|
Headlines News :
Home » , » Apakah Bisnis Online Harus Memiliki Website?

Apakah Bisnis Online Harus Memiliki Website?

Written By. Admin on 03 Oktober 2012 | 16.06



Prinsip sederhana bisnis adalah punya produk yang dijual dan tempat untuk menjual produk tersebut serta bagaimana cara menjual produk di tempat tersebut. 

 Fungsi utama website adalah tempat untuk menjual produk, namun lebih dari itu website menyediakan sistem pemasaran produk yang bisa dikustomisasi sesuai keinginan pemiliknya. Selain di website milik sendiri, tempat menjual produk secara online, bisa di tempat lain. Tempat tersebut antara lain: sosial media, forum, marketplace dan iklan komersil online. Sosial media diantaranya adalah Facebook dan Twitter. Di Facebook Anda bisa membuat fans page sesuai produk yang dijual, di fans page anda bisa menjual produk dan berinteraksi langsung dengan pelanggan. Di Twitter Anda bisa membuat akun bisnis Anda, lalu mencari follower dan menjual produk kepada follower-follower tersebut. 

 Tempat kedua adalah forum. Di forum biasanya tersedia sub forum jual beli, di sana Anda bisa membuka lapak jualan sesuai produk yang Anda jual. Forum biasanya menyediakan kategori khusus produk yang Anda jual. Di Indonesia, forum yang sangat terkenal untuk tempat jual beli adalah di Kaskus. Dengan mendaftar di Kaskus secara gratis, Anda bisa mulai berjualan. Kelebihan memasarkan produk di forum, kita bisa mengumpulkan testimonial dari pembeli yang sangat efektif membantu pemasaran. 

 Tempat ketiga adalah marketplace. Marketplace adalah sebuah website khusus yang dirancang untuk terjadinya proses jual beli online. Di Indonesia sendiri ada banyak marketplace yang sudah cukup terkenal, diantaranya adalah: Indonetwork, Toko Bagus, Berniaga, Multiply, Plasa, Tokopedia, Rakuten, dsb. Masing-masing marketplace punya ketentuan masing-masing. Kelebihan marketplace adalah, fasilitas untuk berbisnis sudah tersedia dengan sempurna, karena memang dirancang untuk itu. 

 Tempat keempat adalah iklan online. Iklan online artinya Anda membayar slot iklan di media-media online untuk memasarkan produk Anda. Jika anda tidak memiliki website, anda hanya menampilkan produk, alamat dan nomor kontak di tampilan iklan tersebut. Calon pembeli yang tertarik bisa menghubungi Anda. Strategi Smart Meski tidak memiliki website juga sudah bisa berbisnis online, akan tetapi alangkah baiknya Anda memiliki website sebagai aset bisnis online Anda. 

 Website adalah aset yang sangat penting dalam bisnis online, semakin lama suatu website nilai asetnya semakin mahal, mirip dengan properti. Media-media pemasaran lain bisa anda gunakan sebagai saluran pemasaran dari website tersebut. Ibaratnya website itu adalah terminal, dimana sosial media, forum, marketplace, dan iklan merupakan angkutan-angkutan umum yang membantu menarik penumpang datang ke terminal. Sosial media, forum, marketplace dan iklan hanyalah saluran pemasaran, kesemuanya tidak bisa kita kendalikan. Jika kebijakan mereka berubah atau tutup, bisnis kita akan ikut terkena dampaknya. Lain halnya jika kita memiliki website, apapun yang terjadi pada saluran pemasaran website kita masih tetap ada, pelanggan lama bisa langsung datang ke website.


{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved