Kira kira 200 tahun  yang lalu, ada satu orang Jerman bernama Drais yang senang memebuat  temuan baru. Kepalanya selalu dipenuhi dengan berbagai macam gagasan.  Suatu hari, ketika drais berpergian dengan kereta kuda, Drais melewati  sebuah jalan, jalan tersebut telah tertutup untuk kendaraan yang besar  karena ada pohon tumbang di jalan. Drais mendapat ide untuk membuat  kendaraan kecil dengan dua roda berderet yang dijalankan dengan kaki.  Sepeda yang dibuat Drais adalah sepeda pertama di dunia, tapi tidak  mendapat sambutan yang baik sehingga tidak popular Sementara itu, saat  dibawa ke Negara lain, sepeda Drais dipuji setinggi langit dan dijuluki  “hobby horse” ( kuda mainan ) dan “dandy horse” ( kuda gaya ). Saat itu  di Inggris, Mac Milan yang bekerja sebagai pandai besi mulai berpikir  untuk membuat sepeda yang lebih baik. Tak lama kemudian, Mac Milan telah  membuat sepeda yang dapat bergerak tanpa menapakkan kaki ke tanah lagi.  Tetepi sepeda ini tidak mendapat sambutan yang baik.

- Sepeda Type Draisienne Uermanj 1818
 
- Sepeda Type Mac Millan (Inggris) 1839
 
- Sepeda Type Michaux (Perancis) 1861
Sementara itu, di kota Paris, Prancis,  orang orang berusaha memperbagus “hobby horse” itu dengan kreativitasnya  masing masing. Di antaranya adalah Michaux dan putranya yang bekerja  sebagai pandai besi. Michaux mendapat ide untuk membuat sepeda yang  lebih baik. Michaux dan putranya membuat sepeda yang ddijalankan dengan  pedal. Sepeda buatan Michaux memperoleh sambutan luar biasa. “dengan  pedal, mengendarai sepeda menjadi lebih ringan dan menyenangkan.” Orang orang beramai ramai memakai sepeda Michaux. Sepeda makin popular,  sehingga pada tahun 1868 disenggalakan lomba balap sepeda pertama di  dunia. Semakin lama, sepeda semakin bagus. Magey dari prancis menemukan  bahan sepeda dari kayu, besi dan karet agar sepeda menjadi lebih kuat dn  lebih enak dilihat.
Agar sepeda dapat berlari kencang, ia memperbesar roda depannya.  Bentuk sepeda juga makin cantik dan dapat berlarilebih kencang. Banyak  orang membanggakan kecantikan dan kecepatan sepeda mereka. 
- Sepeda Type Safety (Inggris) 1873-4
Sepeda untuk wanita berbeda dengan sepeda  untuk pria. Kaki pengendara tidak perlu mengapit badannya. Perusahaan  sepeda banyak bermunculan. Mereka saling berlomba membuat sepeda yang dapat berlari kencang. Roda depan sepeda makin lama makin besar. Sepeda  yang semula dibuat supaya lebih mudah di kendarai telah berubah menjadi  sepeda yang berbahaya bagi wanita dan orang tua. Saat itu satu orang  inggris bernama Lawson mempunyai ide untuk membuat sepeda yang aman bagi  pengendaranya.Lawson mendapat ide untuk membuat sepeda yang aman ,  cepat dan cantik, dan ia memberi nama sepeda tersebut “safety” ( aman ).  Ada dua orang Inggris bernama Starley dan Sutton yang memasang roda  ukuransama pada sepeda tipe “safety”. Tapi, orang orang yang melihat  sepeda itu hanya mencemoh. Mereka memutar otak untuk mencari cara supaya  orang orang dapat mengetahui kehebatan sepeda tipe “safety”.
 
- Sepeda Type Ordinary (Perancis) 1870
Mereka mendapat ide untuk membuat lomba  sepeda mulai di garis finish dan selesai di garis start. Pada saat di  garis finish yang ada di garis start, sepeda tipe “safety”yang menang.
Setelah melalui proses yang panjang,  sepeda akhirnya menjadi kendaraan yang aman untuk dikendarai ,  berpenampilan cantik dan juga cepat.


 ']]}
']]} 
 0 Comments
0 Comments
