|
Headlines News :
Home » » Sakit Gigi Juga Tanda Sinusitis

Sakit Gigi Juga Tanda Sinusitis

Written By. Admin on 20 Oktober 2011 | 22.39

Sinusitis memang erat hubungannya dengan flu. Sinusitis adalah terjadinya peradangan pada selaput sinus, akibat alergi, infeksi virus, bakteri maupun jamur.

Sinus sendiri ada-lah sebutan untuk 5 rongga penghasil mukus yang berada di sekitar hidung, yaitu di atas mata, di belakang mata dan hidung dan pada kedua tulang pipi. Ma-sing-masing rongga itu mempunyai akses ke hidung dan tenggorokan untuk jalan keluarnya udara dan mukus.
Sinus berfungsi untuk melembapkan dan menghangatkan udara yang kita hirup, membantu daya penciuman, dan meningkatkan kualitas suara kita. Sedang-kan mukus yang dihasilkan berguna untuk membersihkan dan melembapkan jalan udara pada hidung.

Bila salah satu akses sinus ke hidung tersumbat, maka mukus akan menumpuk dalam rongga sinus. Mikroorganisme seperti virus dan bakteri jadi berkembang biak dan memicu terjadinya infeksi. Akibat infeksi, dinding sinus membengkak, cairan mukus semakin tidak bisa keluar dan terasa menekan. Maka terjadilah sinusitis.

Sinusitis ada dua: kronis dan akut. Kadang, alergi pada saluran pernapasan bisa menimbulkan infeksi atau radang pada rongga sinus, yang terasa nyeri dan kesulitan bernapas lewat hidung. Bila sinusitis tidak hilang sampai 3 minggu lebih dan mungkin tidak mempan dengan antibiotik yang telah diberikan, berarti Anda menderita sinusitis kronis.

Sinusitis yang disebabkan karena alergi terhadap unsur seperti debu, bulu hewan, perubahan cuaca, dan jamur bisa mengarah pada terjadinya sinusitis kronis karena mukosa (selaput lendir) hidung membengkak sehingga sinus tersumbat. Alergi juga bisa mengakibatkan terbentuknya polip hidung sehingga mengalangi keluarnya mukus.

Berbeda dengan sinusitis kronis, sinusitis akut lebih di-sebabkan oleh infeksi virus atau bakteri virus. Dalam 1 minggu tanpa diobati bisa hilang sendiri atau kalau karena bakteri dan diberi obat biasanya memberikan respons.
Gejala sinusitis yang dirasakan antara lain: rasa sakit di sekitar wajah, kening, dan di antara kedua mata dll., seperti sakit gigi (tergantung rongga sinus mana yang meradang). Keadaan ini diikuti demam, sulit bernapas, rasa lemah, dan daya penciuman seakan hilang.



Sumber : Tribunnews.com
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved