|
Headlines News :
Home » » Sejarah Singkat Power Metal

Sejarah Singkat Power Metal

Written By. Admin on 19 April 2012 | 09.37

PowerMetal
powermetal
Power berarti tenaga atau suatu kekuatan dan metal adalah benda yang mengandung unsur logam besi serta memiliki sifat dasar besi yang kuat. Hampir semua benda kerja yang membutuhkan kekuatan di sepanjang sejarah peradaban manusia selalu terbuat dari logam metal. PowerMetal mengekspresikan musik yang harus disertai dengan suatu energi atau tenaga yang kuat. Sehingga aromanya, cirinya, atau nuansa musiknya merupakan sesuatu yang serba kuat. Sifat metal yang tidak mudah ter-deformasi atau dibentuk ulang dan dirubah bentuk ini juga menggambarkan kegigihan dan eksistensi PowerMetal dalam mengarungi dunia musik di Indonesia.

Tapal kuda selalu terbuat dari logam metal terbaik dan digunakan sebagai landasan kaki kuda, hewan yang tersohor kekuatan dan kecepatannya serta identik dengan kekuatan atau power serta ketangguhannya. Bahan yang digunakan dalam tapal kuda terbuat dari logam metal, di mana metal adalah unsur yang paling kuat. Karna itulah, kekuatan metal ini menggambarkan kekuatan musik speed metal yang sangat dahsyat dan kekuatan PowerMetal itu sendiri untuk meramaikan sekaligus memberi pengaruh warna musik di Indonesia.
Tali tambang merupakan simbol dari ikatan yang sangat kuat untuk mempersatukan sesuatu agar tidak bercerai berai. Tali tambang ini melambangkan ikatan erat antar personel-personel PowerMetal untuk satu kekuatan yang solid. Tali tambang ini juga melambangkan ikatan persaudaraan penggemar musik metal dan PowerMetal yang kuat dan tidak akan tercerai oleh waktu.

PERJALANAN PowerMetal

Sejarah PowerMetal tak bisa lepas dari ajang festival musik bergengsi yang diadakan oleh Log Zhelebour. Festival yang dimulai tahun 1984 ini telah berhasil mencetak beberapa grup Rock yang melegendaris dan salah satunya adalah PowerMetal yang merupakan jebolan Festival Rock Log Zhelebour tahun 1989.

PowerMetal pertama kali dibentuk dengan nama Power Band dengan formasi awal Totty M. (vokal), Ipunk (gitar), Pras Hadi (bass), Raymond (keyboard), dan Mugix (drum). Namun formasi tersebut berubah dengan digantikannya posisi vokal oleh Pungky Deaz dan bass oleh Hendix Sanada dan selain itu nama bandnya pun berubah menjadi PowerMetal. Pergantian anggota dan nama tersebut menjadi awal dari kiprah PowerMetal di blantika Rock Indonesia. Nama mereka menjadi terangkat ke permukaan pada saat mereka menjadi juara 1 pada Festival Rock Log Zhelebour tahun 1989. Setelah itu mereka tur 10 kota dan mengeluarkan album pertama, Power One.

PowerMetal sampai saat ini telah menjalani perjalanan panjang yang penuh suka dan duka tetapi terbukti dapat dihadapi dengan tegar. Banyak kegetiran, hambatan, dan halangan yang mereka alami sepanjang perjalanan panjangnya, namun ketegaran PowerMetal meniti perjalanannya tak pernah terlepas dari cinta dan dukungan para fans setianya. Kini PowerMetal kembali dan selalu terbukti kembali datang untuk menorehkan jejak kakinya dan melanjutkan langkahnya untuk mewarnai serta menggebrak dunia musik Rock Indonesia.

Dengan formasi terkininya (Arul-vokal, Ipunk-gitar, Luky-gitar, Baba-bass, Sastro-keyboard, Eko-drum) untuk semakin menonjolkan genre speed metal, PowerMetal meluncurkan album ke 9, Power IX (Juli, 2010). Masih mengusung power speed metal plus nada vokal yang tinggi, PowerMetal menyuguhkan ciri khasnya dengan lebih garang melalui double guitar layaknya band heavy power speed metal kelas dunia. Dengan diluncurkannya album ke 9 ini, PowerMetal kembali menorehkan jejaknya serta menggaungkan namanya, menggebrak kembali dunia musik Rock Indonesia.

PENCAPAIAN
  •     Juara pertama Festival Rock Remaja se-Jawa Timur di Lumajang (1987)
  •     Juara pertama Festival Rock se-Jawa di Kediri, Jawa Timur (1988)
  •     Juara pertama Festival Rock se-Jawa Bali (1988)
  •     Juara pertama Festival Rock Log Zhelebour V se-Indonesia (1989)
  •     The Best Bassist Festival Rock Log Zhelebour V se-Indonesia (1989)
  •     Opening Act Tur Rakasasa God Bless (1990)
  •     Pendatang Baru Terbaik di ajang BASF Awards (1991)
  •     Album Power One terjual lebih dari 300.000 copy (1991)
  •     Opening Act Konser Rock Sepultura di Surabaya (1992)
  •     Opening Act Konser Rock Helloween di Surabaya (2004)

Tak terhitung sudah berapa banyak show, promo album, dan perform di berbagai event yang telah dijalankan Power Metal selama ini, baik di ibukota maupun kota-kota lainnya, dari event sederhana hingga festival taraf nasional. Mengiringi kesuksesan perjalanan panjang bermusik hingga saat ini 23 tahun lebih, PowerMetal dari tahun ke tahun sepanjang perjalanannya telah merilis sejumlah album dan merangkul fans mereka yang kian bertambah di berbagai kota di Indonesia dan di luar negeri.

Video Live Performance PowerMetal - Timur Tragedi (courtesy : youtube.com)
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved