|
Headlines News :
Home » , » Studi: Pijat Efektif Turunkan Hormon Stres

Studi: Pijat Efektif Turunkan Hormon Stres

Written By. Admin on 02 Desember 2012 | 12.23

VeHealth - Pijat merupakan salah satu cara menghilangkan stres yang cukup diminati warga perkotaan. Tekanan lembut di tubuh itu sanggup merelakskan tubuh dan pikiran. Terutama bagi mereka yang cenderung memiliki tingkat stres tinggi.

Penelitian yang dipublikasikan Journal of Alternative and Complementary Medicine, menunjukkan efek pijatan terhadap berkurangnya tingkat hormon stres kortisol dalam tubuh. Sekaligus meningkatkan kadar sel darah putih yang menunjang sistem kekebalan tubuh.

"Penemuan ini sangat menarik dan saya adalah seseorang yang mulanya skeptikal," kata Dr Mark Hayman Rapaport, Chairman of psychiatry and Behavioral Nerosciences di Cedar-Sinai Medical Center, seperti dilansir New York Times.

Penelitian melibatkan 53 orang dewasa selama periode lima minggu. Sebanyak 29 di antaranya mendapat terapi pijatan ala Swedia yang terkenal dengan tekanan kuat. Setidaknya satu sesi pijatan selama 45 menit dalam setiap seminggu. Sementara 24 partisipan lainnya mendapat terapi pijatan serupa dengan tekanan lebih lembut.

Hasil analisis menunjukkan bahwa mereka yang mendapat pijatan dengan tekanan kuat mengalami penurunan kadar hormon kortisol lebih signifikan dibandingkan yang mendapat pijatan lembut. Ini ditandai dengan menurunnya hormon arginine vasopressin yang merupakan penyebab naiknya kortisol.

Tak hanya itu. Mereka yang mendapat pijatan dengan tekanan kuat juga mengalami peningkatan oksitosin atau hormon baik. Juga peningkatan sel darah putih yang membantu tubuh melawan kuman dan penyakit.

Penelitian itu membuktikan bahwa pijatan yang tepat di titik-titik refleksi tak hanya memberi efek relaks, tapi juga mengurangi stres dan memperbaiki kesehatan tubuh. "Jadi, mengapa tidak membuat jadwal rutin pijat seperti halnya ke dokter gigi atau olahraga," kata Rapaport.

Sementara hasil studi yang dipublikasikan Mayo Clinic menunjukkan efek pijatan yang lebih luas. Mulai membantu menstabilkan tekanan darah, melegakan kekakuan otot dan rasa sakit, serta membantu meredam depresi dan ketakutan.
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved