|
Headlines News :
Home » , » Manfaat Sauna Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Sauna Bagi Kesehatan Tubuh

Written By. Admin on 11 Februari 2013 | 21.19

VeHealth - Sauna adalah sebuah ruangan yang dihangatkan oleh udara panas atau uap. Banyak orang menggunakan sauna sebagai tempat untuk bersantai setelah berolahraga atau dipijat.
Sementara beberapa orang lainnya percaya bahwa sauna memberikan manfaat kesehatan seperti menurunkan berat badan, mencerahkan warna kulit dan mengurangi stres.

Mayoritas sauna terbuat dari kayu dan menyediakan tempat di mana Anda dapat duduk atau berbaring. Sauna menyediakan panas atau uap dalam tiga cara yaitu lampu inframerah, lampu infra merah jauh dan konvensional. Sauna konvensional menggunakan listrik atau kayu untuk menciptakan suhu panas. 

Beberapa sauna konvensional juga menampilkan tumpukan batu-batu panas yang membutuhkan penambahan air untuk menghasilkan uap. Sauna dengan lampu inframerah menggunakan lampu panas, sementara sauna inframerah jauh menggunakan keramik atau logam untuk menyediakan panas.

Seperti dilansir laman Livestrong, manfaat kesehatan yang didapatkan dengan melakukan sauna termasuk pengurangan stres dan meningkatkan sirkulasi darah. Duduk di sauna akan membuat Anda berkeringat dan meningkatkan denyut jantung Anda.

Beberapa orang menyatakan bahwa sauna membantu meringankan gejala flu seperti di daerah hidung atau dada dan merevitalisasi otot setelah melakukan olahraga yang berat. Banyak pula yang mengklaim bahwa sauna membantu meningkatkan suasana hati dan mood seseorang.
Menurut Harvard Health Publications, duduk di sauna umumnya baik untuk tubuh Anda. Namun mereka merekomendasikan agar Anda membatasi waktu di sauna untuk tidak lebih dari 15 sampai 20 menit.

Sementara itu, beberapa orang mengklaim bahwa duduk di sauna akan membantu membersihkan tubuh dari racun berbahaya dan polutan lingkungan, menghasilkan kulit yang lebih bercahaya serta menyingkirkan kuman yang dapat menimbulkan penyakit.

Ada pula yang mengklaim bahwa sauna akan membantu Anda menurunkan berat badan. Namun, menurut sebuah artikel di majalah Glamour, klaim tersebut tidaklah benar. Duduk di sauna beberapa menit tidak sama dengan berolahraga. Berat badan yang hilang saat berada di sauna adalah berat air.

Jika Anda memilih untuk menggunakan terapi panas sauna, beberapa tips ini mungkin akan membantu Anda. Yang pertama, pastikan terlebih dahulu Anda tidak memiliki masalah jantung atau pernapasan.

Kedua, jangan makan apa pun atau minum alkohol sebelum memasuki sauna dan minum 2-4 gelas air dingin setelah setiap sauna. Jika Anda merasa pusing, segera keluar dari sauna. Biarkan tubuh Anda mendingin secara bertahap sebelum Anda meninggalkan gym atau fasilitas lainnya.
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved