|
Headlines News :
Home » , » Pengguna Internet Indonesia Capai 61 Juta

Pengguna Internet Indonesia Capai 61 Juta

Written By. Admin on 16 November 2012 | 22.59




Indonesia adalah salah satu negara yang adopsi teknologi dan internetnya sedang berkembang. Data terbaru dari MarkPlus Insight menyebutkan, jumlah pengguna internet di Indonesia kini sudah mencapai 61 juta user.

Jika diprosentasekan, angka tersebut naik 10 persen dibanding data hasil survei MarkPlus Insight tahun 2011. Saat itu jumlah pengguna internet di Indonesia tercatat ada 55 juta.

Total penetrasi pengguna internet Indonesia tahun ini tercatat mencapai 23,5%. Seperti dikutip dariDailySocial, data tersebut diperoleh MarkPlus Insight lewat survei terhadap 2151 orang yang berusia 15-64 tahun, dengan strata sosial ABC dan bertempat tinggal di 11 kota besar di Indonesia.

Dari survei tersebut terungkap bahwa pengguna internet di Indonesia didominasi oleh kalangan middle class. Sejumlah perilaku juga terungkap lewat survei tersebut, antara lain 40% pengguna internet di Indonesia (24,2 juta orang) mengakses Internet lebih dari 3 jam setiap harinya.

Temuan lain dari survei ini adalah mayoritas pengguna Internet di Indonesia mengakses Internet dari notebook, netbook, tablet dan perangkat seluler mereka. Jumlahnya tercatat mencapai 95% (58 juta orang). Belanja online tampaknya belum terlalu diminati, menurut survei hanya 3,7 juta orang (6%) yang pernah melakukan transaksi e-commerce.

Bagaimanapun, data dari MarkPlus ini mungkin tidak 100 persen akurat. Jumlah pengguna internet Indonesia terkadang masih diperdebatkan karena belum dapat diukur dengan tepat. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) sendiri belum memiliki data pasti di situsnya, data terakhir yang ditampilkan hanya data tahun 2007.

Yang pasti, sebagian besar pengguna internet Indonesia menggunakan internet untuk keperluan jejaring sosial, termasuk mengakses Facebook dan Twitter. Data dari SocialBakers per Jumat (16/11/2012) menunjukkan jumlah pengguna Facebook Indonesia sudah mencapai 50,4 juta, berada di peringkat ke-4 setelah Amerika, Brazil dan India. Kelompok terbesar pengguna Facebook di Indonesia berusia 18-24 tahun dengan jumlah user 21,7 juta. Sementara pengguna Twitter per Juni 2012 sudah mencapai 29,4 juta, menurut data dari Semiocast



{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved