|
Headlines News :
Home » » 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Potong Rambut

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Potong Rambut

Written By. Admin on 30 Desember 2012 | 08.23




Potong rambut merupakan salah satu cara paling efektif untuk menyegarkan penampilan. Tapi belum tentu hasil akhirnya selalu menyenangkan, tak sedikit yang malah bersedih usai pulang dari salon. 

Motivasi
Tak sedikit yang menggunakan potong rambut sebagai sarana untuk melampiaskan emosi. Ada yang niat buang sial, memulai hidup baru, dan berbagai macam alasan emosional lainnya. Biasanya ini terjadi pada yang berniat potong rambut gara-gara putus cinta, bertengkar dengan orangtua, atau bermasalah di tempat kerja. 

Jangan sampai terjebak pada keputusan terburu-buru yang emosional sehingga Anda menyesal nantinya. Jangan berharap setelah potong rambut lalu kehidupan Anda akan lebih baik. Jika potongan rambutnya bagus pun hanya menjadi pembangkit semangat, bukan solusi masalah. Sebaiknya tenangkan diri dulu dan pikirkan apakah Anda benar-benar ingin potong rambut atau hanya sekadar mencari pengalih perhatian dari masalah. 

Riset 
Potongan rambut yang baik bisa meningkatkan penampilan, sedangkan potongan rambut yang tidak sesuai bisa merusak hari karena membuat Anda tidak percaya diri. Efeknya bisa berkepanjangan, karena itu tak ada salahnya melakukan sedikit riset demi kebaikan Anda. Pertama, kenali bentuk wajah. Anda bisa mencari beberapa referensi yang memandu Anda dalam mengenali bentuk wajah. Setelah itu pikirkan seberapa panjang rambut Anda ingin dipotong. Hanya ingin mengganti model atau memotong panjang? Kunjungi website yang bisa memberi gambaran seperti wajah Anda dalam potongan rambut tertentu. Pilih beberapa alternatif untuk dikonsultasikan dengan penata rambut Anda.

Realistis 
Rutinitas: Gambar potongan rambut yang ada di majalah atau Internet umumnya merupakan hasil styling. Anda tak bisa membayangkan rambut Anda akan seperti itu tanpa usaha seusai keramas. Bukan sekadar mengeringkan, kadang Anda perlu usaha lebih dengan menggunakan gel, foam, atau alat penata rambut lainnya untuk mendapatkan hasil sesuai gambar idaman. Pikirkan rutinitas sehari-hari, apakah Anda memiliki banyak waktu untuk itu atau tidak? Jika tidak, minta pendapat penata rambut Anda untuk tatanan rambut yang praktis sesuai tekstur rambut. 

Aktivitas: Aktivitas sehari-hari tentu berpengaruh pada potongan rambut. Pilih potongan rambut yang sesuai dan menunjang aktivitas Anda sehari-hari tanpa membuat Anda repot. Jika rambut Anda harus selalu terkuncir rapih, jangan memilih potongan rambut sedang atau pendek yang belum tentu mudah diikat. 

Efek: Potongan rambut yang baik bisa membuat penampilan Anda lebih percaya diri. Tapi potongan rambut yang baik tak akan mengubah tekstur rambut atau kepribadian Anda. Perawatan rambut yang sesuai tetap diperlukan untuk menjaga kesehatan rambut. Bukan berarti ketika Anda memilih potongan rambut super pendek lalu bisa meninggalkan begitu saja perawatan rambut yang Anda lakukan selama ini. 

Pada saat pulang dari salon, penata rambut mungkin bisa membuat potongan rambut baru Anda lebih menarik dengan penataan yang baik. Tapi belum tentu besok usai keramas dan mengeringkan rambut Anda bisa memiliki hasil yang sama. Jangan lupa meminta penata rambut Anda memberikan petunjuk tentang penataan rambut yang baik untuk rambut baru Anda. 

Korban mode: Rambut ala selebritas favorit belum tentu cocok dengan kepribadian dan wajah Anda. Minta pendapat teman terdekat atau orang yang Anda percaya untuk memberikan masukan. Selain itu, selebritas selalu tampil dengan penataan rambut maksimal, tentu efek yang sama belum tentu bisa Anda dapatkan. Konsultasikan pada penata rambut tentang pilihan Anda. Mungkin dengan sedikit modifikasi yang disarankan sesuai dengan bentuk wajah, tekstur rambut, dan kepribadian, Anda bisa memperoleh potongan rambut yang mirip dengan selebritas pujaan walau tak sama persis. 

Mengurangi risiko
Langganan: Potongan rambut baru bisa mengubah hari Anda menjadi ceria atau bencana. Jika Anda merencanakan perubahan drastis pada rambut Anda sebaiknya kunjungi penata rambut andalan yang sudah bisa menangani Anda. Jangan mencoba-coba penata rambut baru tanpa rekomendasi, apalagi jika ingin melakukan perubahan drastis. Jika penata rambut Anda sedang libur, tak perlu memaksakan diri mencoba penata rambut baru. Rekomendasi teman bisa dijadikan pertimbangan saat memilih penata rambut baru. Tapi pastikan teman Anda juga sudah beberapa kali ditangani oleh orang tersebut, bukan hanya satu kali. Keuntungan dari penata rambut langganan adalah umumnya ia sudah mengenali karakter serta tekstur rambut Anda. Pengetahuan itu bisa membuat ia memberi saran yang lebih tepat terhadap keinginan Anda. 

Bawa contoh gambar: Setelah melakukan riset seperti saran di atas, bawalah beberapa contoh potongan rambut yang Anda inginkan. Hampir semua penata rambut setuju kalau cara ini bisa membuat mereka memiliki gambaran tentang apa yang Anda inginkan. Bawa beberapa alternatif jika penata rambut Anda tidak menyarankan potongan rambut pertama yang Anda pilih. Jika ia menyarankan sedikit modifikasi dari gambar, pastikan Anda tahu benar apa yang dimaksud sehingga tidak menyesal kemudian.

Komunikasi: Semua penata rambut ingin kliennya senang. Saat Anda tak yakin si penata rambut sedang memotong sesuai keinginan, jangan ragu untuk bertanya. Apalagi jika Anda sedang melakukan perubahan drastis, usahakan untuk tidak terlalu sibuk bermain telepon atau membaca majalah. Perhatikan apakah penata rambut Anda memotong rambut Anda pada panjang yang tepat atau tidak. Begitu juga saat ia akan memotong poni, perhatikan apakah sesuai dengan keinginan Anda. Jika Anda diam saja, sudah tidak banyak yang bisa dilakukan jika penata rambut Anda melakukan kesalahan. 

Tips

1. Perhatikan posisi duduk yang baik agar penata rambut Anda bisa mendapatkan pandangan yang baik. Usahakan jangan menyilangkan kaki karena bisa membuat postur tubuh kurang seimbang. Duduk tegak merupakan posisi yang baik agar proporsi kepala Anda berada dalam posisi yang tepat. 

2. Kenakan baju berwarna kontras dengan rambut agar segera bisa melihat efek rambut baru Anda. Baju berwarna gelap atau hitam bisa menyamarkan warna sehingga membuat potongan rambut baru Anda kurang jelas. Apalagi jika Anda akan pergi usai potong rambut, warna baju yang kontras akan semakin menunjukkan keindahan rambut baru Anda yang menawan.

{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved