|
Headlines News :
Home » » Empat Surat Einstein Dihargai Rp112 Juta-an

Empat Surat Einstein Dihargai Rp112 Juta-an

Written By. Admin on 10 Maret 2013 | 00.11


Keempat surat Lamont dari Einstein ditemukan dalam yard sale dan dijual pada tiga penawar berbeda.


Meski sudah wafat sejak tahun 1955, segala hal mengenai Albert Einstein masih menarik perhatian. Kali ini empat surat yang ditulis penemu teori relativitas itu dihargai Rp112 juta-an dalam sebuah lelang.

Surat Einstein ini ditujukan pada filsuf sosialis bernama Corliss Lamont pada tahun 1954. Saat penulisan surat itu, Lamont merupakan sosok yang dicerca senator Joseph McCarthy karena dianggap "kurang Amerika". Pasalnya, Lamont mencetuskan ide bahwa AS harus menjalin kerja sama lebih erat dengan Uni Soviet.

Keempat surat Lamont dari Einstein ditemukan dalam yard sale dan dijual pada tiga penawar berbeda. Total penjualan mencapai £7,688.70 atau sekitar Rp112 juta-an, demikian angka resmi yang dikeluarkan badan lelang, PFC Auctions, Jumat (1/3) lalu.

Menurut juru bicara PFC Auctions, satu surat terjual pada pembeli di AS, dua surat untuk satu pembeli di Inggris Raya, dan satu surat tersisa untuk penawar dari Guernsey.

Surat pertama tertanggal 2 Januari 1954, berisi mengenai pujian Einstein pada Lamont. Namun, ada satu petikan surat yang menyebut kekecewaannya.

"Ada satu titik dalam pernyataan Anda yang saya sesalkan. Yakni mengenai klaim diri bahwa Anda bukanlah anggota Partai Komunis. Dalam hal kepartaian, adalah bukan kewajiban seorang warga negara untuk menjelaskannya," demikian bunyi petikan surat tersebut.

Surat itu diketik dan ditandatangani tinta hitam tertulis "A Einstein". Sedangkan dalam surat terakhir -keempat- Einstein berterima kasih atas umbangan uang yang diberikan Lamont dan "akan digunakan untuk hal-hal penting".

{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved