|
Headlines News :
Home » , » 5 Rahasia Di balik Kue Bantat

5 Rahasia Di balik Kue Bantat

Written By. Admin on 06 Desember 2012 | 19.24

VeHealth - Aroma harum kue dalam oven menggoda selera. Bayangan tampilan kue cantik pun terngiang di kepala. Namun, sayangnya kelezatan aroma kue tidak mencerminkan hasil akhir kue yang sempurna. Kue dikatakan sempurna jika memiliki tekstur yang lembut dan warna cantik, tidak gelap atau gosong. 

Mungkin semua orang bisa membuat kue, tapi tak semua orang bisa menghasilkan kue sempurna. Teknik yang tidak tepat saat proses, terkadang membuat kue menjadi keras atau bantet. Nah, agar tak salah tahapan, perhatikan lima tip berikut ini, seperti yang dilansir Yumsugar.com:

Baking soda dan baking powder

Dua bahan kering ini memang tak pernah absen dalam pembuatan kue. Baking soda dan baking powder banyak digunakan untuk membantu proses pengembangan kue. Tapi, keberhasilan ini terletak dari tanggal expired bahan pengembang tersebut.

Jika bahan pengembang tersebut pernah digunakan sebelumnya, sebaiknya Anda mencobanya dengan beberapa tes. Udara yang masuk saat tutup di buka atau penyimpanan yang tidak tepat, bisa membuat pengembang ini rusak.

Tuang tepung, baking soda, dan baking powder dalam air panas. Jika campuran tersebut mengeluarkan gelembung, tandanya bahan pengembang tersebut masih �hidup�. Namun, jika tidak ada tanda gelembung sebaiknya Anda mengganti bahan pengembang tersebut dengan yang baru.

Baca resep

Perhatikan resep, sebelum masuk ke dapur. Tujuannya adalah agar Anda dapat menimbang bahan dengan tepat. Komposisi yang tidak tepat menjadi penyebab utama kegagalan saat proses panggang. Begitu juga dengan teknik pembuatan. Bagian tersulit adalah saat pengocokan telur dan gula. Pastikan adonan berwarna putih dan mengembang.

Jangan buka pintu oven

Buka tutup oven sama dengan membuat bantet kue. Hal ini dikarenakan udara dingin yang masuk dalam oven membuat hawa panas dalam oven tidak stabil. Apalagi jika Anda memanggang kue sus. Membuka satu kali pintu oven akan membuat kue menurun dan tidak mengembang lagi.

Proses pemanggangan terlihat sulit, mungkin karena pintu oven yang tidak terbuat dari kaca. Tapi, dengan memperhatikan waktu sesuai panduan, kue akan terpanggang dengan sempurna.

Panggang kue hingga benar-benar matang

Panggang kue sesuai dengan waktu yang tertulis di resep. Pastikan Anda memanggangnya hingga benar-benar matang sempurna. Anda juga dapat melakukan tes kematangan dengan menggunakan tusuk gigi. Jika kue tidak menempel ditusuk gigi setelah ditusukkan, berarti kue telah matang dan siap diangkat.

Dinginkan kue setelah matang

Banyak resep kue yang akan memberi tahu Anda berapa lama waktu untuk mendinginkan kue sebelum dipindahkan ke piring atau tempat lain untuk dihias atau dihidangkan. Terkadang kue butuh untuk didinginkan terlebih dahulu sebelum dipindahkan karena memindahkannya dalam keadaan panas dapat membuatnya tidak mengembang dan bahkan dapat merusaknya.
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved