|
Headlines News :
Home » » Di Negara Ini Perempuan Banyak Menjadi Bos Perusahaan Besar

Di Negara Ini Perempuan Banyak Menjadi Bos Perusahaan Besar

Written By. Admin on 23 Februari 2013 | 19.19


Dari 200 perusahaan besar dunia yang masuk daftar Fortune, Asosiasi Direktur Perempuan Internasional membuat peringkat negara yang memiliki bos perempuan terbanyak di perusahaan besar. Negara mana yang menjadi nomor satu?


Asosiasi yang bernama Corporate Women Directors International (CWDI) ini menyatakan, jumlah bos perempuan terbanyak ada di Prancis yang mengalahkan Amerika Serikat (AS).

Menurut asosiasi tersebut, dari 200 perusahaan terbesar yang masuk daftar Fortune, persentase jumlah direksi perempuan adalah 15%. Di Prancis, 25,1% direktur pada 17 perusahaan teratas Prancis diduduki oleh kaum perempuan. ini berkat aturan kuota di Prancis.

Sementara di AS, 20,9% direktur dari 57 perusahaan teratas AS diduduki oleh perempuan.

"Jumlah direksi perempuan di Prancis telah meningkat karena banyak perusahaan yang membuka kesempatan bagi perempuan untuk menduduki posisi direksi di perusahaan," demikian pernyataan Ketua CWDI Irene Natividad dikutip dari AFP, Sabtu (23/2/2013).

Sejak 2011, ada aturan di Prancis yang mengharuskan perusahaan yang terdaftar di pasar modal untuk memberikan 40% posisi direktur kepada kaum perempuan mulai di 2017. Ini membuat jumlah direksi perempuan di Prancis makin banyak.

"Ada peningkatan yang dramatis dari jumlah perempuan yang menduduki posisi direktur perusahaan di Prancis," kata Natividad.

Saat ini ada 5 negara Eropa selain Prancis yang menerapkan aturan kuota direksi perempuan pada perusahaan terdaftar di pasar modal. Negara tersebut adalah Belgia, Islandia, Italia, Belanda, dan Spanyol. Selain negara di Eropa tersebut, Malaysia juga menerapkan aturan yang sama.

Seperti diketahui, saat ini 104 dari 200 perusahaan besar dunia yang masuk daftar Fortune berada di 3 negara yaitu AS, China, dan Jepang. Namun di tiga negara ini, persentase jumlah direksi perempuannya menurut CWDI cukup rendah.


{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved