|
Headlines News :
Home » , » Perilaku Seks Tidak Sehat Picu Kanker Usus

Perilaku Seks Tidak Sehat Picu Kanker Usus

Written By. Admin on 06 Februari 2013 | 05.55

VeHealth - Kanker merupakan salah satu penyakit dengan tingkat kematian tertinggi saat ini. Penyebabnya pun bervariasi, salah satunya perilaku seksual yang tak sehat atau anal seks. Alhasil baik pria atau wanita kerap mengalami penyakit kanker anus dan kanker usus.

Kanker usus besar diketahui disebabkan karena seringnya mengkonsumsi makanan yang diolah dengan cara dibakar atau digoreng. Namun siapa sangka kalau pada akhirnya kanker ini juga disebabkan karena intensitas perilaku anal seks. Tak hanya itu, sekitar 1,5 persen kanker anus dipicu karena kanker saluran cerna.

Wanita pada dasarnya lebih berisiko terserang kanker anus dibandingkan pria, meski begitu penyakit ini juga dapat menimpa kaum pria dengan perilaku anal seks. Kebiasaan anal seks diketahui menjadi risiko terbesar terjadinya kanker anus.

"Anal seks dapat menyebabkan iritasi kronis pada dubur akibat perilaku seksual tersebut. Ini karena secara fungsi dubur hanya mengeluarkan kotoran sehingga tidak siap jika dijadikan tempat untuk melakukan hubungan seksual," tutur Dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, spesialis penyakit dalam.

Ia juga menjelaskan mengenai gejala utama yang ditimbulkan dari kanker anus seperti Buang Air Besar (BAB) berdarah, nyeri pada bagian anus saat BAB, keluar lendir seperti jelly pada anus, serta timbulnya rasa gatal. Sedangkan gejala kanker usus besar mulai dari gangguan pola BAB (diare kronik atau susah BAB) hingga BAB berdarah.

Tak menutup kemungkinan seseorang dengan kanker usus besar mengalami adanya benjolan yang tak disadari. Mereka umumnya akan mengetahui setelah terjadinya pendarahan saat BAB dan ketika pemeriksaan.

Faktor Risiko Penyakit Lain
Selain kanker anus dan kanker usus besar, kebiasaan anal seks yang dilakukan ini dapat berisiko pada kanker anorektal. Ini merupakan iritasi kronis pada dubur, infeksi ini juga disertai dengan virus human pappiloma (HPV).

Seperti diketahui bahwa infeksi HPV disebabkan karena riwayat tukar menukar pasangan dalam berhubungan seks, riwayat kanker serviks, penggunaan obat-obatan penekan daya tahan tubuh (imunosupresi), dan perokok.

Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mulai berperilaku seksual dengan tidak keluar dari mainstream. "Perilaku seksual anal seks bukan merupakan perilaku seksual yang aman. Ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan, mulai dari ringan hingga berat (kanker anus). Ini merupakan perilaku seks yang berisiko tinggi."
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved