|
Headlines News :
Home » , » Kelebihan Vitamin C, Ini Bahayanya

Kelebihan Vitamin C, Ini Bahayanya

Written By. Admin on 11 Februari 2013 | 21.22

VeHealth - Vitamin C mungkin merupakan jenis vitamin yang paling laris di pasaran. Entah itu vitamin C murni atau produk minuman, permen, hingga makanan olahan yang menggunakan embel-embel mengandung vitamin C tinggi. Padahal vitamin C yang berfungsi sebagai penangkal racun tubuh pun tetap memiliki dosis.  

Jumlah ideal asupan perhari adalah 75 hingga batas toleransi 2.000 miligram. Pada pria khususnya, kelebihan vitamin C justru akan meningkatkan resiko batu ginjal. Demikian menurut penelitian terbaru dari Karolinska Institutet di Stockholm, seperti dilansir Daily Mail. 

Laura Thomas, pemimpin penelitian mengatakan jika vitamin C dengan dosis berlebih memang telah lama diduga dapat mengakibatkan gangguan pada ginjal. Ini karena vitamin C yang diserap tubuh akan disekresi dalam urin sebagai oksalat, salah satu komponen pembentuk kristal yang penyebab batu ginjal.

"Vitamin C merupakan bagian penting dari diet sehat. Namun efek vitamin C berlebih beresiko terhadap batu ginjal. Jika Anda sudah memenuhi kebutuhan vitamin C dari makanan, Anda tidak perlu menambahkan suplemen lagi." papar Thomas. Ia juga memberikan patokan jika segelas jus jeruk misalnya, mengandung 120 mg vitamin C. 
 
Tim penelitian yang dipimpin Thomas ini telah melakukan pengamatannya selama 11 tahun pada 22.000 obyek penelitian berusia paruh baya. Mereka rata-rata mengkonsumsi tablet vitamin C dengan dosis 500 hingga 1.000 miligram. Sebanyak 3,4 persen batu ginjal ternyata dikembangkan oleh mereka yang mengkonsumsi suplemen. Sedangkan non pengguna suplemen atau yang memperoleh vitamin C melalui buah dan sayuran hanya 1,8 persen.
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved