|
Headlines News :
Home » , » Tujuh Kiat Cegah Penularan Infeksi Kulit di Pusat Kebugaran

Tujuh Kiat Cegah Penularan Infeksi Kulit di Pusat Kebugaran

Written By. Admin on 28 Januari 2013 | 21.12

VeHealth - Panjang usia adalah idaman setiap manusia. Tak sedikit individu mendapatkan kesehatan dengan berolahraga di berbagai pusat kebugaran. Namun ternyata lokasi kebugaran pun rentan penularan infeksi kulit.

Dalam hal ini, peralatan olahraga menjadi sarana yang mempermudah perpindahan kuman dan bakteri. Menurut Dr. Michael Triangto, SpKO, Spesialis Kedokteran Olahraga, alat-alat olahraga tak selalu memungkinkan dibersihkan usai dipergunakan.

Kondisi itu berpotensi menjadi sumber penularan penyakit kulit atau penyakit lain. Ini juga disebabkan karena terjadi kontak langsung dengan bagian tubuh. Dengan kata lain, kulit yang terpapar dengan 'bekas' cairan tubuh orang lain akan memudahkan terjadinya infeksi kulit.

Hal tersebut dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang bervariasi, mulai dari gatal-gatal hingga abses. Tak hanya pertukaran bakteri melalui keringat dan kulit saja, faktor lain seperti daya tahan tubuh, tingkat kelelahan, serta adanya luka lecet atau luka terbuka juga turut menyumbang penularan infeksi.

"Terjadinya luka tak selalu disadari dan hal itu disebabkan oleh gesekan alat beban yang terlampau berat, sehingga menggesek kulit. Hal ini menimbulkan luka di daerah telapak tangan tengkuk, dada, paha, atau pun kaki," kata Dr. Michael.

Guna menghindari penularan infeksi, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini.

- Berlatihlah sesuai tujuan agar terhindar dari kelelahan yang berlebihan yang memicu penurunan imunitas tubuh.

- Saat tubuh dalam kondisi tidak fit, sebaiknya jangan berlatih di pusat kebugaran. Ini juga untuk menghindari penurunan daya tahan tubuh.

- Untuk pencegahan, gunakan pakaian yang mampu menutup tubuh agar tak terjadi kontak langsung dengan cairan tubuh orang lain.

- Membersihkan peralatan berlatih dengan lap bersih. Akan lebih baik membersihkan menggunakan tissue beralkohol.

- Gunakan alas (handuk besar) sebagai alas saat berbaring atau saat menggunakan alat di pusat kebugaran.

- Usai berlatih, jangan biarkan keringat atau baju mengering di tubuh. Akan lebih baik jika membilas tubuh dengan air mengalir dan gunakan sabun antiseptik agar tubuh semakin bersih.

- Aktif menjaga kesehatan dengan menjaga pola hidup sehat, mengkonsumsi makanan sehat, dan asupan suplemen yang dibutuhkan.
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved