|
Headlines News :
Home » » Tips instalasi audio pada mobil

Tips instalasi audio pada mobil

Written By. Admin on 25 September 2010 | 06.54


Kabel RCA (Radio Corporation of America) atau yang bisa disebut juga kabel audio interconnect adalah salah satu kabel yang berperanan penting dalam sebuah sistem audio mobil. Fungsinya kabel ini adalah sebagai penghubung head unit dengan amplifier, processor ataupun crossover aktif (EQ). Melalui kabel RCA inilah sinyal musik berupa arus elektrik dialirkan ke amplifier ataupun processor yang kemudian akan diteruskan melalui kabel speaker sehingga sampai ke speaker ataupun subwoofer menjadi berupa gelombang suara.


Karena fungsinya seperti inilah, maka kualitas sebuah kabel RCA dapat mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan sebuah sistem audio mobil. Alhasil kualitas kabel RCA pastinya juga harus diperhatikan, karena semakin baik material yang terdapat pada kabel RCA, maka sinyal audio yang dialirkan pun akan semakin baik. Dipasaran sangat banyak sekali merk kabel RCA, seperti Street Wires, Consonance, Monster Cable, Van Den Hull, Harmonic Harmony dan banyak lagi. Setiap merk memiliki bahan dan teknologi yang berbeda-beda sehingga masing-masing kabel RCA memiliki kualitas dan harga yang berbeda-beda.

Dalam memilih kabel RCA atau Interconnect BangSobil merekomendasikan agar memperhatikan:
  1. Bahan pelapis atau pelindung luar kabelnya (Shielding). Karena semakin baik shielding nya, maka sinyal yang mengalir didalamnya tidak akan terpengaruh oleh gelombang elektromagnetik atau Radio Frequency yang berasal dari luar, seperti mesin atau kabel strum, sehingga noisenya pun akan semakin diminimalisir.
  2. Bahan Konduktor. Menurut Thomas dari Level Audioworkshop di Mega Glodok Kemayoran, konduktor kabel RCA berbahan Silver atau Perak lebih punya karakter untuk high frekuensi yang lebih open atau lepas, sedangkan yang berbahan Copper atau Tembaga lebih kuat untuk mengeluarkan dominasi suara vokal. Untuk itu pilihlah kabel RCA yang sesuai dengan karakter suara yang diinginkan.
  3. Jack atau Connector. Perhatikan juga kualitas dari kepala connector kabel RCA tersebut, pilih yang bentuknya rigid atau kuat sehingga tidak mudah rusak atau pecah, serta tidak mudah lepas atau kendor setelah dihubungkan ke head unit dan amplifier atau processor.
  4. Selain dari memilih kabel, instalasi juga menentukan kualitas suara. Jalur kabel RCA harus menjauhi kabel lainnya yang mengandung arus listrik yang kuat, seperti kabel strum. Panjang bentangan kabel juga turut menentukan kualitas; semakin pendek bentangan kabel semakin baik kualitas suara yang dihasilkan karna sedikitnya faktor hambatan pada kabel yang dilalui signal. Akan tetapi kualitas perangkat audio sistem lainnya yang terpasang juga tetap mempengaruhi kualitas suara secara keseluruhan.


sumber
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved