|
Headlines News :
Home » » 11 Makanan penangkal kantuk saat begadang

11 Makanan penangkal kantuk saat begadang

Written By. Admin on 17 Maret 2013 | 21.09


Begadang tidak dilarang asal ada tujuannya. Apalagi jika Anda harus belajar sebelum ujian atau terpaksa bekerja sepanjang malam untuk menyelesaikan tugas. Dengan demikian, Anda perlu makan makanan yang dapat membantu Anda tetap terjaga. Makanan yang dapat melawan kantuk biasanya memiliki beberapa karakteristik yang berbeda. Yang terpenting adalah makanan tersebut harus rendah glisemik atau mengandung sedikit gula. Berikut adalah tujuh makanan penangkal kantuk saat begadang, seperti dilansir Boldsky.

1. Kopi
Kafein hadir dalam minuman seperti kopi yang mampu merangsang otak untuk tetap terjaga. Stimulan ini membantu Anda tetap terjaga di malam hari. Tetapi, terlalu banyak minum kopi dapat menyebabkan gangguan tidur permanen lho. Jadi, jangan lakukan kebiasaan ini berulang-ulang. Lakukan saat Anda memang benar-benar membutuhkannya.

2. Telur
Telur memiliki jumlah kolin yang sangat tinggi dan dapat mempercepat metabolisme tubuh. Hal ini membuat Anda memiliki banyak energi untuk melawan kantuk.

3. Teh tanpa gula
Teh mengandung kafein dan nikotin. Tetapi, Anda harus minum teh tanpa gula untuk tetap bisa terjaga semalaman. Gula memberikan memang energi instan, tetapi membuat Anda merasa mengantuk setelah beberapa saat.

4. Buah pisang
Pisang adalah makanan terbaik untuk Anda, bila Anda ingin tetap terjaga semalaman. Pisang memberikan energi instan untuk bekerja di malam hari.

5. Tahu
Tahu adalah sumber protein yang sehat untuk tubuh. Tahu memiliki asam amino dan cukup ringan untuk perut Anda. Makanan ini dapat membantu Anda tetap terjaga dan tidak bikin gendut.

6. Sop ayam
Bila Anda ingin tetap terjaga, Anda bisa mengonsumsi daging tanpa lemak. Sup ayam hangat dipenuhi oleh asam amino sehat yang tidak akan menaikkan kadar gula darah Anda.

7. Kenari
Kenari memiliki banyak asam lemak omega-3 yang dapat memberikan Anda banyak energi untuk tetap terjaga dan waspada di malam hari.

8. Tomat
Tomat memiliki banyak kandungan Vitamin C. Nutrisi ini dapat memberikan tubuh Anda banyak energi dan membantu Anda memerangi kantuk.

9. Buah alpukat
Buah alpukat yang tidak manis sangat ideal untuk membuat tubuh Anda tetap terjaga dan segar ketika begadang. Alpukat juga memiliki kandungan gula yang sangat sedikit lho. Jadi, itu tidak bikin Anda jadi gendut.

10. Apel
Apel membantu tubuh Anda menciptakan lebih banyak sel darah merah yang membawa oksigen sehingga dapat meningkatkan kapasitas darah Anda. Ketika banyak oksigen masuk ke tubuh Anda, Anda dapat tetap terjaga lebih lama. Apel juga kaya akan zat besi sehingga ampuh untuk memerangi kantuk.

11. Minum air
Ketika tubuh Anda terhidrasi, Anda tentu merasa lebih energik. Hal ini dikarenakan air juga dapat mempercepat metabolisme untuk memberi Anda lebih banyak energi. Jadi, pastikan Anda minum 8-10 gelas air dalam sehari untuk menghindari kantuk.

Inilah sebelas makanan yang dapat membantu Anda melawan kantuk saat begadang di malam hari. Selamat mencoba!

{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved