|
Headlines News :
Home » , , » Jauhi Makanan Penyebab Alergi Ini

Jauhi Makanan Penyebab Alergi Ini

Written By. Admin on 23 Januari 2013 | 05.49

VeHealth - Alergi atau hipersensitivitas merupakan reaksi yang terjadi akibat kegagalan sistem kekebalan tubuh. Kondisi seperti ini biasanya diturunkan secara genetik. Pemicunya beragam. Mulai dari debu, bulu binatang, tungau dan polusi udara. Selain faktor eksternal ini, alergi juga dipicu oleh zat makanan asing yang tidak dapat diterima tubuh.

Jika Anda merasakan gatal-gatal, kulit kemerahan, pembengkakan di bagian tubuh tertentu, kepala pusing, muntah, bahkan diare, ini dapat menunjukkan gejala alergi makanan.

Berikut makanan yang memungkinkan mencetuskan alergi seperti dikutip dalam Times of India:

Makanan laut

Ini merupakan penyebab umum alergi. Biasanya disebabkan karena mengonsumsi kepiting, lobster, atau udang. Ada pula alergi yang disebabkan karena ikan tuna. Alergi ini akan terjadi seumur hidup, efeknya, tubuh tidak dapat menerima makanan laut lagi.

Kacang Kedelai
Walau jarang terjadi, alergi ini termasuk alergi terburuk karena tubuh tak toleran pada laktosa dari kedelai. Penyebabnya karena sistem kekebalan tubuh menganggap protein kedelai sebagai zat berbahaya. Gejalanya seperti gatal hingga menyebabkan eksim, pilek, sakit pada perut hingga diare.

Cokelat

Alergi coklat bukan disebabkan karena kandungan atau komposisi di dalamnya, melainkan ada hal lain yang mencetus reaksi ini. Cokelat terbuat dari biji kakao yang telah melewati hasil penggilian, kemudian dicampur dengan susu, kedelai atau bahan lain. Dan inilah yang mencetuskan timbulnya reaksi alergi. Gejalanya beragam, mulai dari gatal, ruam hingga masalah penafasan.

Kacang

Hingga saat ini penyebab alergi kacang belum diketahui pasti. Umumnya mereka yang terkena serangan alergi ini akan memunculkan gejala seperti kulit kemerahan, kesemutan, muntah, serta diare. Gejala akan muncul sesaat setelah alergen diterima tubuh.

Jeruk

Reaksi yang ditimbulkan akibat mengonsumsi jeruk dapat menyebabkan masalah pencernaan, gatal, dan pembengkakan. Kemungkinan reaksi ini dipicu karena Anda alergi pada kandungan asam citiric atau asam askorbat yang ada pada buah jeruk.
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved