|
Headlines News :
Home » » Konsumsi Kopi Cegah Kanker Kulit

Konsumsi Kopi Cegah Kanker Kulit

Written By. Admin on 30 Oktober 2011 | 18.03

Sebuah penelitian menyebutkan, konsumsi kafein setiap hari ternyata dapat mengurangi risiko terserang kanker kulit.

"Studi kami menunjukkan bahwa konsumsi kopi dapat menjadi pilihan penting untuk membantu mencegah karsinoma sel basal (salah satu jenis kanker kulit)," jelas pemimpin peneliti Fengju Song, postdoctoral fellow di departemen dermatologi di Harvard Medical School, AS.

Untuk penelitian ini, ilmuwan mengumpulkan data pada hampir 113.000 orang dewasa. Selama lebih dari 20 tahun masa tindak lanjut, lebih dari 25.000 kasus kanker kulit didiagnosis antara pria dan wanita dalam penelitian ini. Dari jumlah tersebut, sekitar 23.000 adalah karsinoma sel basal, sekitar 2.000 adalah kanker sel skuamosa dan 741 melanoma.

Para peneliti menemukan bahwa wanita yang minum lebih dari tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko 20 persen lebih rendah terserang karsinoma sel basal dibandingkan dengan wanita yang minum kurang dari satu cangkir kopi dalam satu bulan.

Untuk pria, risikonya 9 persen lebih rendah bagi mereka yang minum tiga cangkir sehari dibandingkan dengan mereka yang minum kurang dari satu cangkir per bulan.

"Meskipun begitu, penelitian tambahan untuk menjelajahi mekanisme di balik asosiasi ini sangat diperlukan," jelas Song.

Sementara penelitian sebelumnya yang dilakukan pada mencit menemukan kafein membantu mengurangi perkembangan karsinoma sel skuamosa dengan menghilangkan sel yang rusak oleh radiasi ultraviolet.



Sumber : Tribunnews.com
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved