|
Headlines News :
Home » » Mengoptimalkan rem parkir pada mobil

Mengoptimalkan rem parkir pada mobil

Written By. Admin on 24 September 2010 | 11.32


Sesuai perannya sebagai pengunci ban saat mobil dalam kondisi berhenti, rem parkir (rem tangan) tentu perlu penyetelan dan perawatan agar tidak merepotkan ketika dipergunakan, seperti ketika terkena macet di jalan menanjak atau menurun. Dalam hal ini BangSobil menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar rem parkir bekerja dengan optimal diantaranya:


1. Posisi duduk
Tidak hanya untuk kenyamanan dalam mengemudi, namun posisi duduk juga mempengaruhi dalam mengoperasikan rem parkir. Bila posisi bangku terlalu ke belakang, maka tangan akan jauh menggapai tuas rem parkir. Posisi duduk dekat dengan lingkar kemudi membuat adanya kemungkinan lengan Anda tidak nyaman saat menarik tuas. Usahakan agar posisi duduk mengemudi Anda senyaman mungkin dan tidak mengganggu dalam pengoperasian tuas rem parkir.

2. Cukup 4 klik
Sebagai acuan penyetelan tuas rem parkir, Anda dapat berpatokan dalam jumlah 4 ‘klik’. Jangan dipaksakan hingga batas tertinggi. Kabel rem yang terhubung dari tuas hingga rem bersifat elastis dengan selongsong yang terkait pada ujungnya, sehingga saat ditarik kecil, ada kemungkinan kabelnya menjadi putus. Sebaiknya tuas ini jangan ditarik hingga kekuatan penuh. Pengemudi tetap perlu menekan tombol release ketika menggunakan rem parkir. Selain bertujuan agar gear lebih tahan lama dan tidak mudah rusak, kebiasaan ini sangat membantu Anda ketika mengalami rem blong untuk mengatur kepakeman rem dari tarikan tuas rem.

3. Non-aktifkan rem saat basah
Penggunaan rem parkir saat rem masih basah (setelah menerjang banjir atau mobil habis dicuci) berpotensi merusak disc brake atau tromol sehingga menjadi berkarat. Selain itu, air dapat mengakibatkan menempelnya brake pad dan brake shoe pada disc brake. Namun, bila sekadar parkir dalam jangka waktu yang tidak lama, rem parkir tidak bermasalah untuk digunakan. Agar lebih aman, sebaiknya kendaraan Anda diganjal atau cukup memposisikan tuas pada ‘P’ bila menggunakan transmisi otomatis.

4. Perawatan
Normalnya, rem parkir mampu bertahan hingga 3 tahun lebih tanpa mengganti kampas rem, dengan catatan penggunaan rem parkir sewajarnya. Rutin melakukan brake cleaning untuk membersihkan kotoran pada rem. Kemungkinan adanya kotoran atau debu yang menempel setelah sekian ribu kilometer sangat tinggi. Jangan anggap remeh rem parkir dan bila Anda sudah merasa ada yang tidak beres pada rem, periksakan segera ke bengkel resmi terdekat.

sumber
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved