|
Headlines News :
Home » , » Apa itu Twitter dan Cara Menggunakannya

Apa itu Twitter dan Cara Menggunakannya

Written By. Admin on 30 April 2013 | 22.24



Twitter adalah salah satu layanan social networking yang termasuk dalam kategori Microblogging. Atau ngeblog singkat dalam satu paragraf (maksimal 140 huruf) dalam satu posting. Jika di ibaratkan, kalau Facebook itu main bola, maka Twitter adalah main futsal. Kalau Blogging itu membuat rumah, maka Microblogging itu membuat kandang ayam.

Di Indonesia kita menyebutnya dengan Update Status. Berbeda dengan Facebook, Update Status di Twitter tidak bisa di komentari secara langsung. Namun pada perkembangannya Twitter sering diidentikkan dengan jejaring sosial (meski diragukan) yaitu dengan menambah banyak follower (pengikut).

Pada Oktober 2009, di sela-sela konferensi Web 2.0 di San Fransisco, salah satu pendiri Twitter, yaitu Evan Williams, menegaskan bahwa Twitter bukan situs jejaring sosial tapi lebih ke jejaring informasi untuk menyebarkan berita terkini keseluruh belahan dunia.

Tujuan lain dari twitter adalah untuk menyediakan layanan online (bukan chat) untuk teman-teman Anda, keluarga, kolega atau rekan kerja agar selalu terjalin komunikasi dan tetap terhubung meski dipisahkan oleh jarak. Dengan menggunakan Twitter, anda bisa mengirimkan informasi singkat kepada teman-teman Anda yang mengikuti (Following) akun Twitter Anda. 

Setelah Facebook, di Indonesia sekarang sedang booming Twitter. Beberapa kali kita melihat berita di TV pasti mereka menyertakan alamat Twitter nya. Setelah sebelumnya juga mencamtumkan alamat Facebooknya. Bahkan beberapa kali gosip selebritis atau berita berita  terbaru bersumber dari kicauan kicauan para tweeters didunia maya.

Istilah-istilah dan Pengertian didalam Twitter


TWEET atau nge-TWEET
Tweet sebenarnya adalah update status terbaru di Twitter, tetapi banyak juga yang menyebutnya dengan tweet. Sama halnya seperti difacebook kita menyebutnya dengan update status.

RT = Re-Tweet
Di Twitter.com kita akan menemukan istilah seperti: RT = Re-Tweet. Artinya And me-Tweet ulang update status orang lain. Dengan tujuan mungkin untuk mengomentari Update nya. Atau sekedar mempublikasikan ulang tweetnya karena mungkin ia mengispirasi Anda. Atau mungkin alasan lain… 

Fav
Fav atau favorit, Anda memberi tanda bintang pada tweet yang diposting. Jadi Anda bisa melihat tweet itu kapan saja karena tetap tersimpan di menu fav. Kecuali tanda bintang sudah dihapus, maka fav tersebut tak tersimpan lagi.

DM
DM = Direct Message. Semacam mengirim email kepada teman Twitter Anda. Ini tidak akan di publikasikan di timeline. Atau didalam facebook diibaratkan Inbox

MENTION
Mentions artinya ada follower yg membalas atau memposting sesuatu ke akun twitter Anda. Mention biasanya bertanda @nama-id ,dapat juga dibaratkan pesan dinding di facebook.

Followers dan Following
Apa itu Followers dan Following? Followers adalah orang atau teman yang mengikuti kita di Twitter. Mereka bisa menerima atau membaca semua tweet atau update status kita. Dan jika kita mengikuti (follow) seseorang, kita menjadi follower mereka, dan menerima tweet mereka di homepage kita, atau di hape, atau aplikasi seperti Tweetie, Twitterberry atau aplikasi lainnya yang kita pakai.

Sedangkan Following adalah daftar orang-orang atau teman-teman yang kita ikuti akunnya. Berarti kita akan menerima update atau tweet mereka di timeline kita. Jika Anda mengikuti @tweetdetik, Anda akan menerima tweet-nya di home page ketika log in, atau di hp jika sudah ditambahkan Twitter di dalamnya. Status Follower dan Following terdapat di halaman Profile. Orang yang kita follow juga bisa mengirimi kita tweet rahasia (private tweet) dan pesan langsung (direct messages)

Hashtag atau # 
Penggunaan simbol hashtag # diikuti kata kunci atau frase yang relevan (tanpa spasi) di tweet untuk menggolongkan tweet dan membantu menampilkannya dengan lebih mudah di Pencarian Twitter.  Sebagai contoh, kita men-tweet sesuatu tentang teknologi komputer, maka bila anda ingin orang lain menemukan tweet anda ditwitter maka tambahkan hashtag  #komputer di awal atau tengah atau juga akhir tweet anda. Hashtag juga bisa untuk mempopulerkan kata kunci yang berhubungan langsung dengan akun twitter anda dengan sesuatu hal yang menjadi topik hangat didunia twitter.

FOLLBACK
FollBack ialah istilah untuk mengikuti kembali "FOLLOW BACK" sebuah akun twitter. Istilah seperti ini sering kita lihat di tweet dan hashtag akun twitter seseorang yang mempunyai jumlah following dan followers yang hampir sama jumlahnya. Biasanya tipe akun twitter seperti ini hanya mengunakan twitter untuk kesenangan saja. 

APLIKASI PENAMBAH JUMLAH FOLLOWER
Di internet  terdapat banyak aplikasi-aplikasi pendukung twitter, salah satunya yaitu penambah jumlah followers twitter otomatis. Pada dasarnya aplikasi ini adalah penghubung otomatis khususnya following akun twitter kita, setelah kita mendaftar dan bergabung serta terkoneksi dengan aplikasinya. Secara otomatis aplikasi ini akan mencarikan followers kita apabila kita juga menfollow akun twitter lainnya.

Beberapa situs aplikasi ini adalah, 

APLIKASI MENGETAHUI UNFOLLOW TWITTER
Selain itu ada juga situs aplikasi pendukung twitter yang bisa mengetahui yang tidak mengfollow balik akun twiiter kita, setelah kita mengfollownya. Dalam hal ini terserah anda, mau me-mention-nya dan meminta follback atau langsung saja meng-unfollownya, atau juga tetap menfollownya karena anda memang meminati tulisan-tulisannya.

Beberapa situs aplikasinya antara lain..

Dalam beberapa kasus banyak akun twitter yang menggunakan aplikasi penambah jumlah followers tetapi tidak menfollow back followersnya, bahkan selalu mengunfollow akun yang baru difollownya. Akun-akun twitter seperti ini biasanya adalah akun layanan pembangun komunitas dan sering juga menggunakannya sebagai alat marketing untuk website produk-produknya. 

Tapi tak sedikit juga jumlahnya akun twitter semacam ini dijadikan sebagai kesenangan atau ajang gagah-gagahan saja, yang hanya mengedepankan popularitas dikalangan teman-temannya. Sebaiknya akun twitter sejenis ini dihindari saja dengan mengunfollownya, karena tidak memberikan manfaat sama sekali, bahkan cinderung tidak menghargai anda.


Rangkuman

Pada dasarnya Twitter dapat kita gunakan untuk mengetahui Dunia Dalam Berita terbaru dengan mem Follow @detikcom, @kompasdotcom, @merdekadotcom, @republikaonline dan situs berita lainnya, juga kabar artis dunia di Twitter, atau juga sebuah kegiatan atau pengetahuan khusus yang anda minati.

Diluar itu, Twitter bisa diibaratkan bak sampah. Dimana kita bisa membuang segala yang ada di pikiran kita di situ melalui update status yang jahat, tidak bermoral dan tidak beramal sholeh dan hal-hal tidak penting atau yang pahit sekalipun di situ. Atau mungkin sebaliknya, kita bisa membuat atau berbagi hal-hal yang bermanfaat bagi sesama.

Berbeda dengan di Facebook, yang harus berfikir lebih panjang untuk mengupdate nya sehingga memberikan manfaat bagi yang membacanya. Mengungkapkan emosi kita adalah bagian dari kondisi manusia. Itu adalah alasan dari karya seni.. Dan untuk itulah Twitter itu ada.


Sumberyunieka.blogspot.com dan berbagai sumber
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved