|
Headlines News :
Home » » Tips Merawat Kuku sesuai jenisnya

Tips Merawat Kuku sesuai jenisnya

Written By. Admin on 29 Oktober 2012 | 22.28

 
Selain tangan dan kaki, kuku juga harus mendapatkan perhatian khusus. Tapi, ternyata merawat kuku tidak boleh sembangan dan harus sesuai dengan tipe kuku. Seperti apa perawatannya?
Untuk mendapatkan kuku yang sehat dan indah, kuku perlu dirawat secara tepat dan teratur. Kuku pun terdiri atas beberapa tipe, seperti, kering, rapuh, rusak, lembek, atau normal.
Berikut cara mengenali tipe kuku dan perawatan yang tepat sesuai dengan tipenya:
1.     Kuku Kering
Kuku tipe ini tidak berkilau, tampak kusam, dan agak kasar. Merawat kuku kering dengan cara merehidrasinya, yakni dengan memberikan vitamin E. Caranya, bukalah kapsul vitamin E dan gosokkan isinya langsung ke kuku setiap pagi dan petang.
Bisa juga membubuhi kuku dengan produk base coat (cat kuku khusus untuk lapisan dasar) yang berpelembab untuk menghidrasi kuku. Selain itu, cegah kuku kering dengan beralih dari sabun biasa ke sabun cair khusus untuk cuci tangan.
Hindari menggunakan cat kuku tipe pearlized, karena bahan yang terkandung di dalamnya bisa mendehidrasi kuku.
2.     Kuku Rapuh
Kuku tipe ini tidak melengkung sedikit pun ketika ditekan kedua sisi sampingnya. Kuku tipe ini tidak memiliki pelembab dan kelenturan, sehingga mudah pecah. Sebaiknya rawatlah kuku dengan minyak almond setiap malam menjelang tidur.
3.     Kuku Rusak
Kuku tipe ini menyerpih atau mengelupas, karena dehidrasi yang parah.
Untuk merawatnya, gunakan produk base coat khusus perawatan , tapi sebelumnya tutuplah bagian-bagian yang mengelupas dengan sedikit produk ini, kemudian setelah kering barulah dilakukan pengolesan yang merata.
Anda juga dapat menggunakan cuticle oil dua kali sehari, agar sel-sel yang baru dapat menembus ke dasar kuku dalam keadaan yang sehat.
4.     Kuku Lembek
Kuku tipe ini akan menekuk ketika mendapat sentuhan ringan saja, dan jarang tumbuh lebih panjang dari ujung jari.
Cara merawatnya dengan mengolesi kuku dengan nail hardener, atau menggosok kuku dengan sedikit minyak esensial alami. Selalu pakai sarung tangan ketika melakukan pekerjaan mencuci dan oleskan hand cream setiap kali selesai cuci tangan.
5.     Kuku Normal
Kuku tipe ini sedikit melengkung ketika ditekan, berwarna pink, dan berkilau serta tumbuh dengan mudah. Usahakan menjaga kenormalan kuku Anda dengan melembabkannya secara teratur dengan hand cream dan hindari memakai deterjen yang keras, serta air yang sangat panas.

sumber

{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved