|
Headlines News :
Home » , , » Kasus Cecil, Kenali Kanker Lidah sejak Dini

Kasus Cecil, Kenali Kanker Lidah sejak Dini

Written By. Admin on 28 Desember 2012 | 19.52

VeHealth - Di usia belianya aktris cantik Cecillia Putty Vickend harus berjuang melawan kanker lidah yang menggerogoti tubuhnya. Dua tahun bertahan, ia pun akhirnya menghembuskan napas terakhirnya pada tanggal 26 Desember 2012.

Kanker lidah adalah kanker yang menyerang bagian area mulut dan tenggorokan. Tak semua orang paham mengenai kanker ini, begitu juga dengan gejala awalnya. Inilah yang terjadi pada aktris 26 tahun itu.

Gejala paling umum dari penyakit ganas ini adalah sariawan di lidah yang tak kunjung sembuh. Setelah cukup lama, akan timbul benjolan di luka disertai rasa nyeri ketika mengunyah dan berbicara.

Melansir Cancersearchug.org, jenis kanker lidah dapat digolongkan menjadi beberapa jenis yaitu squamous cell carcinoma (SCCA). Sel squamous memiliki bentuk datar, dan teksturnya menyerupai kulit yang menyelimuti bagian sekitar mulut, hidung, larynx, thyroid dan tenggorokan. Squamous cell carcinoma adalah nama yang diberikan untuk kanker yang diawali oleh sel-sel tersebut.

Berikut ini adalah tanda kanker lidah lainnya yang harus diwaspdai:

1. Munculnya bercak berwarna merah atau putih pada lidah yang tak juga sembuh dalam waktu lama.
2. Radang tenggorokan yang tak kunjung sembuh
3. Radang atau timbulnya sariawan di lidah secara terus menerus
4. Rasa nyeri saat mengunyah makanan
5. Mulu terus menerus mengalami mati rasa
6. Lidah mengalami pendarahan tanpa sebab
7. Rasa nyeri di telinga

Perawatan dan pengobatan


Jika Anda merasakan salah satu gejala di atas, sebaiknya Anda berkunjung ke dokter untuk melakukan diagnosis awal. Perawatan penderita kanker lidah disesuaikan dengan ukuran dan perluasan area kanker, apakah kanker telah menyebar ke limph nodes di leher atau belum. Dalam kondisi ini pasien dapat menjalani pengobatan dengan cara operasi, radiotherapy, dan chemotherapy.
Perawatan terbaik untuk kanker lidah yang kecil adalah dengan operasi. Sedangkan untuk tumor besar yang sudah menyebar ke lymph nodes di leher, Anda harus melakukan kombinasi operasi dan radioterapi.

Hal ini ditujukan untuk mengangkat kanker dari lidah dan lymph nodes di leher Anda. Operasi pengangkatan lymph nodes di leher ini juga disebut dengan Neck dissection. Selanjutnya, untuk mencegah pertumbuhan kanker kembali perlu dilakukan radioterapi. Tujuannya adalah untuk menghilangkan sel-sel kanker yang tersedia.

Jika kanker telah tumbuh cukup besar, kemungkinan pasien harus segera dioperasi untuk menghilangkan sebagian atau seluruh lidah (glossectomy).
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved