|
Headlines News :
Home » , , » Jangan Sepelekan Penyakit Diare

Jangan Sepelekan Penyakit Diare

Written By. Admin on 21 Desember 2012 | 19.09

VeHealth - Siapa saja bisa mengalami diare, tak mengenal usia dan status sosial. Diare bisa terjadi karena infeksi saluran pencernaan, paparan bakteri dari makanan yang kotor serta tak membersihkan tangan setelah buang air.

Pencegahan diare yang paling mudah adalah mencuci tangan sebelum makan dan setelah buang air. Tapi banyak orang yang tak melakukannya. Padahal jika diare sudah menyerang, Anda bisa kehilangan banyak cairan yang bisa berujung pada komplikasi serius hingga kematian.

"Semua kembali pada diri masing-masing untuk menerapkan kebersihan terutama organ tangan kita yang merupakan pintu masuknya kuman ke dalam tubuh. Dan, hampir 90 persen penyebab diare adalah virus," ujar dr. Herbowo Soetomenggolo Sp.A. saat ditemui di Pacific Place, Jakarta.

Menurut penelitian, mencuci tangan dapat menurunkan risiko diare hingga 47 persen. Untuk itu mulai sekarang pastikan Anda selalu menjaga kebersihan tangan. Terutama, kebersihan tangan buah hati, karena anak-anak yang paling rentan terkena diare.

Agar diare bisa segera ditangani Anda harus bisa mengetahui gejala-gejalanya. Segera periksakan diri ke dokter jika Anda atau buah hati mengalami gejala berikut.

1. Buang air besar berupa cairan
Anda secara tiba-tiba buang air besar berkali-kali. Lalu, feses yang keluar berupa cairan. Untuk diare yang sudah parah, dari feses juga keluar darah. Tubuh pun terasa lemas karena kehilangan banyak cairan.

2. Muntah

Anda juga merasa mual dan muntah, serta kehilangan nafsu makan. Gejala tersebut terkadang juga disertai demam.
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved