga berbeda dari tesis (S2) dan disertasi (S3). Untuk disertasi, mahasiswa S3 memang diharuskan untuk menemukan dan menjelaskan teori baru. Sementara untuk tesis, mahasiswa bisa menemukan teori baru atau memverikasi teori yang sudah ada dan menjelaskan dengan teori yang sudah ada. Sementara untuk mahasiswa S1, skripsi adalah “belajar meneliti”.

Jadi, skripsi memang perlu disiapkan secara serius. Akan tetapi, juga nggak perlu disikapi sebagai mimpi buruk atau beban yang maha berat.

Miskonsepsi tentang Skripsi

Banyak mahasiswa yang merasa bahwa skripsi hanya “ditujukan” untuk mahasiswa-mahasiswa dengan kecerdasan di atas rata-rata. Menurut saya pribadi, penulisan skripsi adalah kombinasi antara kemauan, kerja keras, dan relationships yang baik. Kesuksesan dalam menulis skripsi tidak selalu sejalan dengan tingkat kepintaran atau tinggi/rendahnya IPK mahasiswa yang bersangkutan. Seringkali terjadi mahasiswa dengan kecerdasan rata-rata air lebih cepat menyelesaikan skripsinya daripada mahasiswa yang di atas rata-rata.

Masalah yang juga sering terjadi adalah seringkali mahasiswa datang berbicara ngalor ngidul dan membawa topik skripsi yang terlalu muluk. Padahal, untuk tataran mahasiswa S1, skripsi sejatinya adalah belajar melakukan penelitian dan menyusun laporan menurut kaidah keilmiahan yang baku. Skripsi bukan untuk menemukan teori baru atau memberikan kontribusi ilmiah. Karenanya, untuk mahasiswa S1 sebenarnya replikasi adalah sudah cukup.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah bahwa penelitian, secara umum, terbagi dalam dua pendekatan yang berbeda: pendekatan saintifik dan pendekatan naturalis. Pendekatan saintifik (scientific approach) biasanya mempunyai struktur teori yang jelas, ada pengujian kuantitif (statistik), dan juga menolak grounded theory. Sebaliknya, pendekatan naturalis (naturalist approach) umumnya tidak menggunakan struktur karena bertujuan untuk menemukan teori, hipotesis dijelaskan hanya secara implisit, lebih banyak menggunakan metode eksploratori, dan sejalan dengan grounded theory.

Mana yang lebih baik antara kedua pendekatan tersebut? Sama saja. Pendekatan satu dengan pendekatan lain bersifat saling melengkapi satu sama lain (komplementer). Jadi, tidak perlu minder jika Anda mengacu pada pendekatan yang satu, sementara teman Anda menggunakan pendekatan yang lain. Juga, tidak perlu kuatir jika menggunakan pendekatan tertentu akan menghasilkan nilai yang lebih baik/buruk daripada menggunakan pendekatan yang lain.

Hal-hal yang Perlu Dilakukan

Siapkan Diri. Hal pertama yang wajib dilakukan adalah persiapan dari diri Anda sendiri. Niatkan kepada Tuhan bahwa Anda ingin menulis skripsi. Persiapkan segalanya dengan baik. Lakukan dengan penuh kesungguhan dan harus ada kesediaan untuk menghadapi tantangan/hambatan seberat apapun.

Minta Doa Restu. Saya percaya bahwa doa restu orang tua adalah tiada duanya. Kalau Anda tinggal bersama orang tua, mintalah pengertian kepada mereka dan anggota keluarga lainnya bahwa selama beberapa waktu ke depan Anda akan konsentrasi untuk menulis skripsi. Kalau Anda tinggal di kos, minta pengertian dengan teman-teman lain. Jangan lupa juga untuk membuat komitmen dengan pacar. Berantem dengan pacar (walau sepele) bisa menjatuhkan semangat untuk menyelesaikan skripsi.

Buat Time Table. Ini penting agar penulisan skripsi tidak telalu time-consuming. Buat planning yang jelas mengenai kapan Anda mencari referensi, kapan Anda harus mendapatkan judul, kapan Anda melakukan bimbingan/konsultasi, juga target waktu kapan skripsi harus sudah benar-benar selesai.

Berdayakan Internet. Internet memang membuat kita lebih produktif. Manfaatkan untuk mencari referensi secara cepat dan tepat untuk mendukung skripsi Anda. Bahan-bahan aktual bisa ditemukan lewat Google Scholar atau melalui provider-provider komersial seperti EBSCO atau ProQuest.

Jadilah Proaktif. Dosen pembimbing memang “bertugas” membimbing Anda. Akan tetapi, Anda tidak selalu bisa menggantungkan segalanya pada dosen pembimbing. Selalu bersikaplah proaktif. Mulai dari mencari topik, mengumpulkan bahan, “mengejar” untuk bimbingan, dan seterusnya.

Be Flexible. Skripsi mempunyai tingkat “ketidakpastian” tinggi. Bisa saja skripsi anda sudah setengah jalan tetapi dosen pembimbing meminta Anda untuk mengganti topik. Tidak jarang dosen Anda tiba-tiba membatalkan janji untuk bimbingan pada waktu yang sudah disepakati sebelumnya. Terkadang Anda merasa bahwa kesimpulan/penelitian Anda sudah benar, tetapi dosen Anda merasa sebaliknya. Jadi, tetaplah fleksibel dan tidak usah merasa sakit hati dengan hal-hal yang demikian itu.

Jujur. Sebaiknya jangan menggunakan jasa “pihak ketiga” yang akan membantu membuatkan skripsi untuk Anda atau menolong dalam mengolah data. Skripsi adalah buah tangan Anda sendiri. Kalau dalam perjalanannya Anda benar-benar tidak tahu atau menghadapi kesulitan besar, sampaikan saja kepada dosen pembimbing Anda. Kalau disampaikan dengan tulus, pastilah dengan senang hati ia akan membantu Anda.

Siapkan Duit. Skripsi jelas menghabiskan dana yang cukup lumayan (dengan asumsi tidak ada sponsorships). Mulai dari akses internet, biaya cetak mencetak, ongkos kirim kuesioner, ongkos untuk membeli suvenir bagi responden penelitian, biaya transportasi menuju tempat responden, dan sebagainya. Jangan sampai penulisan skripsi macet hanya karena kehabisan dana. Ironis kan?

Tahap-tahap Persiapan

Kalau Anda beruntung, bisa saja dosen pembimbing sudah memiliki topik dan menawarkan judul skripsi ke Anda. Biasanya, dalam hal ini dosen pembimbing sedang terlibat dalam proyek penelitian dan Anda akan “ditarik” masuk ke dalamnya. Kalau sudah begini, penulisan skripsi jauh lebih mudah dan (dijamin) lancar karena segalanya akan dibantu dan disiapkan oleh dosen pembimbing.

Sayangnya, kebanyakan mahasiswa tidak memiliki keberuntungan semacam itu. Mayoritas mahasiswa, seperti ditulis sebelumnya, harus bersikap proaktif sedari awal. Jadi, persiapan sedari awal adalah sesuatu yang mutlak diperlukan.

Idealnya, skripsi disiapkan satu-dua semester sebelum waktu terjadwal. Satu semester tersebut bisa dilakukan untuk mencari referensi, mengumpulkan bahan, memilih topik dan alternatif topik, hingga menyusun proposal dan melakukan bimbingan informal.

Dalam mencari referensi/bahan acuan, pilih jurnal/paper yang mengandung unsur kekinian dan diterbitkan oleh jurnal yang terakreditasi. Jurnal-jurnal top berbahasa asing juga bisa menjadi pilihan. Kalau Anda mereplikasi jurnal/paper yang berkelas, maka bisa dipastikan skripsi Anda pun akan cukup berkualitas.

Unsur kekinian juga perlu diperhatikan. Pertama, topik-topik baru lebih disukai dan lebih menarik, bahkan bagi dosen pembimbing/penguji. Kalau Anda mereplikasi topik-topik lawas, penguji biasanya sudah “hafal di luar kepala” sehingga akan sangat mudah untuk menjatuhkan Anda pada ujian skripsi nantinya.

Kedua, jurnal/paper yang terbit dalam waktu 10 tahun terakhir, biasanya mengacu pada referensi yang terbit 5-10 tahun sebelumnya. Percayalah bahwa mencari dan menelusur referensi yang terbit tahun sepuluh-dua puluh tahun terakhir jauh lebih mudah daripada melacak referensi yang bertahun 1970-1980.

Salah satu tahap persiapan yang penting adalah penulisan proposal. Tentu saja proposal tidak selalu harus ditulis secara “baku”. Bisa saja ditulis secara garis besar (pointer) saja untuk direvisi kemudian. Proposal ini akan menjadi guidance Anda selama penulisan skripsi agar tidak terlalu keluar jalur nantinya. Proposal juga bisa menjadi alat bantu yang akan digunakan ketika Anda mengajukan topik/judul kepada dosen pembimbing Anda. Proposal yang bagus bisa menjadi indikator yang baik bahwa Anda adalah mahasiswa yang serius dan benar-benar berkomitmen untuk menyelesaikan skripsi dengan baik.

Kiat Memilih Dosen Pembimbing

Dosen pembimbing (academic advisor) adalah vital karena nasib Anda benar-benar berada di tangannya. Memang benar bahwa dosen pembimbing bertugas mendampingi Anda selama penulisan skripsi. Akan tetapi, pada prakteknya ada dosen pembimbing yang “benar-benar membimbing” skripsi Anda dengan intens. Ada pula yang membimbing Anda dengan “melepas” dan memberi Anda kebebasan. Mempelajari dan menyesuaikan diri dengan dosen pembimbing adalah salah satu elemen penting yang mendukung kesuksesan Anda dalam menyusun skripsi.

Tiap universitas/fakultas mempunyai kebijakan tersendiri soal dosen pembimbing ini. Anda bisa memilih sendiri dosen pembimbing yang Anda inginkan. Tapi ada juga universitas/fakultas yang memilihkan dosen pembimbing buat Anda. Tentu saja lebih “enak” kalau Anda bisa memilih sendiri dosen pembimbing untuk skripsi Anda.

Lalu, bagaimana memilih dosen pembimbing yang benar-benar tepat?

Secara garis besar, dosen bisa dikategorikan sebagai: (1) dosen senior, dan (2) dosen junior. Dosen senior umumnya berusia di atas 40-an tahun, setidaknya bergelar doktor (atau professor), dengan jam terbang yang cukup tinggi. Sebaliknya, dosen junior biasanya berusia di bawah 40 tahun, umumnya masih bergelar master, dan masih gampang dijumpai di lingkungan kampus.

Tentu saja, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebagai contoh, kalau Anda memilih dosen pembimbing senior, biasanya Anda akan mengalami kesulitan sebagai berikut:

  • Proses bimbingan cukup sulit, karena umumnya dosen senior sangat perfeksionis.
  • Anda akan kesulitan untuk bertemu muka karena umumnya dosen senior memiliki jam terbang tinggi dan jadwal yang sangat padat.

Tapi, keuntungannya:

  • Kualitas skripsi Anda, secara umum, akan lebih memukau daripada rekan Anda.
  • Anda akan “tertolong” saat ujian skripsi/pendadaran, karena dosen penguji lain (yang kemungkinan masih junior/baru bergelar master) akan merasa sungkan untuk “membantai” Anda.
  • Dalam beberapa kasus, bisa dipastikan Anda akan mendapat nilai A.

Sebaliknya, kalau Anda memilih dosen pembimbing junior, maka Anda akan lebih mudah selama proses bimbingan. Dosen Anda akan mudah dijumpai di lingkungan kampus karena jam terbangnya belum terlalu tinggi. Dosen muda umumnya juga tidak “jaim” dan “sok” kepada mahasiswanya.

Tapi, kerugiannya, Anda akan benar-benar “sendirian” ketika menghadapi ujian skripsi. Kalau dosen penguji lain lebih senior daripada dosen pembimbing Anda, bisa dipastikan Anda akan “dihajar” cukup telak. Dan dosen pembimbing Anda tidak berada dalam posisi yang bisa membantu/membela Anda.

Jadi, hati-hati juga dalam memilih dosen pembimbing.

Format Skripsi yang Benar

Biasanya, setiap fakultas/universitas sudah menerbitkan acuan/pedoman penulisan hasil penelitian yang baku. Mulai dari penyusunan konten, tebal halaman, jenis kertas dan sampul, hingga ukuran/jenis huruf dan spasi yang digunakan. Akan tetapi, secara umum format hasil penelitian dibagi ke dalam beberapa bagian sebagai berikut.

Pendahuluan. Bagian pertama ini menjelaskan tentang isu penelitian, motivasi yang melandasi penelitian tersebut dilakukan, tujuan yang diharapkan dapat tercapai melalui penelitian ini, dan kontribusi yang akan diberikan dari penelitian ini.

Pengkajian Teori & Pengembangan Hipotesis. Setelah latar belakang penelitian dipaparkan jelas di bab pertama, kemudian dilanjutkan dengan kaji teori dan pengembangan hipotesis. Pastikan bahwa bagian ini align juga dengan bagian sebelumnya. Mengingat banyak juga mahasiswa yang “gagal” menyusun alignment ini. Akibatnya, skripsinya terasa kurang make sense dan nggak nyambung.

Metodologi Penelitian. Berisi penjelasan tentang data yang digunakan, pemodelan empiris yang dipakai, tipe dan rancangan sampel, bagaimana menyeleksi data dan karakter data yang digunakan, model penelitian yang diacu, dan sebagainya.

Hasil Penelitian. Bagian ini memaparkan hasil pengujian hipotesis, biasanya meliputi hasil pengolahan secara statistik, pengujian validitas dan reliabilitas, dan diterima/tidaknya hipotesis yang diajukan.

Penutup. Berisi ringkasan, simpulan, diskusi, keterbatasan, dan saran. Hasil penelitian harus disarikan dan didiskusikan mengapa hasil yang diperoleh begini dan begitu. Anda juga harus menyimpulkan keberhasilan tujuan riset yang dapat dicapai, manakah hipotesis yang didukung/ditolak, keterbatasan apa saja yang mengganggu, juga saran-saran untuk penelitian mendatang akibat dari keterbatasan yang dijumpai pada penelitian ini.

Jangan lupa untuk melakukan proof-reading dan peer-review. Proof-reading dilakukan untuk memastikan tidak ada kesalahan tulis (typo) maupun ketidaksesuaian tata letak penulisan skripsi. Peer-review dilakukan untuk mendapatkan second opinion dari pihak lain yang kompeten. Bisa melalui dosen yang Anda kenal baik (meski bukan dosen pembimbing Anda), kakak kelas/senior Anda, teman-teman Anda yang dirasa kompeten, atau keluarga/orang tua (apabila latar belakang pendidikannya serupa dengan Anda).

Beberapa Kesalahan Pemula

Ketidakjelasan Isu. Isu adalah titik awal sebelum melakukan penelitian. Isu seharusnya singkat, jelas, padat, dan mudah dipahami. Isu harus menjelaskan tentang permasalahan, peluang, dan fenomena yang diuji. Faktanya, banyak mahasiswa yang menuliskan isu (atau latar belakang) berlembar-lembar, tetapi sama sekali sulit untuk dipahami.

Tujuan Riset & Tujuan Periset. Tidak jarang mahasiswa menulis “sebagai salah satu syarat untuk mencapai gelar kesarjanaan” sebagai tujuan risetnya. Hal ini adalah kesalahan fatal. Tujuan riset adalah menguji, mengobservasi, atau meneliti fenomena dan permasalahan yang terjadi, bukan untuk mendapatkan gelar S1.

Bab I: Bagian Terpenting. Banyak mahasiswa yang mengira bahwa bagian terpenting dari sebuah skripsi adalah bagian pengujian hipotesis. Banyak yang menderita sindrom ketakutan jika nantinya hipotesis yang diajukan ternyata salah atau ditolak. Padahal, menurut saya, bagian terpenting skripsi adalah Bab I. Logikanya, kalau isu, motivasi, tujuan, dan kontribusi riset bisa dijelaskan secara runtut, biasanya bab-bab berikutnya akan mengikuti dengan sendirinya. (baca juga: Joint Hypotheses)

Padding. Ini adalah fenomena yang sangat sering terjadi. Banyak mahasiswa yang menuliskan terlalu banyak sumber acuan dalam daftar pustaka, walaupun sebenarnya mahasiswa yang bersangkutan hanya menggunakan satu-dua sumber saja. Sebaliknya, banyak juga mahasiswa yang menggunakan beragam acuan dalam skripsinya, tetapi ketika ditelusur ternyata tidak ditemukan dalam daftar acuan.

Joint Hypotheses. Menurut pendekatan saintifik, pengujian hipotesis adalah kombinasi antara fenomena yang diuji dan metode yang digunakan. Dalam melakukan penelitian ingatlah selalu bahwa fenomena yang diuji adalah sesuatu yang menarik dan memungkinkan untuk diuji. Begitu pula dengan metode yang digunakan, haruslah metode yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Kalau keduanya terpenuhi, yakinlah bahwa skripsi Anda akan outstanding. Sebaliknya, kalau Anda gagal memenuhi salah satu (atau keduanya), bersiaplah untuk dibantai dan dicecar habis-habisan.

Keterbatasan & Kemalasan. Mahasiswa sering tidak bisa membedakan antara keterbatasan riset dan “kemalasan riset”. Keterbatasan adalah sesuatu hal yang terpaksa tidak dapat terpenuhi (atau tidak dapat dilakukan) karena situasi dan kondisi yang ada. Bukan karena kemalasan periset, ketiadaan dana, atau sempitnya waktu.

Kontribusi Riset. Ini penting (terutama) jika penelitian Anda ditujukan untuk menarik sponsor atau dibiayai dengan dana pihak sponsor. Kontribusi riset selayaknya dijelaskan dengan lugas dan gamblang, termasuk pihak mana saja yang akan mendapatkan manfaat dari penelitian ini, apa korelasinya dengan penelitian yang sedang dilakukan, dan seterusnya. Kegagalan dalam menjelaskan kontribusi riset akan berujung pada kegagalan mendapatkan dana sponsor.

Menghadapi Ujian Skripsi

Benar. Banyak mahasiswa yang benar-benar takut menghadapi ujian skripsi (oral examination). Terlebih lagi, banyak mahasiswa terpilih yang jenius tetapi ternyata gagal dalam menghadapi ujian pendadaran. Di dalam ruang ujian sendiri tidak jarang mahasiswa mengalami ketakutan, grogi, gemetar, berkeringat, yang pada akhirnya menggagalkan ujian yang harus dihadapi.

Setelah menulis skripsi, Anda memang harus mempertahankannya di hadapan dewan penguji. Biasanya dewan penguji terdiri dari satu ketua penguji dan beberapa anggota penguji. Lulus tidaknya Anda dan berapa nilai yang akan Anda peroleh adalah akumulasi dari skor yang diberikan oleh masing-masing penguji. Tiap penguji secara bergantian (terkadang juga keroyokan) akan menanyai Anda tentang skripsi yang sudah Anda buat. Waktu yang diberikan biasanya berkisar antara 30 menit hingga 1 jam.

Ujian skripsi kadang diikuti juga dengan ujian komprehensif yang akan menguji sejauh mana pemahaman Anda akan bidang yang selama ini Anda pelajari. Tentu saja tidak semua mata kuliah diujikan, melainkan hanya mata kuliah inti (core courses) saja dengan beberapa pertanyaan yang spesifik, baik konseptual maupun teknis.

Grogi, cemas, kuatir itu wajar dan manusiawi. Akan tetapi, ujian skripsi sebaiknya tidak perlu disikapi sebagai sesuatu yang terlalu menakutkan. Ujian skripsi adalah “konfirmasi” atas apa yang sudah Anda lakukan. Kalau Anda melakukan sendiri penelitian Anda, tahu betul apa yang Anda lakukan, dan tidak grogi di ruang ujian, bisa dipastikan Anda akan perform well.

Cara terbaik untuk menghadapi ujian skripsi adalah Anda harus tahu betul apa yang Anda lakukan dan apa yang Anda teliti. Siapkan untuk melakukan presentasi. Akan tetapi, tidak perlu Anda paparkan semuanya secara lengkap. Buatlah “lubang jebakan” agar penguji nantinya akan menanyakan pada titik tersebut. Tentu saja, Anda harus siapkan jawabannya dengan baik. Dengan begitu Anda akan tampak outstanding di hadapan dewan penguji.

Juga, ada baiknya beberapa malam sebelum ujian, digiatkan untuk berdoa atau menjalankan sholat tahajud di malam hari. Klise memang. Tapi benar-benar sangat membantu.

Jujur saja, saya (dulu) menyelesaikan skripsi dalam tempo 4 minggu tanpa ada kendala dan kesulitan yang berarti. Dosen pembimbing saya adalah seorang professor dengan jam terbang sangat tinggi. Selama berada dalam ruang ujian, kami lebih banyak berbicara santai sembari sesekali tertawa. Dan Alhamdulillah saya mendapat nilai A.

Bukan. Bukan saya bermaksud sombong, tetapi hanya untuk memotivasi Anda. Kalau saya bisa, seharusnya Anda sekalian pun bisa.

Pasca Ujian Skripsi

Banyak yang mengira, setelah ujian skripsi segalanya selesai. Tinggal revisi, bawa ke tukang jilid/fotokopi, urus administrasi, daftar wisuda, lalu traktir makan teman-teman. Memang benar. Setelah Anda dinyatakan lulus ujian skripsi, Anda sudah berhak menyandang gelar sarjana yang selama ini Anda inginkan.

Faktanya, lulus ujian skripsi saja sebenarnya belum terlalu cukup. Sebenarnya Anda bisa melakukan lebih jauh lagi dengan skripsi Anda. Caranya?

Cara paling gampang adalah memodifikasi dan memperbaiki skripsi Anda untuk kemudian dikirimkan pada media/jurnal publikasi. Cara lain, kalau Anda memang ingin serius terjun di dunia ilmiah, lanjutkan dan kembangkan saja penelitian/skripsi Anda untuk jenjang S2 atau S3. Dengan demikian, kelak akan semakin banyak penelitian dan publikasi yang mudah-mudahan bisa memberi manfaat bagi bangsa ini.

Bukan apa-apa, saya cuma ingin agar bangsa ini bisa lebih cerdas dan arif dalam menciptakan serta mengelola pengetahuan. Sekarang mungkin kita memang tertinggal dari bangsa lain. Akan tetapi, dengan melakukan penelitian, membuat publikasi, dan seterusnya, bangsa ini bisa cepat bangkit mengejar ketertinggalan.

Jadi, menyusun skripsi itu sebenarnya mudah kan?

10 Mei 2007

Tips Buat Loe yang laGi patah Hati n yang baRu putuS!! esp: 4 U girlS!!!!

1. sah2 ja Coret2 foto mantan, truzz liat deh skali lagi! bener kan?? ternyata dia gak seganteng n secakep yang kita kira slama ne!

2. ganti NickName mantan Di hape kamoe ama Nama YaNg mengeRikan! Lupain deh ngasi geLar "My honey, saYAng, Cinta de eL eL. Setelah kelakuan nya yang Nyakitin hati kamoe, yakin dia Masi pantes dapetin gelar ituwh?????

3. bagi Kamoe yang suka olGa panah n tembak, kayak nya semangat kamu biSa di bangkitin dengan naro foto mantan sebagai sa2raN. hihi

4. inget! masih banYak Orang2 ganteng n cakep yang Masi "available" di dunia Ne!

5. seCantik N secakep apaPun pacar baru Mantan, pede Aja dgn moto "kamOe teuteup Ynag lebIh cantek" hehe(maksa bgtz yah??)

6. jgn b'larut2 dgn kenangan indah yang pernaH ada dgN mantaN kLo kamoe mo Ngelupain Dia!

7. M'habiskan hidup dgn se2orang tiu penting, tapi yang lebih penTing Lagi adalah dgN sapa Kita m'habiskan nya

8. m'Dengarkan lagu2 patah hati n so pasti bukan patah2, hehe! bukan sesuatu yang salah kale.... so. why NoT?????

9. siapkan sekotak TissUe N inHaLer bila Kamoe nangis malem2 coz masiH inget Mantan! N jgn ragu klo Mo nangis, tapi jgn sering2 yah! ntr BanJir! haha..... I'ts OkaY 2 feel Blue, don't denY uR feeLings Guys!

10. B'pikir 2 X klo kAmu ngerasa pacaR kamu itu orang Ynag romantis, ato apakah sebenernya Mantan Kmu Itu orang yang gombal.

11. manjakan dirimu dgn Lakuin hal2 yang jarang ato gak pernah kamu lakuin sblm nya. Klo kamu jarang ke Salon, hey! knapa gak kamU lakUin itu sekarang???? buruan gih! ntr salon nya tutup Tuh!!! hi3 :-p

12. buaT lah diri kamu secantik mgkin, n b'pikirlah klo mantan udah ngelakuin 1 kesalahan Besar coz udah mutusin kamuwh! biar nyahOk tuh orang :)

yah.... kayak nya cukup deh!!!! soal nya juga diambil dari novel neh! "KOK PUTUSIN GUE???" ntu judul nye.....

yahhhh, dengan penambahan di sana sini Biar lebih GEmana...... getoooo.... hehehe

Kata2 Buat OranG yanG suka NgeJek, :)

  • * Diam adalah keindahan bagi orang yang bodoh, akal seseorang dapat diketahui dari kata2 nya, dan tidak berakal nya seseorang juga tampak dari kata2 nya ------> penyair: Jarir bin 'Atiyah
  • * Dan hamba2 Tuhan yang Maha sayang itu ialah orang2 yang berjalan diatas bumi dengan rendah hati, dan apanila orang2 jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata2 yang baik yaitu salaaman... salaaman ----> firman ALLAH
  • * Hai orang2 yang beriman, jgn lah suatu kaum mengolok2kan kaum yang lain --------> QS: Al-Hujurat ayat 11
  • * Barangsiapa yang merendahkan seorang mukmin yang miskin ato gak miskin, maka ALLAH akan senantiasa merendahkan dan memusuhi nya ------> sabda Rasulullah saw

Tips Membuat Halaman Utama Pada Blog dan 5 Tips Membuat Halaman Blog Yang Menarik Bagi Visitor

1. Wawasan Dasar
Halaman utama adalah tampilan muka dari sebuah blog. Layaknya surat kabar, ia akan di beli oleh orang apabila mereka tertarik dengan isi halamn utama. Halaman utama adalah cerminan dari sekalian ini blog.

2. Latar Belakang Masalah
  • Semua orang tahu, bahwa halaman utama pastilah di depan (duluan terlihat)
  • Fasilitas khusus halaman utama tidak tersedia di domain ini.
  • Jika kita melakukan posting, maka post yang terakhir akan muncul paling atas.
  • Setiap post memiliki permalink (permanen link) sebagai rujukan search engine seperti Google.

    3. Batasan Masalah
    Tips ini ditujukan untuk Anda yang membuat blog di Blogger.com

    4. Yang Ada di Halaman Utama
  • Gambar Utama, ini berfungsi sebagai pemberi kesejukan dan kenikmatan pada mata yang melihat. Halaman utama jangan terlalu banyak diberi gambar yang besar, karena akan memperlambat blog Anda di buka.
  • Judul dari Semua Post, ini sangat berguna bagi para pengunjung. Mereka dapat mengetahui sekalian isi blog Anda hanya dengan melihat halaman utama. Selain itu, akan memudahkan pengunjung dalam mencari apa yang mereka inginkan.
  • Nasehat, ini adalah isi dari hati Anda untuk orang lain di dunia ini.

    5. Tekhnik Pembuatan Halaman Utama
  • Atur blog Anda agar hanya menampilkan satu post saja. Hal ini berfungsi agar saat blog dibuka, maka hanya ada satu post yang tampil di halaman muka.
  • Buatlah sebuah post. Post ini misalnya diberi judul : "Halaman Utama". Kemudian isilah post ini layaknya isi halaman utama. Setelah itu, copy-lah code HTML dari post ini dan simpan di komputer. Kemudian Publish. Post ini saya beri nama (Post Utama).
  • Buatlah sebuah post lagi. Post ini misalnya diberi judul : "Halaman Utama SalimKita". Kemudian masukkan code HTML Post Utama yang telah Anda simpan tadi ke dalam HTML Editor post ini. Kemudian Publish. Post ini saya beri nama (Post Penutup)
  • Sekarang, blog Anda telah memiliki halaman utama. Silahkan buka blog Anda untuk melihatnya.

    6. Menjadikan "Halaman Utama" Selalu Tampil di Depan
  • Di saat Anda ingin melakukan posting pada kali yang akan datang, hapuslah (delete) terlebih dahulu "Post Penutup". Kemudian lakukan posting. Serta Publish.
  • Setelah selesai seluruh kegiatan memposting, updatelah (perbaharui) isi "Post Utama" dengan menambahkan judul-judul post yang baru kedalam "Post Utama". Sebelum Anda mempublish kembali "Post Utama", copy-lah code HTML-nya dan simpan ke komputer.
  • Kemudian lakukan posting sekali lagi sebagai penutup dari semua kegiatan memposting. Isilah kedalam HTML Editor post ini dengan code HTML "Post Utama" yang telah Anda simpan di komputer. Kemudian Publish. Post ini saya beri nama sebagai "Post Penutup"
  • Lakukan langkah nomor 7 ini setiap kali Anda melakukan posting. Sehingga Anda mendapatkan Halaman Utama saelalu di depan.

    7. Hikmah
  • "Post Penutup" selalu di-delete saat melakukan posting. Setelah selesai kegiatan memposting, "Post Penutup" selalu dibuat lagi. Ini bertujuan agar "Post Penutup" selalu tampil di depan sebagai Halaman Utama dari blog Anda.
  • "Post Utama" berfungsi sebagai backup (cadangan) dari Halaman Utama. "Post Utama" ini tidak akan pernah dihapus, sehingga permalink-nya selalu terdeteksi oleh search engine seperti Google.
  • "Post Penutup" belum tentu terdeteksi oleh search engine, karena permalink-nya (alamatnya) selalu di-delete. Oleh karena itu, pengganti "Post Penutup" yang tidak terdeteksi tsb adalah "Post Utama". Kan isinya sama.
  • Search engine memerlukan beberapa hari untuk mendeteksi posting yang baru dipublish.

    8. Menerima
    Saya menyadari tips ini tidak begitu efisien. Saya menerima kritik dan saran dari rekan-rekan semua tentang hal ini. Dan juga saya mohon maaf jika kalimat yang saya tulis ini tidak mudah dimengerti. Semoga bermanfaat


  • karena banyak yang bertanya tentang postingan ini maka akan saya jawab namun bila kurang memuaskan mohon maaf
    1. Sebelum menambah postingan buatlah 2 new post, 1 untuk yang akan diposting 1 lagi untuk halaman utama
    2. isikan postingan pada new post lalu post yang halaman utama dicopy kenew post 1 lagi,namun perlu diingat publish post yang pertama dulu yang postingannya isi yang tadi dipostingan,baru selanjutnya halaman utama yang dicopy tadi dipublish.
    3. halaman utama yang udah kosong karena udah dicopy kepost yang kedua bisa disi dengan postinga lainnya
    4. biar tidak menumpuk dihalaman utama maka dibuka disetting deket dengan layout-->formating-->show cuma 1 posting
    5. kalau mau ngeliat postingan yang udah diedit mank dipratinjau namun bila mau liat diblog publishkan dulu,baru diliat diblog anda
    6. jangan mengedit html bila tidak mengerti bahasa html bisa fatal hilang postingan,edit ajah lewat compose
    7. kode html bisa dimasukkan ada 2 menurut saya bisa lewat layout(tata letak)-->html/java script dan bisa juga dicoy kode tersebut.caranya buka layout edit html -->kode html tersebut dicopy namun dicopy dibawah head.
    8. mohon maaf bahasanya kurang dimengerti toloong dipahami
    9. makasih

    INI Untuk Wordpress

    Bagaimana Membuat Halaman Utama Blog yang Statis

    Salah satu manfaat dari Blog adalah sebagai tempat mempromosikan barang atau jasa. Untuk mempromosikan barang atau jasa adalah baiknya jika halaman promosi tidak berubah-ubah. Khususnya website yang berbentuk blog biasanya akan berubah/berganti jika ada artikel baru yang ditambahkan. Hal ini akan menjadi masalah karena halaman promosi akan tergantikan dengan artikel (postingan) baru yang berikutnya. Dengan demikian maka halaman promosi tidak terlihat pertama kali saat pengunjung membuka blog tersebut.


    Namun, bagi yang memakai blog wordpress, masalah ini sangat mudah diatasi. Caranya:


    1. Log in ke Blog Wordpress



    2. Pilih Menu “Setting” disebelah kanan atas (dilingkar garis merah).



    Pilih "Setting"

    Pilih "Setting"


    3. Pilih “Reading” seperti pada gambar dibawah ini:


    Menu "Reading"

    Menu "Reading"


    4. Pertama, pilih A static page (no.1 pada gambar dibawah), kedua, klik pada mata panah yang mengarah ke bawah (no.2 pada gambar dibawah) untuk memilih halaman atau no.3 untuk memilih postingan.



    5. Klik tombol “Save Changes” yang biasanya ada di bagian paling bawah, selesai.





    Tips Mempercantik Halaman Blog
    Tips Mempercantik Halaman Blog

    Tampilan halaman awal (index) dari blog seringkali adalah kontak pertama antara visitor dengan blog. Halaman pertama dari blog yang baik dan cantik membantu membuat visitor menjadi kerasan dan kita sebagai owner blog berharapan baik bila visitor kita menjadi pelanggan tetap, terutama bagi visitor yang baru pertama kali berkunjung.

    Agar dapat meraih hal itu, satu pertanyaan kunci disini, “Apakah kamu tahu apa yang visitor inginkan (atau yang tidak diinginkan) saat mereka melihat halaman pertama dari blog kamu?” Pegang pertanyaan tersebut dan mulai kita jawab step-by-step.

    1. Pemilihan themes yang tepat.

    Themes yang baik akan membuat visitor merasa nyaman untuk berlama-lama berada di blog mu. Untuk menumbuhkan perasaan nyaman itu, kamu bisa ciptakan dengan menggunakan themes yang sesuai dengan tema blog mu. Saat ini, banyak themes gratis yang dapat kamu download dan kamu pakai di blog mu. Atau bahkan bisa kamu bisa buat sendiri sesuai selera. Selain itu, pemilihan themes yang tepat dapat menumbuhkan rasa kepercayaan dari visitor. Karena visitor tidak dapat melihat kamu, mereka mungkin tidak akan pernah bertemu kamu langsung secara pribadi, atau bahkan berbicara dengan kamu melalui telepon. Jadi themes yang sesuai dapat mewakili identitas mu.

    2. Tagline yang singkat dan jelas.

    Beberapa blog menggunakan banyak ruang yang di halaman pertama blog mereka dengan “ucapan selamat datang” dengan text betjalan atau yang dibuat dengan pop-up, bahkan ada pula yang menggunakan popup berkali-kali. Atau “pernyataan tentang visi & misi” yang demikian panjang, sehingga membuat para pengunjung mengantuk bahkan sebelum halaman selesai loading. Namun pernyataan tentang visi & misi bertujuan untuk menjelaskan maksud tujuan blog kamu, serta rangkuman content blog mu secara keseluruhan. Dan hal ini dapat disiasati dengan mengubah visi & misi menjadi sebuah pernyataan singkat (tagline) yang mengandung beberapa keyword penting. Yaitu buatlah satu baris kalimat singkat dan letakkan di tempat yang mudah terlihat pada halaman pertama blog kamu. Misalnya pada “Header”. Contoh, di blog dhenk[dot]com ini, aku memilih menggunakan kalimat “web master = web design + web programing”. Aku bertujuan merangkum isi blog secara keseluruhan dengan menggunakan kalimat tersebut, yaitu menjelaskan bahwa blog dhenk[dot]com berisi tentang tulisan cara mendisain blog dan cara menggunakan script pada blog. So, apa yang muncul dibenak mu saat pertama kali kamu baca kalimat itu…? Apa sama dengan yang aku maksudkan…?

    3. Meletakan menu navigasi page / category.

    Menu navigasi yang mudah dilihat sangat penting karena visitors benci jika harus tersesat di situs. Visitors yang frustrasi akan pergi dan tidak akan pernah kembali lagi. Lakukan langkah-langkah berikut ini untuk memastikan bahwa hal ini tidak terjadi pada blog kamu :

    Navigasi yang Mudah Diakses
    Menu navigasi dengan hanya menggunakan text standard lebih baik bila dibanding dengan navigasi menggunakan flash atau images, bahkan text yang menggunakan javascript sekalipun dapat menjadi kendala ketika visitor mengakses blog kita dari gadget seperti PDA, Handphone atau browser-browser non-grafik. Untuk itu, jika memang tidak diperlukan hindari penggunaan flash atau images untuk menu navigasi karena tidak semua visitor mengakses blog kita melaui PC.

    Fungsi Pencarian
    Visitor akan merasa senang jika mereka dapat menemukan apa yang mereka cari di blog kita dengan cepat. Untuk itu, gunakan fasilitas pencarian pada blog guna memudahkan visitor mencari apa yang mereka inginkan.

    Sitemap
    Sitemap berguna untuk memudahkan visitor melihat struktur blog kita secara keseluruhan dengan jelas. Dan dapat membantu visitor untuk menjelajah blog kamu lebih dalam lagi. Selain itu, spider-spider mesin pencari seperti google bot menyukai sitemap karena membantu mereka untuk mengindeks seluruh blog.

    4. Singkat dan Sederhana

    Visitor menginginkan blog yang dikunjunginya dapat segera memberikan informasi yang mereka harapkan. Untuk itu, halaman awal blog tidak perlu dijejali dengan banyaknya artikel, namun cukup penggalan artikel atau bahkan judul-judul artikel saja. Karena selain menghemat tempat, hal ini juga mempercepat proses loading blog kamu.

    5. Customization and review

    penggunaan images
    perhatikan penggunaan images

    Buat tampilan blog mu berbeda dan mempunyai ciri khas dari blog-blog lain yang pernah ada. Tapi pastikan halaman pertama blog kamu harus tampil sewaktu para visitor me-loadingnya. Kamu boleh menggunakan Animasi Flash yang paling keren, namun jangan berharap para visitor akan mendownload plug-in-nya hanya karena untuk melihat animasinya. Sebagian besar dari visitor hanya ingin melihat halaman situs web cepat sewaktu loading, tampak menarik, dan berisi informasi yang berguna. Hal tersebut tidaklah berat jika kamu memenuhi tiga syarat berikut ini:

    Pilih warna yang tepat:
    Kombinasi warna yang tepat membuat kontras dan menegaskan poin-poin penting. Hindari penggunaan warna yang mencolok. Warna-warna link standar membuat navigasi menjadi lebih mudah.

    Gunakan gambar-gambar dengan bijaksana:
    Pastikan apakah gambar yang ada benar-benar meningkatkan tujuan dari situs kamu. Kebanyakan para visitor ingin membaca informasi , bukan melihat gambar-gambar indah yang hanya menambah waktu download yang tidak diperlukan saja. Jika kamu terpaksa menggunakan gambar, perhatkan size dari gambar tersebut. Karena gambar yang besar hanya akan menghabiskan space host dan menambah lama waktu loading.

    Perbaiki kesalahan-kesalahan:
    Hati-hati dalam penggunaan kode. Kesalahan pemberian kode HTML yang sederhana pun dapat merusak halaman kamu. Validasi kode HTML kamu melalui http://validator.w3.org Ini akan memberitahu kamu jika terdapat masalah-masalah yang terjadi pada kode. Selain itu, Validasi kode CSS kamu melalui http://jigsaw.w3.org.

    Yup, kamu pasti ingin mengundang para pengunjung datang ke blog kamu, tapi yang lebih penting, kamu ingin mereka tetap berada di situ dan menjadi pelanggan kamu kan…?

    Proteksi Folder dengan Password

    Pertama,

    Memproteksi Folder Biar Nggak Dineko-neko

    Biasanya tiap orang punya tempat pribadi yang khusus untuk menyimpan data-data penting. Lalu gimana jadinya kalau data-data penting itu dibuka orang, apalagi kalau komputer itu milik umum (banyak yang makai gitu kayak di kost, kantor, dan bla bla bla) pasti resiko diutak atik sama orang lain sangat tinggi.
    Masih untung kalau data yang disimpan bukan arsip penting atau pribadi lha kalau sempat data perusahaan atau data pacar yang lagi kena sensor kan berabe.

    Ada beberapa cara untuk membuat proteksi folder agar nggak bisa diakses orang dengan sembarangan.

    Pertama, Proteksi folder dengan Cara Teknik Redirect
    Yaitu satu teknik atau cara ketika orang memilih folder tersebut dan membukanya maka secara otomatis system akan meredirect atau mengarahkan ke tempat yang lain.
    Ikuti langkah-langkah berikut:
    • Pilih folder yang akan di protect dengan teknik redirect
    • Lalu rename folder tersebut dan tambahkan text berikut ini
      namafolder.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}
    • Sekarang coba test dengan membuka folder tersebut dan lihat apa yang terjadi, neng ning neng...
    • Folder langsung diredirect ke Control Panel

    Nggak lucu kan bisa memprotek tapi nggak bisa membukanya sendiri, ini namanya senjata makan tuan.
    Trus gimana caranya agar folder bisa dibuka seperti semula
    Pilih folder yang ingin di buka/unprotect lalu hilangkan tulisan
    .{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}

    (Kalau rename di Windows masih nggak mau berubah coba masuk ke DOS dan rubah dengan cara REN folderlama folderbaru)

    Kamu bisa merubah arah redirect tak hanya ke Control Panel tapi bisa ke temporary file, printer de el el.
    Caranya, ganti .{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D} dengan berikut ini

    Redirect ke Drive
    namafolder.{00020420-0000-0000-C000-000000000046}

    Redirect ke printer
    namafolder.{2227A280-3AEA-1069-A2DE-08002B30309D}

    Redirect ke Favorite URL
    namafolder.{D6277990-4C6A-11CF-8D87-00AA0060F5BF}

    Redirect ke Temporary internet files
    namafolder.{88C6C381-2E85-11D0-94DE-444553540000}

    Redirect ke Schedul Task
    namafolder.{D6277990-4C6A-11CF-8D87-00AA0060F5BF}

    Redirect ke Network
    namafolder.{7007ACC7-3202-11D1-AAD2-00805FC1270E}

    Agar lebih menyakinkan maka beri nama folder menyerupai nama arah redirectnya misal, untuk control panel beri nama namafolder dengan control panel.

    Kelemahan cara ini adalah jika dibuka dari mode DOS maka orang bisa langsung masuk ke folder asli kita. So, gimana... (berdoa aja biar orang nggak tahu. hehehe)

    Literatur : Sorri aku lupa soalnya ini arsip lama waktu aku hobby-hobby nya download, so maaf ya mas atau siapapun berhak dan tak tersebut dalam sini (kalau kamu merasa memiliki karya asli ini bisa langsung mengakuinya dengan cara melampirkan foto copy KTP dan Pas Photo 2 lembar nanti hadiah bisa diambil dirumah masing-masing).

    Kedua, Membuat Password Sendiri Pada Folder

    Caranya
    :

    Melanjutkan tugas yang kemarin, sekarang aku coba tuliskan cara Memproteksi Folder dengan membuat password sendiri.

    Langkah pertama, buat script dibawah ini dengan notepad.

    @ECHO OFF
    if EXIST "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" goto UNLOCK
    if NOT EXIST Locker goto MDLOCKER
    :CONFIRM
    echo Serius nich mau di Kunci ??(Y/N)
    set/p "cho=>"
    if %cho%==Y goto LOCK
    if %cho%==y goto LOCK
    if %cho%==n goto END
    if %cho%==N goto END
    echo Masukkan Y atau N
    goto CONFIRM
    :LOCK
    ren Locker "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
    attrib +h +s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
    echo Foldernya dah Terkunci
    goto End
    :UNLOCK
    echo Silahkan Masukkan Kunci Gemboknya..
    set/p "pass=>"
    if NOT %pass%== password goto FAIL
    attrib -h -s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
    ren "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" Locker
    echo Selamat, Folder Sudah Terbuka
    goto End
    :FAIL
    echo Coba Nyuri ya..
    goto end
    :MDLOCKER
    md Locker
    echo Locker Berhasil di Buat
    goto End
    :End


    Langkah kedua, simpan script itu dengan extensi .bat

    Catatan Kecil, Jika mau merubah password ganti password dengan kata sesuka anda

    Pengoperasiaanya Gimana?
    • Jalankan file bat yang barusan kamu bikin
    • Masukkan folder atau file yang ingin dikunci kedalam folder Locker lalu jalankan lagi file bat
    • Kalau ingin dibuka caranya serupa
    karena ada yang bertanya maka saya menjawab
    cara diatas mank mudah ditembus namun untuk memproteksi folder dengan password bisa mendownload aplikasi atau software misal folderlock,folder costumize,folderguard atau aplikasi proteksi folder lainnya
    google.com atau juga flashdisk juga mau dipassword bisa didownload aplikasi password untuk flashdisk.aplikasi ini bisa disearch atau cari digoogle.com

    Cara Praktis Promosi Blog

    Setelah selesai membuat blog, hal yg tak kalah pentingnya adalah empromosikan/memperkenalkan blog milik Anda pada dunia ramai. Apa gunanya membuat blog kalau isi curhat, puisi, cerpen, refleksi dan opini Anda yang diposting tidak dibaca orang, bukan?

    Ikuti langkah-langkah promosi blog sebagai berikut:

    (1) Daftarkan di blog directory
    Daftarkan blog Anda ke berbagai direktori blog (blog directory). Sedikitnya, daftarkan di tiga blog directory terbesar dan terpopuler, yaitu (a) http://technorati.com (b) http://feeburner.com (c) http://blogdigger.com. Ikuti seluruh petunjuk pada ketiga blog directory tsb ketika mendaftar.

    Blog-blog directory ini nantinya secara otomatis akan mengirim data blog dan posting-posting anda ke berbagai search engine, termasuk tiga search engine besar yaitu http://google.com, http://msn.com, http://yahoo.com.

    (2) Link-trade, Link Exchange atau Tukar Link
    Ajak teman anda yg memiliki blog untuk saling tukar link. Link URL anda di blog dia, dan jangan lupa anda juga memasukkan link blog teman anda tsb. di blog anda. Dalam dunia blog, ini disebut juga dg istilah BLOGROLL. Dan blogroll ini salah satu penyebab cepatnya popularitas blog di seluruh dunia, mengalahkan website yg biasa.

    Blogroll atau link-exchange tidak harus melalui permintaan, bisa juga dg saling suka rela. Umpamanya, ada seseorang blogger (pemilik blog) yg memasang link Anda di blog dia, apabila Anda tahu, maka Anda juga "berkewajiban" menambah link blog dia di blog Anda. Apabila tidak, maka akan dicap sebagai "blogger pelit". Di dunia maya pun, sebagaimana di dunia nyata, orang pelit akan selalu teralienasi. Dg kata lain, sedikit "tamu"nya. :)

    Nah, bagaimana cara mengetahui ada yg mengelink blog Anda? Caranya mudah: tulis di kotak http://technorati.com/search alamat blog Anda atau blog siapa saja yg ingin Anda ketahui. Contoh blog ini, http://kolom-mario.blogspot.com, setelah itu tekan search, anda akan tahu siapa saja yg ngelink ke blog tsb.

    Sebagai langkah pertama 'proyek' tukar link, Anda bisa mencoba dg memasang link blog http://afsyuhud.blogspot.com di sidebar blog Anda. Dalam waktu tidak lama, alamat blog Anda akan tampil di blognya.

    (3) Berkunjung ke blog lain

    Untuk menambah teman untuk diajak blogroll, sempatkan berkunjung ke blog2 lain, dan berkomentar di bukutamu atau tagboard mereka atau berkomentar di tulisan mereka sambil jangan lupa memasang alamat blog Anda di blog mereka. Dalam waktu tidak lama, mereka akan "bertamu balik" ke "rumah" atau blog Anda.

    (4) Aktivitas posting
    Usahakan sedikitnya satu kali posting setiap harinya. Posting yg teratur di blog, akan membuat tamu datang secara teratur juga.

    (5) Alamat blog di signature email
    Tulis alamat blog Anda di signature email. Sehingga setiap anda menulis email ke pribadi atau ke milis, alamat blog anda akan selalu muncul, dan "menggoda" orang untuk berkunjung. Memposting ringkasan tulisan di blog Anda ke milis juga akan sangat menggoda member milis.

    daftar blog directory misal technorati.com kita daftar dulu join us,setelah kita mendaftar kita add blog kita terus claim blog,masukkan blog kamu claim dapatkan code htmlnya
    kalau blogdigger add blog ajah
    feedburner sudah dibeli oleh google jadi kita bisa memakai yang pro
    kalau difeedburner kita register dulu isikan biodata anda.setelah tu verifikasi email biar di aktifkan account kita,setelah aktif account cari tulisan seperti ini isikan blog kita "
    Burn a feed right this instant. Type your blog or feed address here"
    tinggal next-next ajah udah siap gamapangkan
    maaf bahasanya agak kurang
    sign in

    Tutorial Winrar & Cara Menggunakan Winrar

    Tutorial Winrar & Cara Menggunakan Winrar

    WinRAR adalah dalah satu software Compress Data yang paling diminati. WinRAR mempunyai kemampuan untuk membuat Archice RAR dan ZIP. Software ini juga mampu Decompress lebih dari 14 data Compress.

    Mungkin ada yang masih asing dengan cara pakai winRAR. Maka untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana cara menggunakan WinRAR, silahkan membaca tutorial WinRAR berikut ini :


    Kelebihan WinRAR :

  • Dapat mengompres file atau folder menjadi 2 format, yatiu *.RAR atau *.ZIP
  • Dapat membuat Setup Instalasi
  • Dapat diberi password
  • Ukuran file masternya kecil, sehingga mudah dibawa kemana-mana.




  • Perbandingan Hasil Kompresan WinRAR :

    Format *.RAR
    Kelebihan :
  • Ukuran file hasil kompresan berformat *.rar lebih kecil dibandingkan dengan format *.zip.
  • Bayak lagi, tapi saya susah untuk menulisnya.

  • Kekurangan :
  • File kompresan berformat *.rar tidak dapat di-ekstrak oleh komputer yang belum terinstal WinRAR.


  • Format *.ZIP
    Kelebihan :
  • Terdapat kemungkinan, file kompresan berformat *.zip dapat di-ekstrak oleh komputer yang belum terinstal WinRAR.

  • Kekurangan :
  • Ukuran file hasil kompresan berformat *.zip lebih besar dibandingkan dengan format *.rar.


  • Cara Men-setting Hasil Kompressan WinRAR

    1. Buka WinRAR
    Gambar WinRAR

    2. Pilih Menu Options, lulu klik Setting :
    Gambar WinRAR

    3. Kemudian klik tab Compression
    Gambar WinRAR

    4. Kemudian klik Create default..
    Gambar WinRAR

    5. Kemudian Pilihlah Archive Format.Jika Anda menginginkan hasil kompresan berformat *.RAR, pilihlah RAR.Jika Anda menginginkan hasil kompresan berformat *.ZIP, pilihlah ZIP
    Gambar WinRAR

    6. Kemudian klik OK. Setelah itu klik OK lagi.
    Gambar WinRAR

    Cara Cepat Mengompress File atau Folder dengan WinRAR

    1. Klik kanan pada folder atau file yang ingin dikompres, setelah itu klik Add to NamaFolderAnda.rar
    Gambar WinRAR

    Jika dalam setting, format kompresan diatur sebagai RAR, maka hasil kompressan akan berupa *.rar.
    Jika dalam setting, format kompresan diatur sebagai ZIP, maka hasil kompressan akan berupa *.zip.

    2. Setelah itu tunggu sejenak, WinRAR sedang melakukan kompres.
    Gambar WinRAR

    3. Setelah proses kompres berhasil, maka akan terlihat hasilnya.
    Gambar WinRAR

    Cara Cepat Mng-ekstrak Kompressan dengan WinRAR

    1. Klik kanan pada file kompressan, kemudian klik Extrack to NamaFolderAnda\
    Gambar WinRAR

    2. Kemudian tunggu sejenak, WinRAR sedang meng-ekstrak
    Gambar WinRAR

    3. Setelah proses ekstrak berhasil, akan terlihat hasilnya
    Gambar WinRAR


    Tutorial Winrar



    Tutorial ini buat temen yg belum paham tentang penggunaan winrar/winzip



    Hmmm..

    Winrar ataupun Winzip adalah Software kompresi file & folder. Dengan bantuan software tsb sebuah folder ataupun file dapat dibuat menjadi file Archive terpadu. Tentunya banyak sekali keuntungan sebuah file ketika berubah menjadi file archive diantaranya lebih mengarah pada keamanan data dan terlebih lagi ukuran -nya yang lebih kecil beberapa persen dari ukuran file asli.



    Kelebihan WinRAR :

    Dapat mengompres file atau folder menjadi 2 format, yatiu *.RAR atau *.ZIP

    Dapat membuat Setup Instalasi

    Dapat diberi password


    Ukuran file masternya kecil, sehingga mudah dibawa kemana-mana.







    Perbandingan Hasil Kompresan WinRAR :

    Format *.RAR

    Kelebihan :

    Ukuran file hasil kompresan berformat *.rar lebih kecil dibandingkan dengan format *.zip.

    Bayak lagi, tapi saya susah untuk menulisnya.

    Kekurangan :


    File kompresan berformat *.rar tidak dapat di-ekstrak oleh komputer yang belum terinstal WinRAR.

    Format *.ZIP

    Kelebihan :

    Terdapat kemungkinan, file kompresan berformat *.zip dapat di-ekstrak oleh komputer yang belum terinstal WinRAR.

    Kekurangan :

    Ukuran file hasil kompresan berformat *.zip lebih besar dibandingkan dengan format *.rar.



    Cara Men-setting Hasil Kompressan WinRAR



    1. Buka WinRAR






    2. Pilih Menu Options, lulu klik Setting:





    3. Kemudian klik tab Compression





    4. Kemudian klik Create default..





    5. Kemudian Pilihlah Archive Format.Jika Anda menginginkan hasil kompresan berformat *.RAR, pilihlah RAR.Jika Anda menginginkan hasil kompresan berformat *.ZIP, pilihlah ZIP






    6. Kemudian klik OK. Setelah itu klik OK lagi.







    Cara Cepat Mengompress File atau Folder dengan WinRAR

    1. Klik kanan pada folder atau file yang ingin dikompres, setelah itu klik Add to NamaFolderAnda.rar





    Jika dalam setting, format kompresan diatur sebagai RAR, maka hasil kompressan akan berupa *.rar.

    Jika dalam setting, format kompresan diatur sebagai ZIP, maka hasil kompressan akan berupa *.zip.

    2. Setelah itu tunggu sejenak, WinRAR sedang melakukan kompres.






    3. Setelah proses kompres berhasil, maka akan terlihat hasilnya.







    Cara Cepat Mng-ekstrak file rar/zip dengan WinRAR

    1. Klik kanan pada file rar/zip, kemudian klik Extrack to NamaFolderAnda\





    2. Kemudian tunggu sejenak, WinRAR sedang meng-ekstrak






    3. Setelah proses ekstrak berhasil, akan terlihat hasilnya



    Berikut Video Tutorial Winrar

    Cara Membuat Blog

    Karena banyak yg bertanya tentang apa itu blog, maka agar lebih praktis saya tuliskan saja di sini info dasar blog bagi pemula. Tulisan ini berdasarkan cara pandang saya melihat teknologi blog yg sekarang lagi tumbuh pesat diminati tidak hanya kalangan awam, tapi juga mulai merambah ke kalangan intelektual dan akademisi serta selebritis Indonesia. Di luar negeri, blog sudah berkembang sejak lama. Kita saja yg memang suka ketinggalan.

    1. Apa itu blog?

    Blog adalah situs pribadi. Berbeda dg website yg setiap memposting harus susah payah memakai kode ekstensi .html .php, .asp, dll, blog merupakan otomatisasi dari semua ekstensi tsb. Sehingga karena sudah diotomatisasi, maka kita-kita semua yg lugu teknologi menjadi ostosmastis dapat memposting apa yg kita inginkan persis seperti kita memposting email ke teman atau ke milis.

    Dan karena kemudahan inilah, maka semua orang yg tahu internet dapat membuat blog atau situs pribadi; sama halnya dg memiliki email. Tak heran apabila pemilik blog bervariasi: mulai dari pembantu rumah tangga, ibu rumah tangga, tukang jualan sayur di pasar klewer, cewek-cewek "ramah" di pasar senggol, sampai profesor dan menteri-menteri.

    2. Bagaimana cara membuat blog?

    Seperti halnya email, buat account dulu di free blog provider (pemberi hosting/domain blog gratis). Yg paling populer adalah http://www.blogger.com. Bagi Anda yg sudah agak melek-huruf teknologi bisa juga buat account di http://www.wordpress.com dan http://blogsome.com. Selain yg dua ini masih banyak penyedia blog gratis yg bisa Anda ketahui kemudian. Ikuti pentunjuk step-by-step ketika mendaftar.

    3. Setelah selesai register/sign-up di http://blogger.com, anda dapat mulai memposting/mempublish apapun yg Anda inginkan di blog: mulai dari curhat, puisi, cerpen, tulisan serius sampai yg canda samapi kepada link download atau apa saja yang anda ingin tampilkan keseluruh dunia

    06 Mei 2007

    Arsip-arsip Kong Kuan


    Raad Tjina di Batavia
    Notulen vergadering dari Raad Tjina di Batavia pada hari Selasa tanggal 4 boelan Maart 1918.
    Persidangan (vergadering) di boeka pada djam poekoel 1 liwat tengahari.
    Dikapalai (Voorzitter) Toewan Majoor Khouw Kind An.
    Dihadiri (aanweizig) Toean2 Luitenant Oeij Kim Liong, Lie Sin Liong, Laij Soen Thio dan Oh Siau Tjeng.
    Secreatris, Khoe Siauw Eng dan beberapa Wijksmeters dari bilangan Batawi dan Weltevreiden.
    Tiada berhadlir dengan kasi taoe sebabnja :
    Tiada berhadlir dengan zonder kasi taoe sebabnja :
    Dibitjarakan :
    Hal Toean Majoor minta taoe pendoedoek mana jang dilanggar bahaja kebandjiran, hingga perloe mendapat pertoeloengan.
    Semua wijkmester menjaoet tiada ada, katjoewali Soinsan, jang tjeritakan bagaimana pendoedoek kampoengnja soedah kalanggar itoe bahaja, tapi dengan pertoeloengan nja rame2, orang2 jang mendapat itoe bahaja soedah dapat ditoeloeng sampai tjoekoep.
    Toewan Majoor lalu menjatakan, manakala pembantoean itu koerang tjoekoep , aken ditambah.
    ------------------------------------------------------------------------------------------------
    Tulisan diatas merupakan notulen dari rapat Kong Kuan atau dewan perwakilan Cina di Batavia. Dan gambar diatas foto tempat dewan ini berapat. Notulen ini merupakan satu dari sejumlah besar dokumen dalam bahasa melayu tentang kehidupan masyarakat Cina di Batavia dari akhir abad ke 18 sampai tahun 1960-an. Dokumen dari Dewan ini ditemui secara tidak sengaja oleh dua orang peneliti Perancis pada tahun 1960-an pada sebuah rumah abu di daerah Guinung Sahari Jakarta. Pada tahun 1998, dokumen tersebut selamat disimpan pada pusat peneltian Sinologi di Belanda. Profesor Leonard Blusse adalah peneliti utama yang sekarang mengerjakan proyek ini di Belanda.

    04 Mei 2007

    Sofware Pilihan Yang Harus Anda Miliki

    internet download manager ( IDM )5.08

    kami mengambil tools download manager yang dengan kecepatannya paling cepat dari tools manager lain dan sudah teruji kehebatannya

    download

    crack ada banyak sesuai serinya crack 5.08. crack 5.08 7 , crack 3 5.09
    serial numbernya

    Sekarang IDM Sudah versi 6.07 Dengan berbagai macam BUILD

    Aplikasi untuk membuat dan meng-ekstrak archive ZIP, RAR, dll.

    winrar 3.61Download


    Sekarang Winrar sudah versi 4.01
    Flash get versi 1.96
    Tool manager ini merupakan tool yang bisa dibilang cepat karena membagi file download sampai 10 file sehingga mempercepat proses download,bisa juga mendownload Torrent

    Flash get versi 1.96 atau Versi klasik Flashget 1.7.3


    Bitcomet versi1.09

    Tool download manager yang cepet bisa juga mendownload file torrent lebih cepet dari aplikasi pendownload torrent

    Download
    Bitcomet versi1.09

    mozilla Firefox 3.08 Final

    aplikasi Browser internet yang paling cepet versi 3.06 Final


    Download mozilla Firefox 3.08

    Download Mozilla Firefox Versi 3.08 Final Link Ziddu

    sekarang mozilla sudah versi 7.01


    NotePad ++ (free) : Aplikasi yang paling istimewa bagi programmer apa saja. Aplikasi ini bisa mengerti bahasa apa saja.

    Turbo Pascal 7 plus Tutorial (free) : Aplikasi compiler pemograman berbasis command line.

    Turbo Basic (free) : Aplikasi compiler pemograman berbasis command line.

    Quick Basic (free) : Aplikasi compiler pemograman berbasis command line.

    IconsExtract (free) : Aplikasi untuk meng-ektrak icon yang terdapat dalam file *.dll atau *.exe

    IcoFx (free) : Salah satu plikasi untuk membuat dan meng edit Icon.

    FoxitReader (free) : Aplikasi ringan, untuk membuka file *.PDF

    Template PowerPoint-1, 43 lembar (free) : Instal free template PowerPoint.

    Template PowerPoint-2, 41 lembar (free) : Instal free template PowerPoint.

    Template PowerPoint-3, 43 lembar (free) : Instal free template PowerPoint.

    FLV Player 2.0 beta 2.4 : Instal FLV Player 2.0 beta 2.4 untuk menjalankan flash video, misalnya video yang di-download dari YouTube.com

    http://www.kingzm.com/eng/images/button-download.jpgSoftware yang bisa anda download

    • winrar versi 4.65 download

    • PC Booster 5.0.106.rar download

    • Spybot Search and Destroy 1.4.rar download

    • WhereIsIt 3.7 + Plugins + Crack.rar download


    • LimeWire PRO 4.13.0.1.rar download

    • Utorrent-1.7.5.rar download

    • NJStar Chinese download

    • ProtectXP.rar download

    • Net tools.rar download

    • 3GP Video Converter v4.22.rar3 download


    • Acoustica MP3ToWave Converter PLUS v2.22.rar Download

    • Download Accelerator Plus v8.5.6.3.rar Download

    • MP4 Video Converter v1.82.rar Download

    • Net Nanny 5.1.rar Download

    • Web Page Maker v2.3.rar Download

    • Winamp Pro v5.50 Build 1550.rar Download