|
Headlines News :
Home » » Tips Cerdas dan Aman Bagi Para Penggila Belanja Online

Tips Cerdas dan Aman Bagi Para Penggila Belanja Online

Written By. Admin on 28 Desember 2012 | 14.41



Menyambut liburan akhir tahun banyak merek favorit penikmat belanja yang memberikan promosi menggoda. Tak hanya didunia nyata, promosi juga dilakukan pada dunia maya atau internet.
Maraknya merek favorit yang memberikan diskon menggoda di dunia maya, memberikan peluang bagi penjahat cyber untuk melancarkan aksinya. Diperlukan kejelian dalam belanja melalui internet.
Trend Micro, perusahaan keamanan dan cloud security ingin membagikan tips pada Anda agar tidak masuk perangkap penjahat cyber. Menurut Aulia Huriadi, Bisnis Development Manager Trend Micro ada lima tips yang dapat diperhatikan dalam melakukan belanja online agar tetap aman dan nyaman.
"Bookmarklah situs belanja yang resmi sebagai informasi penting saat ingin mencari barang dalam situs tersebut," kata Aulia Huriadi di Jakarta, Kamis (27/12/2012).
Aulia menjelaskan, dengan membookmark situs belanja tersebut akan meminimalisir keungkinan Anda tertipu dengan situs buatan para peretas jika mencarinya melalui search engine. "Atau Anda bisa mencatat alamat situs resminya dari iklan mereka di media atau informasi terpercaya lainnya," kata Aulia.
Tips yang kedua, Anda harus berhati-hati dengan ajakan klik untuk kiriman penawaran barang dan diskon besar melalui email. Bisa jadi penawaran melalui email seperti ini membawa link palsu dan attachment yang isinya akan menginfeksi komputer Anda.
"Jika mendapatkan penawaran, tidak ada salahnya Anda mengeceknya dulu melalui telepon ke layanan pelanggan," ujar Aulia.
Tips ketiga, hendaklah Anda melakukan cek dan verifikasi kembali jika Anda dikirimi penawaran yang tidak masuk akal melalui social media Anda baik itu Facebook, Line atau Twitter, sebelum meng-klik sebuah link promosi.
Tips keempat, periksa ulang kembali untuk laman pembayarannya, jika pembayaran melalui pihak ketiga melalui kartu kredit pastikan Anda berada pada alamat yang benar. "Jangan sampai Anda masuk kedalam jebakan peretas untuk memasukkan data pribadi Anda dan hingga akhirnya data tersebut disalahgunakan," kata Aulia.
Tips yang terakhir, jika Anda penggila belanja, tidak ada salahnya menginstal software keamanan yang bisa memblock aksi para peretas dan menjamin Anda masuk ke dalam situs belanja yang aman sebelum mengkliknya.

{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved