
Sistem pengapian kendaraan modern  sudah menggunakan injector karena menghasilkan peforma  lebih baik dan emisi lebih bersih dibandingkan karburator.  Saat ini, hampir semua model mobil menggunakan sistem injeksi dengan  beragam istilah. Seperti sistem pengapian lain. Namun, menggunakan  injectorjuga ada kelemahannya. Selain lebih mahal dan rumit, kotoran  pada bensin bisa membuat kinerjanya memburuk. Hal ini terutama pada  mobil-mobil yang jarang dipakai. Hal tersebut ditandai bila mesin mobil  mulai misfire (pincang), kasar, penurunan peforma mesin, bahkan tidak  bisa distater. Ini semua karena kotoran yangmenyumbat injector. Kotoran  ini berasal dari komponen penyusun bahan bakar seperti timbal atau  sulfur.
Pada dasarnya mobil dengan sistem injeksi bahan bakar lebih mudah  distater karena injector menyemprotkan bahan bakar dalam bentuk kabut  halus ke ruang bakar sehingga bahan bakar menguap seketika. Uap bahan  bakar inilah yang terbakar.Semakin halus pola penyemprotannya, semakin  cepat menjadi uap.         Injector yang kotor tidak bisa melakukan prosespengkabutandengan  baik.Pola penyemprotannya juga menjaditidak seragam. Bisa jadi dia  menyemprotkan lebih banyak bahan bakar ke satu sisi saja dibandingkan  sisi lainnya (tidak merata). Bisa pula lemah semprotannya bahkan bisa  jadi tertutup sama sekali atau tidak bisa tertutup sama sekali sehingga  bahan bakar terus menetes.

Inilah penyebab mengapa ada mobil dengan injector ogah hidup atau  bila campuran bahan bakarnya di tiap silinder tidak seragam (sebagian  silinder mendapat pasokan bahan bakar kaya sementara yang lain miskin)  hingga menyebabkan misfire. Pada kondisi ini oksigen di silinder tidak  digunakan untuk pembakaran, sehingga terlempar ke pipa ekshaust saat  langkah dorong berikutnya. Oksigen sensor yang mendeteksi jumlah oksigen  yang tidak digunakan untuk pembakaran menyebabkan computer bereaksi  seakan mesin beroperasi dengan campuran bensin miskin. Akibatnya  computer fuel injector memerintahkan tambahan bahan bakar ke seluruh  silinder. Ini menyebabkan silinder yang semula bekerja dengan pasokan  normal menjadi terlalu kaya yang akan menjadikan boros bensin. Jadi  problem di injector bisa merambat kemana-mana.
System pasokan bahan bakar biasanya sudah dilengkapi dengan filter  yang bisa menangkap kotoran, jadi bagaimana injector bisa kotor. Filter  menangkap kotoran berukurang 10- 30 mikron. Pada mesin yang sering  bekerja pada putaran rendah, laju bahan bakar yang lewat injector juga  lemah, menyebabkan partikel-partikel yang lolos dari filter, menumpuk di  katup di ujung penyemprot. Nah, dalam hal ini, BangSobil  merekomendasikan agar AutoSobilsesekali menekan pedal akselerasi  dalam-dalam, karena tindakan tersebut bisa mengeluarkan tumpukan kotoran  yang menyangkut di injector.
Injector pun bisa menjadi kotor karena deposit bergetah (gummy) yang  terbentuk di ujung nozzle. Ketika mesin dimatikan, bahan bakar menguap  di ujung injector. Bahan bakar yang menguap itu meninggalkan gum residue  dibelakangnya. Biasanya dengan menjalankan mesin bisa menghilangkan  residu ini. Bisa juga dengan cairah kimia pembersih. Namun, jangan  menambahkan terlalu banyak cleaner, karenajustru akan merusak komponen  karet pada system bahan bakar.
Sebenarnya, membersihkan injector palingsempurna dilakukan di bengkel  resmi. Karena di bengkel resmi,ukuranpengkabutan injectorakan dilakukan  fuel pressure gauge, mengaktifkan pomba bahan bakar dan memeriksa tiap  injector. Penurunan tekanan pada masing-masing injector di ukur. Bila  angkanya mendekati atau sama, artinya semuanya bagus. Bila ada  perbedaan, injector perlu dibersihkan dengan injector flush.
Untuk membersihkan injector, teknisi akan melepas injector lines dari  mesin dan menghubungkanya dengan tanki lain yang berisi larutan  pembersih. Mesinkemudian dihidupkan dan larutan pembersih ini bekerja  bukan saja membersihkan injector tapi juga kerak karbon di balik intake  valves yang akhirnya membuat aliran campuran udara-bensin mengalir lebih  baik. Proses ini harus dikerjakan sangat hati-hati karena larutan  pembersih mudah terbakar dan bekerja di tekanan tinggi. Akhirnya saya pun merekomendasikan agarselalu mengisi bahan bakar sesuai  dengan rekomendasi di owners manual.
sumber


 ']]}
']]} 
 0 Comments
0 Comments
