|
Headlines News :
Home » » Bakteri Gigi Bisa Sebabkan Kanker Usus

Bakteri Gigi Bisa Sebabkan Kanker Usus

Written By. Admin on 20 Oktober 2011 | 22.46

Suatu jenis bakteri yang menyebabkan gigi membusuk dan kelainan pada kulit ternyata ditemukan juga dapat menyebabkan kanker usus. Demikian klaim dua kelompok ilmuwan independen dari Kanada dan Amerika.


Penelitian pertama yang dipimpin oleh Dr Robert Holt dari Simon Fraser University mengidentifikasi ciri bakteri atau Fusobacterium yang dimaksud adalah memiliki RNA bahan genetik yang mirip dengan DNA yang terlibat dalam transmisi kanker usus.

Sedangkan tim lainnya yang dipimpin oleh Dr Matius Meyerson dari Dana-Farber Cancer Institute di Boston, AS, menemukan urutan DNA mikroba menunjukkan bahwa Fusobacterium tersebut adalah bakteri yang sama penyebab kanker usus.

Dua kelompok ilmuwan ini pun melakukan percobaan pada 100 sampel jaringan usus yang sehat dan yang telah terjangkit kanker.

"Terlihat jelas bakteri ini memang mirip, tetap kami masih mengharapkan hasil yang spesifik pada penelitian ini," jelas Sarah Williams, imuwan lain dari Cancer Research UK, mengomentari hasil penelitian.

Kanker usus menempati tempat ketiga kanker yang paling sering terjadi di Inggris setelah payudara dan paru-paru. Meskipun penyebab pastinya belum diketahui, ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko, seperti sejarah keluarga, gaya hidup dan usia.



Sumber : Tribunnews.com
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved