|
Headlines News :
Home » » 4 Tips untuk Liburan Gratis

4 Tips untuk Liburan Gratis

Written By. Admin on 22 Maret 2013 | 05.00


4 Tips untuk Liburan Gratis

img
Ilustrasi peserta pertukaran pelajar ke Turki. 
4 Tips untuk Liburan Gratis - Liburan selalu dinanti semua orang karena pada saat itulah mereka bisa terbebas dari kegiatan sehari-hari. Namun kadang, biaya jadi penghalang hadirnya liburan. Inilah 4 Tips untuk Liburan Gratis. Apa saja?

Di mana ada kemauan, di situ ada jalan. Kalimat tersebut juga berlaku bagi Anda yang memiliki keinginan besar untuk liburan, selalu ada jalan untuk itu. Disusun DetikTravel, Senin (10/9/2012) inilah 4 cara mendapatkan liburan secara gratis:

1. Ikut kuis
Ini adalah cara paling umum yang dilakukan banyak orang saat ingin liburan tanpa mengeluarkan uang. Namun bukan berarti cara ini klise. Selalu ada pemenang di setiap kuis dan selalu ada kesempatan bagi Anda untuk jadi juara. Hal yang harus diingat saat mengikuti kuis adalah membaca ketentuan dengan baik dan benar.

Mengikuti peraturan dan ketentuan yang berlaku bisa memperbesar kemungkinan Anda memenangkan kuis. Satu hal lagi yang harus diperhatikan saat mengikuti kuis adalah jangan terlalu banyak berharap dan jangan terlalu sedih saat tidak menang.

2. Ikut program pertukaran pelajar
Cara ini membutuhkan sedikit usaha dan tahap yang mungkin merepotkan. Tapi, siapa juga yang tidak semangat jika bisa jalan-jalan ke negara lain dan pulang dengan segudang ilmu baru? Rasanya, tahapan merepotkan pun bukan masalah yang terlalu berat. Cara liburan ini sangat bisa dilakukan bagi Anda yang masih menuntut ilmu di sekolah atau universitas.

Kesempatan ini terbuka lebar bagi mereka yang masih berada di tingkat awal. Jangan malas untuk mengurus surat dan syarat untuk mengikuti program ini. Banyak dari universitas dan sekolah membuka program ini saat sedang musim panas. Mereka menyebutnya sebagai summer course atau kursus musim panas. Waktu program bisa berlangsung selama 2 minggu hingga 1 tahun.

Rajin-rajinlah menengok mading yang ada di kampus atau sekolah. Atau, datangi beberapa kedutaan untuk mengetahui program pertukaran pelajar di negara tersebut.

3. Sukarelawan
Cara ketiga akan mengajak Anda berbuat baik sambil liburan, asyik kan? Sukarelawan tidak selalu dibutuhkan di tempat yang sedang terjadi bencana. Namun bisa juga di tempat yang memang selalu membutuhkan bantuan seperti Etiopia dan beberapa kawasan di Afrika. Menjadi sukarelawan akan membawa ke sebuah pengalaman yang mungkin tidak Anda sangka-sangka.

Bertemu orang baru, menghadapi masalah yang mungkin belum pernah terpikirkan sebelumnya, dan lain-lain akan mengubah cara pandang Anda mengenai sebuah kehidupan. Selain itu, menjadi sukarelawan juga berarti datang ke tempat baru. Liburan tak melulu tentang bersenang-senang, tapi juga berbagi. Jika ingin coba liburan dengan kegiatan sosial, cari informasi di PBB atau instansi yang membutuhkan banyak sukarelawan seperti WWF dan UNICEF.

4. Au pair
Mungkin cara ini belum terlalu dikenal banyak orang tapi ini adalah cara paling seru untuk jalan-jalan sambil mereguk beribu pengalaman. Au pair adalah cara berlibur yang tidak hanya gratis, namun juga dibayar. Anda akan tinggal selama 3-1 tahun di luar negeri, bersama keluaga angkat yang akan mengakomodasi kehidupan Anda di sana. Tindakan ini pun bertimbal balik, Anda akan mendapat beberapa tugas yang bisa dilakukan bersama keluarga tersebut.

Tugas paling umum yang diminta keluarga angkat adalah menjaga anak-anak kecilnya selama beberapa jam dalam sehari. Au pair jadi salah satu cara favorit anak remaja di luar negeri yang ingin merasakan hidup di luar negaranya. Cara yang dijalani pun cukup panjang dan rumit. Namun kerumitan itu semua masuk akal mengingat Anda akan tinggal cukup lama di negara lain.

Salah satu benua paling favorit untuk dijadikan tujuan au pair adalah Eropa. Banyaknya pengeluaran untuk au pair tergantung dari keluarga yang akan jadi keluarga angkat selama di sana. Ada yang mendapat semua tiket secara gratis, ada juga yang membayar setengah bersama keluarga angkatnya.

Penasaran? Cukup buka google.com dan masukkan kata kunci au pair. Di sana akan berderet situs au pair dan salah satunya bisa jadi pilihan Anda. www.aupair-world.net adalah salah satu situs yang bisa jadi pintu Anda menuju liburan yang takkan terlupakan dengan menjadi au pair. 

Sumber : DetikTravel
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved