Bersihkan karburator termasuk dalam rangkaian setiap melakukan servis ringan mobil. Sebetulnya, menurut saya komponen tersebut tak harus bongkar. Servis karburator harus dibongkar jika jalur bensin mampet dan tidak bisa dibersihklan dari luar.
Selain karena masalah ini, servis karburator cukup setel settingan anginnya. Sering bongkar bisa bikin derat baut-baut rusak bahkan dol. Selain itu, karet seal jadi cepat longgar. Jika ada kejadian parah, seperti kemasukan kotoran debu atau air, setting karbu itu gak cepat berubah. kecuali di utak-atik sembarangan.
Solusi mudah dan murah karena prosesnya tidak makan waktu dan tenaga. Intinya bisa dikerjakan sendiri. Inilah langkahnya:
- Jika pakai filter bensin antara tangki dengan karbu, rajinlah mengecek. Jika kotor, bersihkan atau ganti.
- Tanpa filter bensin, rajin buang bensin di mangkuk karbu dua atau 3 hari sekali. Atau tiap isi bensin penuh. Caranya, tinggal kendurkan baut pembuangan di mangkuk.
- Bersihkan saluran udara di ujung kabrurator dengan cairan pembersih. Caranya, lepas karet penyambung karburator dengan boks filter, lalu semprot semua lubangnya sambil hidupkan mesin
sumber