|
Headlines News :
Home » , » Kondisi Kantor yang Membuat Konsentrasi Turun

Kondisi Kantor yang Membuat Konsentrasi Turun

Written By. Admin on 14 Januari 2013 | 20.49

VeHealth - Jika Anda tidak tidur semalam, rasa kantuk sangat mungkin terjadi. Ini tentu juga mempengaruhi konsentrasi kerja. Setumpuk pekerjaan di kantor pun tidak dapat mengusir rasa kantuk ini. Namun, kurangnya waktu istirahan bukan satu-satunya faktor penurun konsentrasi. Rasa tidak fokus ini ternyata juga bisa disebabkan karena polusi di ruangan kantor.
Para ilmuwan Amerika menemukan, jika tingkat karbon dioksida di kantor akan berdampak pada kelelahan dan penurunan konsentrasi, atau kemampuan dalam pengambilan keputusan. 
Penghasil karbon dioksida, tidak lain karena padatnya populasi orang di dalam ruangan. Juga ventilasi buruk yang mempengaruhi pergantian udara dalam ruangan. Penelitian yang dilakukan di Lawrence Berkeley National Laboratory, University of California ini juga mengatakan bahwa konsentrasi karbon dioksida di gedung perkantoran biasanya tidak melebihi 1.000 ppm. Kecuali di ruangan rapat, yang melebihi ukuran tersebut. Maka tidak heran jika banyak orang yang merasa tidak betah berada di ruangan tersebut. 
Hal lain yang juga mengakibatkan otak kehilangan kemampuan untuk berkonsentrasi adalah asap-asap kendaraan selama dalam perjalanan dan asap pembakaran yang berasal dari tembakau. 
Kondisi ini memang tidak berpengaruh pada kesehatan secara langsung, hanya saja berefek pada kelelahan dan penurunan konsentrasi tadi. Pada studi ini, para peneliti melibatkan banyak relawan untuk meneunjukkan penurunan tingkat konsentrasi pada tingkat karbon dioksida 1.000 ppm. Konsentrasi ini terlihat semakin menurun saat karbon dioksida naik hingga 2.500 ppm. 
Peneliti mengatakan, kondisi seperti ini juga dapat terjadi pada siswa di dalam kelas yang menampung banyak murid. Sangat mungkin mereka tidak dapat menerima pelajaran dengan baik, demikian seperti dikutip Daily Mail.  
Pada studi yang kemudian dipublikasikan dalam jurnal Environmental Health Perspectives, peneliti memberikan solusi cepat untuk mengembalikan konsentrasi. Mencari udara bersih dan segar di luar ruangan, atau membuka sedikit jendela di ruangan kerja Anda.
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved