|
Headlines News :
Home » » Tips Menghilangkan Kelelahan Mata Saat di Depan Komputer

Tips Menghilangkan Kelelahan Mata Saat di Depan Komputer

Written By. Admin on 28 Februari 2012 | 16.00

Mata merupakan salah satu panca indra yang penting
Penggunaan komputer baik di rumah dan di kantor menyebabkan seringnya muncul keluhan kelelahan dan ketidaknyamanan pada mata. Penelitian telah menetapkan bahwa monitor komputer hanya memancarkan radiasi berbahaya sedikit atau tidak ada, seperti sinar x atau sinar ultraviolet.

Jadi, kelelahan tidak langsung disebabkan oleh paparan layar komputer melainkan oleh lingkungan sekitar layar komputer, seperti pencahayaan yang buruk atau posisi yang tidak tepat dari peralatan komputer dan furnitur komputer. Ketegangan yang berlebihan pada mata, dapat menyebabkan mata gatal atau terbakar, penglihatan kabur atau ganda dan sakit kepala. Semua gejala ini bisa menyebabkan frustasi, meningkatnya iritasi dan ketidakmampuan menyelesaikan pekerjaan seefisien mungkin.

Ada sejumlah langkah yang bisa Anda lakukan untuk melindungi mata dari ketegangan dan kelelahan. Olahraga relaksasi mata bisa membantu kelelahan pada mata saat berada di depan komputer.

1. Orang-orang cenderung mengurangi tingkat berkedip saat bekerja dengan komputer. Kedipkan mata sesering mungkin untuk membasahi mata demi mencegah kekeringan dan iritasi. Semakin sering berkedip, semakin baik untuk mata Anda.

2. Lihatlah jauh dari komputer setidaknya 20 - 30 menit dan menatap sebuah objek yang jauh setidaknya selama 20 detik.

3. Tutup mata selama beberapa menit ketika pekerjaan Anda memerlukan input data yang berkepanjangan ke komputer.

4. Cobalah untuk memijat dan mengendurkan otot-otot di sekitar mata Anda sesekali. Memperkuat otot mata dengan serangkaian latihan untuk mencegah ketegangan mata.

5. Setiap 30 menit, gosok telapak tangan satu sama lain sampai menjadi hangat dan tutup mata Anda, pastikan tidak ada cahaya yang masuk. Lakukan ini selama setidaknya satu menit, lebih lama juga boleh bila ada waktu. Latihan ini memberikan mata Anda istirahat dari cahaya komputer dan pandangan Anda pun akan jauh lebih jelas.

6. Ambil  waktu istirahat untuk meregangkan sedikit dan memberi energi kembali. Bangun dari kursi dan berjalan-jalan singkat selama beberapa menit. Beberapa menit berjalan kaki tidak hanya akan memberikan mata Anda istirahat tetapi juga memberikan tubuh dan pikiran pun beristirahat.
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved