|
Headlines News :
Home » » Tips meninggikan kaki-kaki mobil

Tips meninggikan kaki-kaki mobil

Written By. Admin on 25 September 2010 | 07.31


Modifikasi bagian kaki-kaki mampu dilakukan cukup ekstrim untuk mobil jenis low MPV dan low SUV, hingga dapat menambah tinggi suspensi layaknya sebuah mobil off-road. Dalam dunia modifikasi, merubah dan meninggikan kaki-kaki mobil jenis tersebut dikenal dengan modifikasi ALTO (All Terrain Off Road). 


Dulu banyak orang mengidentifikasikan modifikasi ALTO ini identik dengan modifikasi mobil jenis two wheel (2 x 4 wheel drive) seperti Escudo, Terrano, Blazer ataupun Kijang, namun saat ini sudah tidak bisa dibilang seperti itu karena mobil four wheel drive (4WD) yang dimodifikasi tidak ekstrim pun bisa juga disebut mobil dengan modifikasi ALTO, intinya ALTO itu identik dengan meninggikan mobil.

Dalam Hal ini, BangSobil merekomendasikan agar dalam memodifikasi ALTO selalu memperhatikan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Suspension Lift 
Meninggikan mobil dengan cara memodifikasi atau mengganti per dan shock absorber yang lebih tinggi. Untuk melakukan tahapan ini, diperlukan biaya kurang lebih 2 hingga 3,5 juta dan inipun perkiraan biaya jika modifikasi tidak ekstrim.

2. ImageBody Lift
Meninggikan mobil dengan dengan cara mengganjal antara body dan sasis atau rangka menggunakan bodi lift kit, akan tetapi cara ini hanya bisa dilakukan pada mobil yang bisa dibilang menggunakan sasis atau rangka model konvensional, jadi pada mobil dengan jenis rangka monokok atau yang meyatu dengan body tidak bisa. Artinya mobil yang antara rangka dan body-nya dibuat terpisah, seperti contohnya terdapat pada mobil real Jeep dan Kijang selain dari Kijang Innova bisa menggunakan body lift untuk meninggikan ground clearance mobilnya.

3. Pelek dan Ban
Meninggikan mobil dengan mengganti ban yang berukuran inci lebih besar.




Modifikasi ALTO itu tahapan membangunnya dimulai dari kaki-kaki, per, pelek dan ban terlebih dahulu. Selanjutnya tahap kedua masuk ke penambahan aksesoris penunjangnya, pada tahapan inilah yang menjadi penentu arah konsep modifikasi ALTO. Karena setelah kaki-kaki mobil menjadi tinggi, modifikasi ALTO terbagi 2 lagi, pertama bisa ke arah seperti Jeep ekstrim, seperti pemakaian ban besar untuk off-road (ban pacul), wings, rack atas (roof rack), over fender, snorkle, dan yang kedua itu bisa ke arah SUV standar seperti pemakaian pelek besar dengan ban yang lebih seperti mobil harian, semua tergantung dari selera dan kebutuhan pemilik.


Hal Yang Perlu Diperhatikan dalam membangun mobil ALTO agar mampu menjaga faktor safety dan kenyaman saat mengemudikannya:

Penggunaan ban
Sesuaikan jenis ban dengan kebutuhan, apakah kendaraan hanya untuk digunakan dijalanan aspal yang rata atau untuk melalui jalanan penuh tanah dan batu. Gunakan ban yang lebih lebar dari ukuran standar.

Keraskan Suspensi
Mobil yang telah ditinggikan otomatis akan lebih limbung dan tidak stabil, untuk itu suspensi yang berkarakter keras akan lebih baik jika digunakan pada mobil-mobil ALTO.

Terakhir yang diperlu diperhatikan lagi saat mengemudikan mobil ALTO dijalanan adalah batasi kecepatan, karena mobil yang tinggi tidak bisa stabil pada kecepatan tinggi layaknya mobil-mobil balap.
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved