|
Headlines News :
Home » , » Lima Etika di Facebook yang Wajib Diketahui

Lima Etika di Facebook yang Wajib Diketahui

Written By. Admin on 06 Agustus 2012 | 01.15




Facebook adalah berkah bagi banyak orang. Anda dapat dengan mudah dan cepat tetap terhubung dengan teman dan keluarga, mencari teman lama, membina hubungan baru dan jaringan kerja yang profesional. Hanya ada satu masalah: etika Facebook tidak terlalu jelas dalam sopan santun di dunia nyata. Bahkan, navigasi situasi sosial di dunia maya ini dapat benar-benar rumit.


Yang dibutuhkan adalah tetap untuk menghindari kecerobohan di Facebook, bagaimanapun juga walaupun sedikit kesalahan yang Anda lakukan tetap saja akan berimbas kepada hal yang kurang baik. Lihat panduan ini untuk etika Facebook berikut ini:


1. Tulis pesan pribadi ketika membuat permintaan teman


Jika Anda belum bicara dengan orang dalam beberapa tahun, kemungkinan ia tidak mungkin ingat Anda, kata Linda Fogg Phillips, seorang ahli media sosial dan penulis Facebook untuk Orangtua. Gunakan pesan singkat yang menempatkan Anda dalam konteks, seperti, “Lama gak ketemu sejak sekolah dulu, apa kabar kamu sekarang?. ”


Jika ingin menemui seseorang yang belum pernah ketemu sebelumnya lakukan kirim pesan terpisah sebelum membuat permintaan teman. Jika tidak, Anda bisa tampak mengganggu, belum lagi lancang, dan mereka mungkin mengabaikan Anda. Dalam pesan tersebut, menjelaskan siapa diri Anda, fasilitas teman bersama yang biasanya muncul akan sangat membantu hal tersebut. Tunggulah respon sebelum mengirim permintaan teman.


2. Jangan menjadi Cerewet


Boleh saja untuk melampiaskan dan simpati Anda di Facebook, tetapi jika Anda membuatnya menjadi kebiasaan rutin, teman Anda akan bosan dengan ocehan Anda. Sebaliknya, tetap bersikap positif dan menahan diri ketika marah. Dengan begitu, Anda tidak akan menyesal telah mengoceh online. Jika terlanjur, Anda bisa saja menghapus suatu posting, tetapi Anda tidak dapat menghapus kata-kata dari pikiran orang-orang yang sudah membacanya.


3. Membuat dan mengelola daftar teman


Fungsi daftar teman adalah salah satu alat Facebook terbaik. Hal ini memungkinkan Anda untuk memilih yang melihat posting tertentu, sehingga Anda dapat mengaturnya sehingga hanya teman-teman kuliah Anda melihat foto-foto pesta ulang tahun, tahun baru, lebaran dan acara-acara khusus lainnya. Sangat disarankan menciptakan sebuah daftar teman-teman terdekat Anda dan keluarga. Kemudian, membuat sebuah keluarga besar atau daftar teman, daftar kontak kerja dan sebagainya. Teman dapat menjadi bagian dari lebih dari satu daftar.


4. Jangan pernah membuat Facebook sebagai kontes popularitas


Apakah Anda benar-benar membutuhkan, atau inginkan lebih dari 1000 teman? Penelitian telah menunjukkan bahwa orang hanya bisa mengelola sekitar 150 hubungan dalam kehidupan mereka, baik tatap muka atau online. Anda menolak permintaan dari seseorang yang tidak membuat Anda ingin berteman atau mengabaikannya. Jika Anda menolak, dia bisa mengirimnya lagi nanti. Jangan khawatir tentang menyinggung dirinya, karena kebanyakan orang mengirim permintaan teman, kemudian lupa tentang mereka, mereka mungkin bahkan tidak melihat Anda tidak merespons.


5. Selalu berhati-hati terhadap apa yang Anda posting


Hal ini mungkin kelihatannya sepele, namun kesalahan posting akan berakibat fatal jika tidak dipikirkan matang-matang. Tampak jelas bahwa banyak orang-orang yang ingin diperhatikan di Facebook dengan cara menuliskan sesuatu yang berbau kontroversi. Hal itu bisa membuat Anda terpancing untuk meresponnya, ingat bahwa sekarang sudah ada lembaga pemantau lengkap dengan Undang-undangnya yang mengatur konten yang layak dan tidak dipertontonkan di Internet. Banyak kasus sepele bisa berakibat Anda dimeja hijaukan karena kesalahan posting, menghina orang lain hingga tindak kekerasan virtual.


Ketika orang mengalami masalah dengan etika ketika menggunakan Facebook, itu biasanya karena mereka telah mengambil kebebasan mereka yang tidak mungkin didapat dalam kehidupan nyata alias pelampiasan. Gunakan selalu akal sehat untuk berinteraksi dengan banyak orang di Facebook karena media ini sudah layaknya sebagai sebuah negara tanpa kepala negara.


source: Indowebster
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved