|
Headlines News :
Home » , , » Risiko Kesehatan di Balik Manfaat Aromaterapi

Risiko Kesehatan di Balik Manfaat Aromaterapi

Written By. Admin on 05 Desember 2012 | 23.03

VeHealth - Aromaterapi telah digunakan selama berabad-abad untuk memberikan efek relaksasi. Terlepas manfaatnya bagi tubuh, penggunaan aromaterapi ternyata menyimpan efek buruk yang dapat merugikan kesehatan.

Dilansir Huffington Post, sejumlah peneliti asal Taiwan mengungkap bahwa efek positif aromaterapi berbalik 180 derajat dalam pemakaian jangka panjang.

Mengirup aromaterapi memang seketika dapat membantu merelakskan dan menurunkan tekanan darah. Namun, efek positif itu perlahan lenyap dan justru merangsang efek negatif setelah mengirupnya lebih satu jam.

"Paparan aromaterapi selama satu jam pertama memang merelakskan, tapi setelahnya justru cenderung memicu peningkatan tekanan darah dan detak jantung," kata Dr Kai-Jen Chuang, penulis stusi dari Taipei Medical University, Taiwan.

Studi yang dipublikasikan di The European Journal of Preventive Cardiology ini melibatkan sekitar 100 partisipan pria dan wanita dengan kategori: muda, sehat, dan bekerja di spa. Sekali dalam seminggu selama tiga pekan, peneliti meminta partisipan mengirup aromaterapi selama dua jam sembari memonitor tekanan darah dan detak jantungnya.

Dalam setiap sesi, partisipan cenderung mengalami penurunan tekanan darah dan ritme detak jantung setelah mengirup aromaterapi selama 15-60 menit. Namun, segera meningkat lagi saat waktu mulai menginjak 75-120 menit.

"Eksposur aromaterapi yang terlalu lama lebih satu jam justru rentan membahayakan kesehatan kardiovaskuler. Ini menjadi peringatan penting di kalangan pekerja spa," kata peneliti.

Waspada Bahaya Studi sebelumnya di Fakultas Ilmu Farmasi, Universitas Chia-Nan, Taiwan, menyebut bahwa penggunaan aroma terapi cenderung lebih banyak bahayanya dibandingkan efek positifnya. Ekstrak aroma yang biasa dilarutkan dalam bak mandi, minyak pijat, atau diruapkan dengan panas tersebut akan bereaksi dengan udara memproduksi partikel pemicu iritasi.

Bahkan, ketika zat yang juga dikenal sebagai minyak esensial itu yang digunakan untuk material pijat di spa, konsentrasi partikel berbahaya itu dapat meningkat 10 kali lipat.

Menurut para peneliti, aroma terapi mengandung zat kimia tertentu berupa senyawa organik yang mudah menguap. Senyawa inilah yang akan bercampur dengan udara membentuk aerosol organik sekunder. Yakni partikel sangat kecil yang dapat mengiritasi mata, hidung dan tenggorokan. Dalam konsentrasi tertentu, dapat menyebabkan sakit kepala, mual, bahkan kerusakan pada hati dan ginjal.

Penelitian dilakukan dengan mengukur besar dan jumlah partikel-partikel yang dilepaskan ketika seseorang melakukan pijat aromaterapi di tempat spa. Hasilnya serupa dengan penelitian sebelumnya saat seseorang membakar aromaterapi di rumah dan kantor, meski level pelepasan partikelnya tak sama.

Peneliti memeringatkan bahwa efek buruk itu tak boleh diabaikan. Mereka menyebut minyak lavender, batang teh, peppermint, lemon, dan eucalyptus, sebagai minyak esensial yang menghasilkan partikel paling berbahaya.

"Kami sudah membandingkan level partikel berbahaya dari sejumlah aromaterapi dan minyak herbal. Kesimpulannya bahwa tata letak dan ventilasi di ruang spa juga memengaruhi kadar polutan di dalam ruangan selama pemijatan dengan aromaterapi," kata peneliti, seperti dikutip dari Daily Mail.

Meski ada bukti ilmiah yang membuktikan efek aromaterapi untuk meredakan sakit dan meningkatkan kekebalan tubuh, namun ada pendapat yang menyebut aromaterapi memiliki efek plasebo yang membuat seseorang tersugesti merasa relaks setelah menciup ruap aromaterapi.
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved