|
Headlines News :
Home » » Jangan Simpan Sayuran Ini di Kulkas

Jangan Simpan Sayuran Ini di Kulkas

Written By. Admin on 23 April 2012 | 16.00

Jangan Simpan Sayuran Ini di Kulkas
Kentang   
Menyimpan sayuran di lemari pendingin menjadi cara untuk menjaga kesegarannya. Namun, beberapa sayuran justru akan mudah busuk jika disimpan di kulkas.

Berbelanja bahan-bahan makanan segar di akhir pekan lantas menyimpannya di lemari pendingin memang lebih efisien, baik waktu, uang, maupun tenaga. Bagi sebagian sayuran mungkin demikian, tetapi beberapa jenis sayuran lainnya justru tidak bersahabat dengan suhu lemari pendingin.

Berikut lima sayuran yang sebaiknya tidak disimpan di kulkas.

1. Tomat
Tomat bisa dikatakan buah, tapi lebih mendekati sayuran. Bila Anda pernah menanam tomat, tanaman ini cenderung lebih menyukai udara panas dibandingkan udara dingin. Lemari pendingin bukanlah tempat yang ideal untuk menyimpan tomat, yang hanya akan membuatnya cepat busuk.

Bila disimpan di kulkas, tomat memang akan tetap baik untuk dimasak, tetapi kurang segar dikonsumsi. Daripada dalam kulkas, lebih baik letakkan tomat di atas lemari atau kabinet dapur, tetapi jauh dari cahaya matahari langsung.

2. Basil
Basil punya karakter yang mirip tomat dalam hal penyimpanan. Lebih baik simpan basil di atas kabinet dapur dan patahkan setiap Anda membutuhkannya dalam resep.

Sementara itu, seikat basil bisa Anda celupkan di dalam sebuah gelas berisi air, seperti ketika Anda menata bunga dalam vas. Ganti air setiap hari atau dua hari dan jauhkan dari cahaya matahari langsung. Menutupinya dengan tas plastik akan menjaga kelembapan basil, tapi pastikan ada sedikit lubang agar udara segar bisa masuk.

3. Kentang
Kentang menyukai udara sejuk, tetapi bukan dingin. Suhu udara terbaik untuk menyimpan kentang sekira 7 derajat celcius, sekira minus 12 derajat celcius lebih hangat ketimbang suhu rata-rata kulkas.

Lebih baik simpan kentang dalam kantong kertas di ruangan sejuk seperti dapur. Mengapa kertas? Kertas memungkinkan kentang bisa bernapas ketimbang plastik, jadi tidak mudah mengeluarkan akar. Sementara, menyimpan kentang dalam suhu dingin akan meningkatkan kandungan gula di dalamnya, dan akhirnya berpengaruh pada rasa, tekstur, juga cara memasaknya.

4. Bawang
Bawang sejatinya tidak memiliki kulit tipis yang melindunginya saat keluar dari tanah. Untuk mengeringkan kulit luarnya, bawang perlu disimpan di lingkungan kering seperti dapur, bukan dalam kulkas.

Kurangnya sirkulasi udara juga dapat membuat bawang rusak. Menyimpannya berdekatan dengan kentang juga dapat membuang bawang cepat rusak karena kentang mengeluarkan gas yang melembapkan alias merusak bawang. Simpan bawang di tempat yang sejuk, kering, gelap dan memiliki ventilasi udara yang baik (cahaya berlebih dapat membuat bawang menjadi pahit).

5. Alpukat
Alpukat tidak akan matang sampai ketika dipetik dari pohon. Jika Anda membeli alpukat yang keras, jangan menyimpannya di kulkas karena akan memperlambat proses pematangan. Namun jika Anda membeli alpukat yang telah matang, maka menyimpannya di kulkas dapat mengawetkannya agar tidak menjadi busuk.

{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved