|
Headlines News :
Home » , » Efek Buruk Konsumsi Suplemen dengan Obat Resep

Efek Buruk Konsumsi Suplemen dengan Obat Resep

Written By. Admin on 02 November 2012 | 05.36

VeHealth - Apabila Anda mengonsumsi obat dari dokter dan juga suplemen, sebaiknya berhati-hati. Sebuah studi mengungkap adanya efek negatif dari konsumsi keduanya secara bersamaan.

Terutama, konsumsi suplemen herbal untuk kesehatan atau diet seperti echinacea, kalsium atau zat besi bersama dengan obat dari resep dokter. Suplemen lain, yang terbuat dari biji rami, magnesium atau ginkgo juga diketahui dapat berakibat buruk pada tubuh jika dikonsumsi bersama dengan obat-obatan lain.

Penelitian yang dilakukan tim dari  Universitas Exeter juga menemukan konsumsi obat alternatif dengan obat  dokter dapat menyebabkan masalah ringan hingga berbahaya seperti  gangguan jantung, nyeri di dada, perut, dan sakit kepala. Khususnya, pada orang-orang yang sedang mengonsumsi obat dari dokter yang fungsinya untuk mengobati sistem kardiovaskular dan pusat saraf.

Dalam hal ini, termasuk mengonsumsi warfarin, insulin, aspirin, digoksin, dan ticlopidine yang dilaporkan memiliki jumlah interaksi negatif terbesar jika dikombinasikan dengan obat-obatan serta suplemen. Mengombinasikan keduanya akan mempengaruhi proses beberapa jenis obat yang diserap, didistribusikan, dimetabolisme, dan dieliminasi oleh tubuh.

Namun, para ilmuwan mengatakan, temuan mereka ini bukan untuk menakut-nakuti. Mereka berkata bahwa pasien perlu menyadari risiko kesehatan dengan mengombinasikan konsumsi obat dan suplemen.

Hal tersebut juga menunjukkan obat-obatan herbal dan botani cenderung memiliki efek samping yang lebih besar. Ini jika dibandingkan dengan suplemen diet lainnya seperti vitamin, mineral, dan asam amino.

"Survei telah menunjukkan bahwa banyak orang yang mencoba obat-obatan alami untuk mencegah maupun mengobati segala macam penyakit. Karena itu, banyak ahli yang menyetujui bahwa potensi terjadinya interaksi akibat mengombinasikan obat-obatan dan suplemen sangat besar," ujar Edzard Ernst dari profesor emeritus dari Universitas Exeter dikutip dari Daily Mail.

Ia juga mengatakan, meskipun hal ini masih terus diteliti, banyak pula pasien yang mengaku mengalami kerugian dan tanda-tanda negatif akibat penggunaan obat herbal serta obat dari resep dokter. Profesor Ernst juga menambahkan bahwa publik saat ini memang belum tahu efek dari konsumsi obat dokter dan suplemen secara bersamaan.
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved