|
Headlines News :
Home » , » Kudapan Nikmat Pereda Stress

Kudapan Nikmat Pereda Stress

Written By. Admin on 02 Desember 2012 | 12.20


VeHealth - Makanan menjadi salah satu pelampiasan andalan saat stres mendera. Hasrat untuk memasukkan makanan ke dalam mulut tampaknya sulit terkontrol di tengah emosi yang meletup-letup. Alih-alih langsing, stres berkepanjangan sering kali justru memicu penambahan bobot tubuh.

Kenapa? Penelitian yang diterbitkan Journal of Clinical Investigation menemukan bahwa stres memengaruhi hormon ghrelin, yang memicu rasa lapar. Artinya, mereka yang mengalami stres cenderung akan melihat makanan jauh lebih menggiurkan.

"Banyak orang ketika stres beralih ke makanan berkalori tinggi sebagai makanan yang memberikan efek nyaman," ujar Dr Jeffrey Zigman, penulis penelitian.

Agar tak terjebak stres berkepanjangan yang rentan memicu obesitas, pilih santapan tepat yang membuat pikiran lebih rileks.

Kacang PistachioSegenggam kacang pistachio sanggup merilekskan saraf-saraf yang tegang akibat stres. Penelitian bahkan menemukan pistachio mengurangi respons tubuh terhadap stres dengan mencegah peningkatan tekanan darah. Sebanyak 30 butir pistachio hanya mengandung sekitar 100 kalori, 200 kalori lebih sedikit daripada makanan kecil kebanyakan.

Ubi JalarUbi jalar mengandung sejumlah nutrisi yang efektif meningkatkan mood. Santapan tradisional ini menjadi pilihan tepat saat mengalami stres akibat mood memburuk menjelang menstruasi. Juga mengandung nutrisi yang mampu meningkatkan kadar magnesium yang menurun saat pramenstruasi.

BayamSayuran lain yang dapat menenangkan adalah bayam. Magnesium dan mineral di dalamnya dapat membantu menurunkan tingkat stres Anda. Asupan magnesium yang kurang dapat menimbulkan sakit kepala dan membuat Anda merasa cepat lelah. Jika tidak terlalu suka dengan bayam, Anda dapat mencampurkannya pada sandwich atau salad untuk sarapan pagi.

Asparagus
Mungkin Anda hanya menganggapnya sebagai makanan hippie. Namun, sebenarnya asparagus merupakan makanan pembangkit energi untuk menghilangkan stres. Kandungan vitamin B dan 15 mineral di dalamnya dapat meningkatkan metabolisme dan menstabilkan gula darah.

Susu kedelaiMinuman olahan kacang kedelai ini mengandung kalsium serta vitamin B12, yang efektif meningkatkan kadar serotonin. Hormon yang berperan menciptakan perasaan bahagia.

Teh herbalRasakan tubuh kian ramping dengan cepat dengan minum secangkir teh herbal hangat atau dingin. Aroma peppermint, spearmint, dan chamomile dapat mengurangi gas dalam tubuh Anda, sehingga peminumnya akan merasa tenang. Salmon  

Omega 3 juga musuh hebat dari hormon stres yang sering bergejolak. Anda bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi salmon.
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved