|
Headlines News :
Home » » 7 Seni Yang Memakai Tubuh Manusia

7 Seni Yang Memakai Tubuh Manusia

Written By. Admin on 28 Maret 2013 | 09.30


7 Seni Yang Memakai Tubuh Manusia

7 Seni Yang Memakai Tubuh Manusia - Fungsi tubuh manusia adalah untuk meringankan kegiatan kita sehari-hari. Di mana jika tangan dan kaki memiliki fungsi bergerak, tapi rupanya anggota tubuh tak selamanya hanya difungsikan seperti itu.

Dalam seni modern yang penuh dengan hal-hal kreatif ini, terkadang instalasi seni menggunakan bahan-bahan yang belum pernah dipikirkan manusia. Mulai barang tak layak pakai, sampah, bahkan sampai ekstrem seperti anggota tubuh mereka.

Kira-kira sampai sejauh apa ya bukti ekstrem seni dengan penggunaan tubuh manusia?

1. Lukisan Air Seni Iron Man
Lukisan Air Seni Iron Man 
Seorang mahasiswa seni Taiwan, Wong Tin Cheung kaget mendadak ketika buang air kecil dan menyadari ada darah dalam air seninya. Moment panik seketika itu langsung berubah menjadi pikiran gila seni dari Cheung. Di mana Cheung menggabungkan warna kuning dan merah dari air seninya, dan taraaa! Jadilah lukisan Iron Man, aneh?

2. Bagian Tubuh Asli Untuk Patung
http://klimg.com/resized/660x/p/15027378647.jpg 
Ketika seniman Jepang Hananuma Masakichi mendapati bahwa dia akan meninggal karena penyakit TBC, dengan segera Masakichi membuat patung replika dirinya untuk sang istri. Masakichi bekerja di sebuah ruangan penuh cermin untuk membuat setiap inci dari tubuhnya. Tidak cukup? Bahkan Masakichi yang (mungkin memang) gila mengambil beberapa bagian tubuhnya seperti gigi, dan kuku untuk patung replikanya. Masakichi meninggal 10 tahun kemudian pasca menyelesaikan patung hidupnya.

3. Meminum Cat Lukis Kanvas
Meminum Cat Lukis Kanvas 
Apa yang dilakukan seniman Millie Brown ini mungkin amat sangat aneh. Bayangkan, Brown berpendapat bahwa karya seni paling sempurna itu menggunakan bagian dari tubuh seniman itu sendiri. Sehingga Brown memilih untuk tidak makan apapun sebelum melukis.
Sesaat sebelum melukis, Brown meminum cat lukisnya dan memulai melukis di kanvas dengan cara memuntahkan satu persatu goresannya. Mengerikan? Gila? Tapi lukisan abstrak dengan nilai seni tinggi terbentuk.

4. Darah Beku Untuk Patung
Darah Beku Untuk Patung 
Seniman Inggris bernama Marc Quinn ini sepertinya terlahir dengan ide brilian yang cenderung menyeramkan. Terinspirasi dari ide Rembrandt yang ingin membuat replika dirinya sendiri, Quinn memutuskan jalan yang sama, yakni menggunakan darah manusia.
Quinn mengumpulkan darah dengan mengunjungi praktek dokter setiap enam minggu selama sepanjang tahun. Darah-darah tak terpakai itu berhasil dibuat Quinn sebagai pelapis beberapa patung berbentuk kepala manusia karyanya.

5. Patung Dari Mayat Hidup
Patung Dari Mayat Hidup 
Honore Fragonard adalah ahli anatomi Prancis di abad ke-18 dan sepupu dari seniman terkenal Jean-Honore Fragonard. Sama seperti sang sepupu, Honore juga menjadi seniman, namun sepertinya lebih gila.
Honore memperoleh mayat-mayat tak bernama ini dari hukuman mati yang kemudian dia balsem dengan ilmu rahasia. Honore memberikan sebuah cairan untuk mayat-mayat itu, membedah seluruh organnya dan membentuknya kembali. Mengerikan?

6. 'Tumbal' Penonton
\'Tumbal\' Penonton 
Mungkin yang dilakukan seniman kelahiran Serbia, Marina Abramovic ini adalah yang paling gila. Di mana dia merelakan tubuhnya menjadi 'tumbal' para penonton. Mulai dari ditikam, menyayat bagian tubuhnya dan ide gila lainnya. Abramovic berpendapat bahwa seni harus menjadikan seseorang bisa membuat penonton terhibur, tapi maksudnya, apakah harus seperti itu?

7. Objek Pesakitan
Objek Pesakitan 
Pengertian dari seni sebenarnya sudah seringkali diperdebatkan selama berabad-abad. Dan itu tidak termasuk dengan mendapatkan luka tembak di lengan. Namun apa yang dipikirkan seniman Chris Burden ini sepertinya mengerikan.
Tidak ada yang memahami apa yang dipikirkan Burden, hanya dia tetap berpendapat bahwa membahayakan dirinya atas nama seni adalah hal paling indah.

Nah, itulah 7 Seni Yang Memakai Tubuh Manusia semoga menambah wawasan anda.

{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved