|
Headlines News :
Home » » 10 Hewan yang Menggunakan Alat Seperti Manusia

10 Hewan yang Menggunakan Alat Seperti Manusia

Written By. Admin on 31 Agustus 2012 | 23.55

Para ilmuwan dulunya berpikir bahwa menggunakan suatu alat adalah ciri utama manusia yang tidak dapat dilakukan oleh hewan. Tetapi, kini semakin banyak penelitian yang menunjukkan bahwa hewan juga dapat mahir dalam menggunakan alat, baik hewan darat, udara dan laut. Berikut 10 binatang yang dapat menggunakan peralatan.

1. Simpanse



Simpanse tampaknya telah belajar bagaimana membuat dan menggunakan peralatan sejak lama dan tanpa bantuan manusia. Sebuah palu batu ditemukan di sebuah pemukiman simpanse di Pantai Gading yang berasal dari 4.300 tahun yang lalu. Mereka bahkan mampu membuat tombak untuk berburu primata lainnya untuk mendapatkan daging, dan diketahui telah mengembangkan peralatan khusus untuk mencari makanan berupa semut. Simpanse jantan dewasa tertangkap kamera sedang berdiri tegak saat menggunakan alat untuk mengorek semut dari sarangnya di Segitiga Goualougo, yang terletak di Taman Nasional Nouabalé-Ndoki di Republik Kongo.

2. Burung Gagak


Para ilmuwan menemukan bahwa burung gagak dan kerabat mereka memiliki kecerdasan yang luar biasa, terbukti mereka mahir membuat ranting, daun dan bahkan bulu mereka sendiri menjadi suatu alat. Para peneliti bahkan menemukan bahwa gagak bisa belajar untuk menjatuhkan batu dalam suatu wadah untuk meningkatkan ketinggian air di dalamnya. Gagak di foto di atas telah menguasai cara untuk menjatuhkan batu ke dalam sebuah wadah untuk meningkatkan ketinggian air di dalamnya, sehingga membuat cacing mengambang dalam jangkauan paruhnya.

3. Orangutan


Orangutan di alam liar telah mengembangkan dan mewariskan cara untuk membuat peluit dari kumpulan daun, yang mereka gunakan untuk membantu menangkal predator. Ini tampaknya merupakah pertama kalinya hewan diketahui menggunakan alat untuk berkomunikasi, dan membuktikan bahwa budaya adalah suatu pengetahuan yang diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya dan bukanlah sesuatu yang unik yang hanya dijumpai pada manusia. Orangutan Kalimantan di foto di atas terlihat menggunakan daun untuk mengubah frekuensi panggilan, ketika merasa terancam.

4. Gajah


Gajah adalah salah satu hewan paling cerdas di dunia, dengan otak yang lebih besar dibandingkan dari setiap hewan darat lainnya. Banyak ditunjukkan bahwa mereka sengaja menjatuhkan batang kayu atau bebatuan pada pagar listrik di kandang mereka agar mereka dapat keluar. Atau menyumbat lubang air dengan bola dari kulit kayu yang telah mereka kunyah untuk membuat hewan lain tidak bisa meminum air mereka. Gajah Asia bahkan dikenal untuk secara sistematis memodifikasi cabang pohong untuk menyerang serangga yang mengganggu mereka.

5. Lumba-Lumba


Lumba-lumba terkenal sebagai hewan terpintar di lautan, dan ilmuwan baru-baru ini menemukan bahwa mereka dapat menggunakan alat juga. Sekelompok lumba-lumba hidung botol di Shark Bay, Australia, membawa spons laut di paruh mereka untuk mengaduk pasir bawah laut dan membuat keluar mangsanya. Selain itu, lumba-lumba juga diketahui sebagai hewan yang menghabiskan banyak waktu berburu dengan alat daripada hewan lainnya selain manusia.

6. Berang-Berang Laut


Berang-berang laut menggunakan batu untuk menghancurkan cangkang kerang laut yang keras dan membuat mangsa mereka terbuka. Foto di atas memperlihatkan berang-berang laut menikmati cangkang kerang yang telah ia buka.

7. Gorila


Gorila tidak hanya sangat kuat, sekitar 10 kali lebih kuat daripada pria dewasa, tetapi juga memiliki otak yang cerdas. Gorila liar diketahui menggunakan cabang pohon sebagai tongkat untuk menguji kedalaman air dan juga menggunakan batang pohon sebagai jembatan untuk menyeberangi rawa. Sementara kera besar lainnya sebagian besar menggunakan alat untuk membantu mereka mendapatkan makanan, gorila ternyata menggunakannya untuk membantu mereka mengatasi keadaan lingkungan sekitar mereka.

8. Gurita


Gurita di atas tertangkap kamera sedang menggunakan termpurung kelapa sebagai cangkang perlindungan portabel. Temuan baru ini adalah contoh pertama yang dilaporkan dari invertebrata yang menggunakan alat untuk digunakan.

9. Monyet


Monyet-monyet yang tinggal di dekat sebuah kuil Buddha di Lopburi, Thailand, diketahui mencabut rambut dari pengunjung untuk digunakan sebagai benang untuk membersihkan sela-sela gigi mereka. Monyet betina bahkan memperlambat dan melebih-lebihkan gerakan mereka ketika mereka melihat anak-anak mereka sedang memperhatikan mereka, yang mungkin menunjukkan bahwa pendidikan merupakan sifat yang sangat kuno dalam garis keturunan primata.

10. Hewan Pengerat


Bahkan hewan pengerat juga dapat diajarkan bagaimana menggunakan alat. Degu, hewan pengerat kecil yang dekat kekerabatannya dengan marmut, dapat diajarkan bagaimana menggunakan alat untuk mendapatkan makanan. Degu ditempatkan di salah satu sisi pagar plastik, dan biji bunga matahari ditempatkan di sisi lainnya. Ketika ia diberi sebuah penggaruk kecil, ia menggunakannya untuk menarik biji melalui pagar sehingga ia bisa memakannya.

Sumber referensi:
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved