|
Headlines News :
Home » » 9 Tanda Anda Mengalami Dehidrasi

9 Tanda Anda Mengalami Dehidrasi

Written By. Admin on 17 Oktober 2012 | 21.45


Dehidrasi merupakan kondisi hilangnya air dan elektrolit seperti sodium, klorida dan kalium, yang diperlukan bagi tubuh untuk menjalankan fungsinya dan baik untuk kesehatan. Seperti yang dikutip dari All Women Stalk, penyebab utama dehidrasi umunya karena seseorang tidak minum cukup air.



Tanda-tanda Anda kurang minum air terkadang sulit dibedakan dengan gejala penyakit lainnya. Namun jika Anda merasakan dua atau lebih dari gejala berikut, mungkin saja Anda mengalami dehidrasi.


1. Mulut kering


Jika mulut terasa kering, ada kemungkinan Anda mengalami sedikit dehidrasi. Tetapi perlu diingat juga bahwa sebagian obat-obatan juga menyebabkan mulut kering. Jadi jika Anda mengalami tanda ini, mungkin bisa saja hanya efek samping dari obat, bukan dehidrasi sebenarnya.


2. Sakit kepala


Apakah Anda sering merasa sakit kepala? Mungkin saja ini merupakan tanda bahwa Anda kurang banyak meminum air. Terutama, jika sakit kepala dikombinasi dengan rasa letih yang luar biasa. Jadi, jika Anda mengalami sakit kepala, cobalah minum air sampai rasa sakit di kepala Anda hilang.


3. Warna urin keruh


Cobalah periksa warna urin Anda saat sedang buang air kecil. Jika urin berwarna kuning gelap atau, lebih parah lagi, cokelat gelap, itu artinya Anda mengalami dehidrasi. Segeralah minum lebih banyak air


4. Pusing


Pusing atau vertigo merupakan tanda lain Anda kurang minum air. Pusing bisa juga disebabkan oleh efek obat atau rasa kantuk, namun jika Anda merasakan pusing dan gejala lain seperti nyeri pada punggung dan pundak, itu tandanya Anda dehidrasi.


5. Lapar


Rasa lapar yang terus-menerus merupakan tanda lain Anda kurang minum air. Sebelum Anda memutuskan untuk maka, cobalah terlebih dulu untuk meminum segelas air. Jika rasa lapar mereda, itu artinya Anda hanya haus.


6. Mengantuk


Lesu dan mengantuk adalah bisa jadi tanda Anda tidak minum cukup air. Ini cara tubuh melambat untuk menghemat air. Sebagai rekomendasi, minum air dingin perlahan dan lihat apakah Anda kembali segar.


7. Kulit kering


Jika Anda merasa sudah sering menggunakan pelembab kulit, namun tetap bersisik dan kering, mungkin hal itu disebabkan oleh dehidrasi. Ingat, kulit yang sehat adalah kulit yang lembab.


8. Detak jantung meningkat


Jantung berdetak cepat dan berdebar merupakan salah satu tanda yang paling menakutkan dari dehidrasi. Kebanyakan orang dewasa memerlukan antara sekitar 2 liter air atau lebih setiap hari tergantung dari aktivitas, berat dan tinggi badan, serta gaya hidup.


9. Haus


Tentu saja ini gejala yang paling logis dari dehidrasi. Minumlah ketika Anda merasa haus atau merasa belum mencukupi kebutuhan air harian. Namun, jika Anda merasa sudah minum cukup air namun masih sering haus, bisa jadi itu tanda diabetes.


SUMBER
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved