|
Headlines News :
Home » » Meningkatkan akselerasi dengan mengurangi beban flywheel

Meningkatkan akselerasi dengan mengurangi beban flywheel

Written By. Admin on 25 September 2010 | 07.24



Mengurangi beban roda gila (flywheel) dapat meningkatkan akselerasi pada mobil. Rodagila adalah komponen piringan yang terdapat pada seluruh kendaraan roda empat dan berbentuknya seperti matahari. Pemangkasan bobot ini dilakukan karena pada prinsipnya, semakin berat bobot dari roda gila maka semakin besar beban yang ada saat komponen ini berotasi.


Rodagila berfungsi meneruskan sekaligus menyimpan energi dari Crank Shaft (kruk as) saat mesin hidup hingga tenaga mesin dapat tersalurkan ke roda melalui gearbox. Beban rodagila juga mampu untuk menahan perubahan kecepatan yang drastis sehingga gerak putaran poros mesin menjadi halus.

Karena beban untuk tiap jenis mobil berbeda, untuk itu sebelum menguranginya harus disesuaikan dulu fungsi dan juga berat dari mobil itu sendiri apakah akan dipergunakan untuk sehari-hari, mengangkut beban berat atau untuk kompetisi semacam ajang dragrace. Faktor-faktor lain yang perlu dilihat sebelum memangkas bobot dari flywheel adalah rasio gir (gear ratio), final drive ratio, ukuran velg dan ban, bobot asal flywheel dan diameter dari flywheel.

Memangkas flywheel lebih ditujukan untuk peningkatan akselerasi rpm dan bukan untuk peningkatan performa sehingga kerja mesin dapat lebih ringan dan membuat tarikan jadi lebih ringan. Mereduksi beban dari flywheel dilakukan dengan cara memangkas area terluar dari ring (diameter dikurangi).

Selain memangkas bobot dari flywheel bawaan, dapat juga dengan cara menggantinya memakai flywheel kompetisi (part racing) yang lebih ringan. Karena bobot flywheel untuk mobil dragrace berkisar 4-4.5kg, biasanya dilakukan untuk yang mengikuti ajang kompetisi semacam dragrace. 

Mengurangi beban flywheel tidak hanya untuk mobil kompetisi saja tapi bisa juga untuk mobil harian dengan mengurangi sebesar 10-15% dari bobot asli. Tapi untuk penggunaan harian tidak disarankan, walaupun akselerasi awal bertambah tapi makin lama akselerasi akan statis (mentok). Untuk itu perlu diimbangi dengan peningkatan performa mesin, seperti meningkatkan kompresi serta porting n polish. 

Efek mengurangi beban Rodagila

Mengurangi beban rodagila memang dapat meningkatkan akselerasi mobil, tapi juga mempunyai kekurangan. Ambil contoh pada saat mobil mengalami beban berat, seperti dijalanan menanjak atau mengangkut penumpang lebih dari dua orang, akselerasi mobil akan berkurang dikarenakan adanya pengurangan beban rodagila. Karena karakter mesin dari tiap mobil yang berbeda-beda, maka pemangkasan pun tidak bisa dipatok secara pasti. Selain itu apabila setelah mereduksi bobot flywheel tanpa mem-balance kembali rodagilanya maka bisa membuat getaran pada mesin karena flywheel tidak bisa berputar secara maksimal dan akibatnya jeroan mesin akan rontok akibat getaran yang terjadi.

Kesulitan lain yang dihadapi ada sewaktu mengurangi beban rodagila untuk mobil-mobil dragrace atau touring karena ketika balancing untuk membuat presisinya lebih susah dibandingkan untuk mobil harian. Begitu juga untuk komponen racing yang ditanam, karena lebih beresiko membuat getaran.

sumber
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved