|
Headlines News :
Home » , » Tersengat Ubur-Ubur? Lakukan Ini!

Tersengat Ubur-Ubur? Lakukan Ini!

Written By. Admin on 30 September 2012 | 14.01


VeHealth - Berlibur ke pantai bisa menjadi pilihan menarik untuk Anda dan keluarga. Berenang, berjemur, dan bermain air tentu sangat menyenangkan. Namun, kita tidak pernah tahu bahaya yang ada di laut. Salah satu ancaman saat berenang di laut adalah terkena sengatan ubur-ubur.

Ubur-ubur adalah salah satu hewan laut yang terkenal dengan tentakelnya yang beracun. Beberapa racun ubur-ubur bahkan sangat mematikan. Jika Anda berlibur ke pantai dan terkena sengatan ubur-ubur, Anda bisa melakukan ini sebagai pertolongan pertama pada korban, seperti dilansir Foxnews.

Memang, sengatan ubur-ubur biasanya tidak berbahaya, namun cukup menyakitkan. Ada yang percaya menggunakan cuka atau baking soda dapat membantu melepaskan racun dan mengurangi rasa sakit pada sengatan ubur-ubur. Mitos bahkan menyebutkan menggunakan air seni sebagai salah satu pengobatan sengatan ubur-ubur.

Air panas adalah pertolongan pertama yang cukup baik untuk menghancurkan racun dan meredakan rasa sakit pada luka sengatan ubur-ubur. Jika tidak tersedia, gunakan air asin untuk mengikis racun.

Gosok daerah yang terkena sengatan dengan tepian benda yang agak keras, misalnya kartu ATM atau yang serupa. Fungsinya untuk mengikis racun pada daerah yang tersengat.

Terkadang, ubur-ubur juga meninggalkan tentakelnya di sekitar luka sengatan. Oleh karena itu, jangan gunakan tangan telanjang untuk mengikis racun karena dapat menyebar ke kulit Anda maupun korban. (ka)
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved