|
Headlines News :
Home » » Manfaat Protein

Manfaat Protein

Written By. Admin on 13 Maret 2012 | 16.00

Sebagai salah satu sumber energi utama, protein memiliki peran begitu penting bagi kesehatan tubuh. Sudah cukupkah kebutuhan protein harian Anda?

Protein mutlak diperlukan tubuh selama masa pertumbuhan. Protein berperan dalam proses regenerasi sel, penyembuhan luka, produksi antibodi dan haemoglobin untuk menjaga kesehatan tubuh, serta mengatur kerja hormon dan enzim dalam tubuh.

Protein umumnya diperoleh dari makanan. Protein hewani yang dikategorikan sebagai sumber protein lengkap, berasal daging, ikan, telur, dan susu. Meski mengandung semua asam amino esensial, protein hewani biasanya mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi.

Sedangkan sumber protein tidak lengkap yang mengandung sebagian asam amino esensial, umumnya diperoleh dari protein nabati seperti sayur- sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Protein Kedelai dan Manfaatnya

Meski tergolong protein nabati, kedelai mengandung asam lemak tak jenuh dan menjadi sumber protein lengkap yang setara dengan daging, susu, dan telur.

Demi memenuhi kecukupan protein, lembaga pangan dan obat-obatan Amerika Serikat (FDA) bahkan menganjurkan konsumsi protein kedelai minimal 25 gram setiap hari. Protein kedelai memiliki kandungan isoflavon cukup tinggi, di mana di dalamnya terdapat fitoestrogen yang mengimitasi fungsi hormon wanita, estrogen.

Manfaat isoflavon antara lain:
• Mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah.
• Sebagai estrogen replacement therapy bagi wanita menopause hingga membantu mengurangi gejala hot flush dan mengurangi night sweat.
• Membantu mencegah osteoporosis dengan meningkatkan penyerapan mineral, menjaga kepadatan tulang, meningkatkan massa tulang.
• Pada anak-anak, isoflavon membantu mempercepat pembentukan tulang.
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved