|
Headlines News :
Home » » Keajaiban Musik Klasik

Keajaiban Musik Klasik

Written By. Admin on 11 Mei 2011 | 03.09

Mozart nama yang tak asing lagi di telinga para penikmat musik. Komponis besar yang banyak melahirkan karya besar di bidang musik klasik
itu kini juga dilibatkan dalam banyak penelitian di bidang psikologis sampai kedokteran. Hasilnya, kini istilah efek Mozart semakin populer.

Apakah efek Mozart itu? Berbagai penelitian yang mencari korelasi antara musik dengan kondisi kesehatan fisik maupun psikis manusia menemukan fakta bahwa musik ciptaan Mozart berefek sangant positif buat kesehatan manusia.
Khusus bagi ibu hamil, ternyata efek Mozart bermanfaat ganda. Musik tidak hanya dapat meningkatkan kualitas phisik dan psikis sang ibu, namun juga sangat bermanfaat bagi bayi yang dikandungnya. Demikian yang diungkapkan oleh Dra Louis Maspaitella M. Psi, dalam acara seminar Mini Upaya Pengembangan IQ dan EQ anak sejak dalam kandungan yang diselenggarakan Rumah Sakit Anak dan Bersalin (RSAB) akhir pekan lalu.

Louis mengidentifikasi 12 anfaat musik bagi ibu hamil, janin atau bayi.

Pertama, musik dapat membantu proses komunikasi dan sambung rasa antara ibu dan bayinya, bahkan ketika bayinya masih berada dalam kandungan.

Kedua, musik dapat merangsang pertumbuhan otak bayi baik ketika ia masih berada dalam rahim maupun setelah dia dilahirkan.

Ketiga, musik dapat memberi pengaruh positif dalam hal persepsi emosi dan sikap bayi sejak masih berada dalam kandungan.

Keempat, musik menyediakan pola yang baik sehingga bayi dapat membangun pemahamannya tentang dunia fisik.

Kelima, musik dapat mengurangi ketegangan emosi atau nyeri fisik selama ibu hamil serta berdampak positif bagi bayi yang akan dilahirkannya.

Keenam, musik dapat meningkatkan perkembangan motoriknya termasuk upaya bayi saat belajar merangkak, berjalan, melompat dan berlari.

Ketujuh, meningkatkan kemampuan bayi dalam berbahasa, termasuk perbendaharaan kata kemampuan berekspresi dan kelancaran dalam berkomunikasi.

Kedelapan, musik dapat memperkenalkan bayi dengan dunia yang lebih luas termasuk dalam mengekspresikan emosi, kreatifitas serta keindahan estetik.

Kesembilan, musik dapat meningkatkan kemampuan bayi dalam bersosialisasi.

Kesepuluh, musik dapat meningkatkan keterampilannya kelak, misalnya membaca, menulis, menghitung dan keterampilan akademik lainnya.
Kesebelas, musik dapat memperkenalkan bayi dengan kegembiraan yang dapat diperolehnya dalam pergaulan atau sosialisasi.

Keduabelas, dengan musik anak terbantu menciptakan kesadaran yang kuat atas jati dirinya.

{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved