|
Headlines News :
Home » » menghindari mobil terbakar dengan mengenali jenis selang

menghindari mobil terbakar dengan mengenali jenis selang

Written By. Admin on 25 September 2010 | 08.17


Kasus kebakaran mobil, akhir-akhir ini sedang melanda para pecinta otomotif di Tanah Air. Dalam hal ini, BangSobil akan mengupas salah satu topik seputar saluran bahan bakar. Bensin yang mengalir dari tangki bahan bakar menuju fuel rail menggunakan media pipa logam dan slang karet. Pipa karet ini lah yang selalu menjadi kambing hitam. Padahal desainnya untuk dipakai tahunan. Rubber fuel hose dengan pengunci klem memiliki usia pakai Slang karet juga bisa dikatakan menjadi penyebab karena pemakaiannya tergantung pada merek tertentu.


Mobil berpasokan injeksi mengusung pipa besi dan slang karet untuk menghantar bahan bakar dari tangki ke mesin. Pipa besi berlapis galvanis dipakai untuk jalur bahan bakar bersifat statis seperti yang menempel di bodi. Sementara slang karet yang dipakai untuk penyalur bahan bakar dinamis, semisal di dekat fuel rail atau filter bensin.

Maksudnya, slang karet bersifat mampu meredam getaran atau vibrasi yang terjadi saat mesin bergoyang. Sesuai perkembangan zaman, slang karet pun berevolusi. Bila sebelumnya lazim pakai pengunci berbentuk klem agar pertemuan antara slang dan pipa tak ada kebocoran kini menggunakan kunci khusus layaknya sebuah soket. Dengan hanya menekan clip pada soket, slang bensin bisa dibuka-pasang dengan mudah. Teknologi yang sudah menjadi standar mobil modern ini memberikan kemudahan setiap teknisi untuk membuka slang bensin tanpa perlu merusaknya akibat irisan bibir klem atau ujung obeng.

Meski teknologi bongkar pasang dibuat mudah, tekanan tinggi dari pompa bahan bakar tetap bisa membuat rembesan. Di dalam klip dilengkapi multisealing yang membuat tekanan bahan bakar tak bisa bocor dari pinggir klip. Tak heran bila slang karet bensin sebenarnya memiliki usia pakai lama. Belum lagi desain rubber fuel hose ini dibuat meliuk-liuk untuk menghindari stressing (peregangan) saat mesin atau mobil bergoyang. Kalau pun ingin ganti, paling cepat 5 tahun sekali.

Beda dengan rubber fuel hose meteran yang masih memakai pengunci klem. Kualitas pressurized braided nylon pada slang karet meteran memiliki usia pakai tertentu. Terlebih bila klem sering dibuka pasang dan usia pakai sudah lebih dari 2 tahun. Penggantian harus berkualitas sama atau lebih baik. Harga slang karet bensin untuk injeksi yang bagus bisa dibanderol Rp 35-40 ribu per meter. Bandingkan dengan slang bensin lokal untuk karburator yang dipatok Rp 10-15 ribu meter. Kerap terjadi, slang karet seperti ini menjadi keras (tak lentur lagi) dan mudah patah saat dibengkokan tangan.

sumber
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved