|
Headlines News :
Home » » Australia juga punya danau merah muda, benarkah?

Australia juga punya danau merah muda, benarkah?

Written By. Admin on 02 April 2013 | 22.19



Ini tentu bukan pertama kalinya air sebuah danau berubah jadi merah muda. Sebuah danau yang terletak di utara semenanjung Cap Vert, Senegal, juga memiliki keistimewaan yang sama, yakni air danaunya berwarna merah muda.


Kalau Senegal memiliki Lac Rose, Australia kabarnya juga memiliki danau merah muda yang bernama Danau Hillier. Danau ini terletak di Middle Island, pulau terbesar dari pulau-pulau yang membentuk kepulauan Recherche di Australia Barat.

photo by AndreaMaizzi

Danau yang memiliki panjang sekitar 600 meter ini dikelilingi oleh tepian berpasir dan hutan lebat yang ditumbuhi oleh pohon paperbark dan eucalyptus. Tidak seperti danau merah muda lainnya di dunia seperti yang ada di Senegal atau tambak garam di San Francisco. Sebagaimana dilansir Amusingplanet, warna merah muda dari Danau Hillier belum dibuktikan secara ilmiah. 

Masih banyak orang yang berspekulasi bahwa warna itu bisa timbul dari pewarna yang diciptakan oleh organisme ganggang Dunaliella salina dan Halobacteria. Hipotesis lain mengatakan bahwa warna merah muda itu dikarenakan bakteri halofilik merah di kerak garam. 

Salah satu bukti pertama yang menyebutkan tentang danau merah muda di Australia adalah pada tulisan di jurnal Matthew Flinders, navigator dan hidrograf Inggris, tahun 1802. Flinders telah naik ke puncak Middle Island untuk melakukan survei perairan di sekitarnya ketika dia akhirnya menemukan sebuah danau merah muda yang luar biasa.

sumber
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved