|
Headlines News :
Home » , » Kopi Gading Hitam, dari Kotoran Gajah

Kopi Gading Hitam, dari Kotoran Gajah

Written By. Admin on 19 Oktober 2012 | 11.31

VeHealth - Kopi luwak dikenal sebagai jenis kopi paling mahal di dunia. Kini, kopi luwak punya saingan, kopi dari kotoran gajah atau dikenal dengan kopi gading hitam. Untuk memperoleh satu kilogram kopi ini, Anda harus merogoh kocek sebesar 1.100 dollar  atau Rp10,5 juta. Artinya, secangkir kopi ini dihargai Rp480 ribu.

Ya, saat ini itulah yang terdapat di menu di empat resort Maladewa dan satu di Thailand. Hotel Anantara, Resorts dan Spasproperties menawarkan Black Ivory Coffee yang dapat diartikan kopi gading hitam merupakan minuman khusus yang dibuat dengan biji kopi yang telah dicerna dan disempurnakan secara alami oleh gajah Thailand.

Penelitian menunjukkan bahwa selama proses pencernaan, enzim gajah memecah protein kopi. Protein merupakan salah satu faktor utama yang bertanggung jawab atas rasa pahit kopi. Protein yang lebih sedikit berarti hampir tidak ada rasa pahit pada kopi.

Proses off-kilter tersebut melahirkan biji kopi dengan kualitas khusus. Hanya sekitar 50 kilogram biji kopi yang tersedia untuk dijual. Harganya US$1.100  per kilogram atau sekitar US$50 per cangkir.

Tentu saja, gagasan ini mungkin meniru kopi luwak, yang merupakan minuman di Asia Tenggara juga dibuat dari buah kopi yang melewati saluran pencernaan dari luwak sawit Asia. Namun, harganya masih dibawah kopi gading hitam ini.

Kopi bukan satu-satunya minuman yang berhubungan dengan bisnis kotoran hewan. Awal tahun ini, seorang pengusaha Cina sempat mengumumkan ia berencana untuk menjual teh hijau organik yang tumbuh pada kotoran panda dengan harga lebih dari 200 dolar atau Rp1,9 juta per cangkir. (ka)


Sumber: viva.co.id
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved