|
Headlines News :
Home » , » Hilangkan Nyeri Otot dengan Air Dingin

Hilangkan Nyeri Otot dengan Air Dingin

Written By. Admin on 20 Desember 2012 | 17.28

VeHealth - Ketika Anda sedang kelelahan atau selesai berolahraga, mandi dengan air hangat memang bisa jadi 'obat'. Meskipun rasa lelah bisa berkurang, tapi ada baiknya sesekali mencoba mandi air dingin.

Paparan suhu dingin melalui air dikenal sebagai water immersion atau "cryo," adalah sebuah teknik yang populer bagi atlet amatir dan profesional. Teknik ini menawarkan manfaat kesehatan bagi hampir semua orang.

Air dingin, seperti dilansir dari mercola.com, berfungsi menurunkan suhu jaringan yang rusak dan ketegangan pembuluh darah. Menggunakan terapi air dingin saat mandi juga menyembuhkan cedera seperti memar atau luka pada kulit. Termasuk, menghambat reaksi ujung saraf secara instan, sehingga mengurangi rasa nyeri.

Membenamkan diri dalam bathtub berisi air dingin bisa memperlambat denyut jantung dan meningkatkan sirkulasi darah. Cara ini juga mengurangi peradangan dan membantu tubuh cepat pulih dari kelelahan.

Dalam sebuah studi, para peneliti menemukan mandi air dingin jauh lebih efektif dalam mengurangi nyeri otot setelah olahraga dengan menurunkan konsentrasi laktat darah. Lalu, sedingin apakah air yang dapat digunakan sebagai terapi? Suhunya yakni sekitar 10-15 derajat Celcius dengan waktu terapi kurang lebih selama 24 menit.

Beberapa ahli percaya bahwa mengganti kebiasaan mandi dengan air panas menjadi air dingin membantu mengalirkan oksigen dan nutrisi ke organ internal tubuh. Serta, mendorong proses detoksifikasi atau pengeluaran racun.
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved