|
Headlines News :
Home » » Kebanyakan Duduk Memicu Kanker

Kebanyakan Duduk Memicu Kanker

Written By. Admin on 05 November 2011 | 13.54

Makin banyak waktu yang Anda habiskan untuk duduk, makin besar pula risiko Anda terkena kanker. Oleh karena itu, hiduplah dengan aktif secara fisik agar terhindari dari penyakit yang masih menjadi momok ini.

"Kanker kolon dan kanker payudara adalah dua jenis kanker yang paling banyak diderita. Ada bukti kuat yang menyebutkan hidup secara aktif akan menurunkan risiko terkena kanker ini," kata Christine Friedenreich, peneliti senior dari Kanada.

Dia menambahkan, melakukan 150 menit olahraga dalam seminggu mungkin tidak cukup. "Jika Anda seharian hanya duduk di depan meja, itu akan jadi masalah," katanya.

Untuk kanker kolon, olahraga teratur akan mengurangi risiko kanker sampai 35 persen. Sementara itu, risikonya bisa diturunkan sampai 25 persen pada kasus kanker payudara.

Dijelaskan oleh dr Freya Schnabel, direktur bedah kanker payudara, obesitas sudah terbukti akan meningkatkan risiko kanker. Hal itu terjadi karena adanya peningkatan inflamasi di dalam tubuh. "Dengan berolahraga, inflamasi itu bisa diturunkan," katanya.

Melakukan olahraga secara teratur merupakan langkah awal untuk hidup sehat. Anda bisa memulainya dengan mengambil jeda dari duduk untuk berjalan-jalan.

Para ahli memperkirakan, dalam sehari, rata-rata orang duduk selama 15,5 jam, termasuk waktu makan, di perjalanan, bekerja di depan komputer, dan menonton televisi. Sementara itu, pekerja kantoran menghabiskan 75 persen waktu mereka untuk duduk.

"Belum terlambat untuk memulai hidup aktif. Lakukan olahraga teratur, bukan hanya untuk menjaga berat badan tetap ideal, melainkan juga menurunkan risiko kanker kolon dan kanker payudara," kata Friedenreich.



Sumber : Kompas.com
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved