|
Headlines News :
Home » » Dicari: Suami-Istri yang Ingin Berwisata ke Mars!

Dicari: Suami-Istri yang Ingin Berwisata ke Mars!

Written By. Admin on 03 Maret 2013 | 21.19


Sebuah organisasi nirlaba yang dipimpin oleh pengusaha kaya raya AS, Dennis Tito, berencana mengirimkan misi pesawat berawak ke Planet Mars pada tahun 2018. Seperti apa?
Organisasi bernama Inspiration Mars Foundation tersebut mengumumkan untuk membuka kesempatan kepada pasangan suami-istri untuk pergi ke Mars dalam sebuah misi pesawat berawak pada Januari 2018.
Misi yang disebut 'Inspiration Mars' itu akan dimulai pada 5 Januari 2018, saat dua awak, suami-istri astronot, menaiki pesawat antariksa sebagai warga biasa untuk memulai perjalanan pulang-pergi selama 501 hari untuk melintasi 160 kilometer permukaan Mars.
"Jika kau ada di tempat jauh dan Bumi terlihat kecil, hanya titik biru, kau akan butuh seseorang untuk dipeluk. Bukankah ini solusi lebih baik dari masalah psikologis yang mungkin dihadapi dalam isolasi?" kata Tito saat mengumumkan misi ini di National Press Club Washington, Rabu (27/2).
Tito berharap bisa menggunakan kapsul luar angkasa dan roket yang sudah ada di pasaran, lalu memodifikasinya untuk membawa dua manusia ke Mars.
Untuk mengatasi kejenuhan dan kesepian, terisolasi selama ratusan hari dalam misi, Tito mengajukan hal yang belum pernah dicoba sebelumnya, yakni mengirim satu pria dan satu perempuan, diutamakan pasangan yang sudah menikah.
Tito mengakui ada banyak tantangan yang harus dihadapi dalam misi ini. Namun, diskusi Tito dengan Paragon Space Development Corporation dan pakar medis dari Baylor College of Medicine menyatakan bahwa misi mungkin dilakukan.
Kajian untuk menyatakan misi ini mungkin dilakukan dengan penggunaan kapsul buatan SpaceX. Nantinya, masih perlu dipikirkan bagaimana mendukung kehidupan selama misi, termasuk perlindungan awak dari radiasi.
Menurut Tito, 'Inspiration Mars' merupakan sebuah misi kemanusiaan. Ia mengaku tidak meraup keuntungan dari misi tersebut. Dengan kata lain, pasangan yang nantinya terpilih mengikuti misi ini akan bebas biaya alias gratis.
Tito siap merogoh kocek pribadinya untuk mendanai Inspiration Mars Foundation selama dua tahun pertama. Baru kemudian, ia berharap sokongan dana dari pihak luar termasuk menyediakan roket dan kapsul luar angkasa.
"Ketika misi ini selesai dilakukan, aku mungkin bakal menjadi miskin," kata dia. Namun, meski tak mudah, Tito dan timnya optimistis 'Inspiration Mars' ini bakal berhasil.
Selain seorang multimiliuner, Tito juga merupakan turis antariksa pertama. Tahun 2001, ia membayar badan antariksa Rusia sebesar 20 juta dollar AS untuk terbang ke International Space Station dengan pesawat Soyuz. Saat itu ia berwisata selama delapan hari di antariksa.
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved